Bagaimana Mengisi Bagian Tentang Saya Pada CV Fresh Graduate

Template CV Fresh Graduate Yang Bikin Lolos ATS

Bagaimana Mengisi Bagian Tentang Saya Pada CV Fresh Graduate – Pada saat melamar kerja, CV merupakan salah satu hal yang penting untuk anda siapkan. CV merupakan berkas yang menjadi pertimbangan oleh HRD dalam menyeleksi calon karyawannya. Terdapat beberapa data yang harus lengkap di dalam CV yang anda buat, seperti data diri, status dan lain sebagainya. Selain itu, ada pula bagian keahlian, riwayat pendidikan, hobi, pengalaman organisasi, prestasi dan data lainnya. Nah, semua data tersebut harus kalian buat dengan benar dan jujur.

Dari keseluruhan data yang anda buat pada CV, ada beberapa bagian yang menjadi daya tarik HRD. Bagian ini adalah bagian pengalaman kerja, riwayat pendidikan dan pada bagian Tentang Saya. Untuk pengisian bagian riwayat pendidikan dan pengalaman kerja tidaklah suli, karena pada bagian ini ditulis berdasarkan data yang valid. Namun, banyak yang kebingungan dengan bagian Tentang Saya ini.

Beberapa orang kerap bingung dalam menulis bagian satu ini, terutama bagi Fresh Graduate. Mereka kerap kebingungan untuk menulis apa pada bagian ini dan tak jarang banyak yang membuatnya secara sembarangan. Hal ini kerap kali dan terjadi karena mereka kurang bisa untuk menjelaskan tentang kelebihan diri mereka. Sehingga ini menjadi sebuah kendala bagi mereka dalam membuat CV.

Bagian Tentang Saya ini merupakan bagian yang berisikan penjelasan singkat tentang diri pembuat CV atau pelamar kerja secara keseluruhan. Nah, biasanya pada bagian ini anda bisa buat tentang diri anda secara singkat cukup dengan satu paragraf. Dalam penulisannya, usahakan menggunakan semenarik mungkin dengan jujur.

Tips Mengisi Bagian Tentang Saya Fresh Graduate

Bagaimana Mengisi Bagian Tentang Saya Pada CV Fresh Graduate
Ilustrasi CV | Image Source : Shutterstock.com

1. Buat dengan ringkas

Perlu anda ketahui bahwa perekrut tidak memiliki banyak waktu ketika menyaring banyaknya CV pelamar. Maka dari itu, buatlah isilah bagian Tentang Saya secara singkat yang dapat menggambarkan tentang diri anda. Isi bagian ini dengan singkat, padat dan jelas, sehingga dapat dimengerti oleh perekrut.

2. Tentukan poin yang ingin anda tonjolkan

Banyak orang yang kebingungan dengan membuat kalimat singkat, sedangkan mereka memiliki sederet pencapaian dan skill. Perlu anda ketahui, bahwa menulis bagia Tentang Saya yang menarik bukan berarti anda harus memasukan semua kelebihan dan pengalaman anda. Tentang saya haruslah berisikan informasi penting yang ingin anda tonjolkan.

Untuk memilih poin yang ingin anda tonjolkan, anda bisa melihat isi CV secara keseluruhan dan daftar kualifikasi dari posisi yang anda lamar. Pilihlah keterampilan, pengalaman, pengetahuan atau pencapaian yang menunjang seleksi profil untuk posisi tersebut. Dengan begitu, pihak rekruter akan mendapatkan gambaran keseuaian antara kualifikasi yang mereka cari dengan nilai apa yang kamu tawarkan kepada mereka.

3. Indentifikasi diri secara profesional

Pertimbangkan bagaimana kamu memperkenalkan diri sebagai seorang profesional dalam bagian Tentang Saya. Anda dapat menggunakan kata-kata deskriptif yang dapat menggambarkan pengalamanmu.

4. Gunakan kata kunci yang berhubungan

Hal lain yang juga tidak boleh anda lewatkan adalah menggunakan kata kunci yang relevan untuk menggambarkan diri anda sebagai kandidat yang potensial tinggi untuk posisi tersebut.

5. Periksa penulisan 

Koreksi kembali pada bagian Tentang Saya dan keseluruhan CV yang anda buat. Bertujuan untuk menghindari kesalahan tata bahasa atau penggunaan kata yang terdengar aneh yang dapat diperbaiki.

Contoh Tentang Saya Pada CV Fresh Graduate

Bagaimana Mengisi Bagian Tentang Saya Pada CV Fresh Graduate
Ilutrasi Membuat CV | Image Source : Shutterstock.com

Untuk anda yang masih kebingungan dalam membuat bagian Tentang Saya pada CV, jangan bingung lagi. Sekarang kamu akan berikan beberapa contoh Tentang Saya untuk Fresh Graduate yang bisa anda jadikan refrensi.

1. Melamar Untuk Posisi Pemasaran Digital

Saya adalah seorang Fresh Graduate dengan spesialis pada pemasaran digital. Memiliki pengalaman dalam mengembangkan dan mengimplementasikan kampanye pemasaran digital melalui kesempatan magang pada perusahaan multinasional. 

2. Melamar Untuk Posisi Desain Grafis

Saya seorang Fresh Graduate yang memiliki kemampuan dalam mendesain berbagai macam media promosi, seperti spanduk, kemasan dan desain promosi media sosial. Saya menguasai software desain, seperti Photoshop, Corel Draw dan Adobe Illustrator dengan sangat baik. 

3. Melamar Untuk Posisi Content Writer

Saya adalah orang yang disiplin waktu dalam menyelesaikan pekerjaan. Saya seorang lulusan S1 Sastra Indonesia yang memiliki minat di bidang penulisan, pengeditan dan literasi. Serta saya menguasai penggunaan computer dengan baik.

Di atas adalah beberapa contoh bagian Tentang Saya pada CV Fresh Graduate. Tentu contoh di atas dapat anda jadikan sebagai refrensi jika anda merasa kebingungan saat menulis bagian satu ini. Alangkah baiknya juga anda dapat memahami cara pembuatannya, agar dapat sesuai dengan diri anda.

Sekian artikel Bagaimana Mengisi Tentang Saya Pada CV Fresh Graduate. Semoga bisa bermanfaat dan dapat membantu anda untuk mengetahui cara membuat bagian Tentang Saya dengan tips diatas. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik seputar dunia kerja lainnya hanya di BikinCV Blog.

Bagikan Yuk :

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI