Perhatikan Penulisan Refrensi Pada CV Yang Perlu Anda Ketahui

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Penulisan Refrensi Pada CV

Perhatikan Penulisan Refrensi Pada CV Yang Perlu Anda Ketahui – Saat membuat CV, tentunya ada beberapa hal yang harus anda ketahui, contohnya penulisan refrensi pada CV. Memang terlihat remeh dan tak banyak yang memperhatikan hal satu ini. Sebenarnya, hal satu ini sangat penting demi melengkapi dan memperkuat data anda. Maka dari itu, penulisan refrensi pada CV dengan baik dan benar. Ini bertujuan mereka yang menjadi refrensi dapat memberikan gambaran positif tentang anda dan akan memberikan alasan kuat bagi perusahaan untuk menerima anda.

Beberapa orang yang belum memahami dengan jelas hal yang satu ini, lalu membuatnya dengan asal-asalan. Tentunya ini tidak bisa anda lakukan karena informasi dari refrensi akan melengkapi data-data lainnya, seperti hasil psikotes maupun wawancara. Untuk memaksimalkan informasi dari refrensi yang anda cantumkan, tentunya ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Penasaran? Yuk simak hal-hal tersebut dibawah ini.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Penulisan Refrensi Pada CV

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Penulisan Refrensi Pada CV
Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Penulisan Refrensi Pada CV | Image Source : Unsplash.com

1. Pilih Orang Yang Mengenali Anda Dengan Baik

Anda dapat mencantumkan nama atasan dari perusahaan anda yang sebelumnya. Tentunya karena atasan mengetahui dengan jelas kinerja dan prestasi anda di perusahaan sebelumnya. Jika anda ingin menantumkan atasan anda, tentunya anda harus pastikan bahwa pejabat tersebut memang mengenali anda dengan baik.

Jangan menuliskan nama seseorang yang tidak mengenal perjalanan karier anda. Karena ini tentunya tidak akan memberikan nilai tambahan pada CV yang anda kirim.

2. Minta Persetujuan

Sebelum mencantumkan nama seseorang dalam refrensi CV anda, sebaiknya anda meminta persetujuan dari orang yang akan anda cantumkan terlebih dahulu. Tentunya hal satu ini penting untuk anda perhatikan, agar nantinya orang yang namanya anda cantumkan tidak terganggu dan jika di hubungi oleh HRD.

Dengan ini, maka mereka dapat memberikan informasi sebaik mungkin kepada pihak HRD. Serta akan muluskan langkah anda dalam memasuki perusahaan yang anda tuju. Cari tahu juga pihak perekrut akan menghubungi via telepon atau email.

3. Memberikan Banyak Informasi

Agar mempermudah si pemberi referensi, sebaiknya anda memberikan informasi tentang karier anda sedatail mungkin. Termasuk informasi tentang posisi kerja yang dilamar, serta nama peruahaan yang anda tuju. Jika ada informasi yang belum lengkap atau belum dipahami oleh pemberi refrensi, anda dapat mengisi kesenjangan informasi ini dengan memberikan data-data yang dibutuhkan.

4. Ucapkan Terimakasih

Jangan lupa untuk ucapkan terimakasih kepada pemberi refrensi, karena pemeberi refrensi memiliki andil yang cukup besar. Maka dari itu, jangan lupa untuk uncapkan terimakasih ya. Anda juga bisa menawarkan diri menjadi pemberi refrensi bagi mereka apabila suatu saat mereka membutuhkan hal yang sama.

Kerap disepelekan, namun perihal refrensi kerja ini memiliki peranan penting dalam karier anda. Anda juga harus selekstif dalam memilih orang yang akan anda jadikan refrensi. Pilihlah orang yang tepat dan tentunya sesuai dengan posisi kerja yang sedang anda lamar. Pilihlah orang yang benar-benar mengetahui dan memahami potensi kerja anda.

Sekian Perhatikan Penulisan Refrensi Pada CV Yang Perlu Anda Ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang berkeinginan menulis refrensi pada CV. Jangan lupa untuk simak juga artikel menarik lainnya hanya di BikinCV Blog.

Bagikan Yuk :

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI