Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

3 Barang yang Wajib Dibeli Saat Gajian Pertama

3 Barang yang Wajib Dibeli Saat Gajian Pertama
Bagikan :

3 Barang yang Wajib Dibeli Saat Gajian Pertama – Bekerja merupakan sebauah hal yang menjadi kewajiban setiap orang. Mendapatkan imbalan atau gaji yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Diterima bekerja pada perusahaan ternama merupakan suatu hal yang membanggakan bagi seorang First Jobber. Terlebih jika pekerjaan yang mereka dapatkan sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuni ketika menuntut ilmu. Hal ini tentunya menjadi kebahagian yang tidak akan terlupakan.

Menerima gaji, setelah bahagia saat mendapatkan pekerjaan yang sesuai, tentunya yang tak kalah bahagia ketika mendapatkan gaji pertama. Kebahagian akan berlipat ganda ketika mendapatkan gaji, terlebih jika itu gaji pertama. Pasalnya, gaji tersebut merupakan hasil jerih payah dan usaha sendiri yang pertama kali didapatkan.

Mendekati hari gajian, beberapa orang telah memnbuat rencana dengan gaji yang diterima. Biasanya, mereka akan berencana menggunakan gaji mereka untuk membeli barang yang diinginkan sebagai bentuk self-love. Tentu saja setiap orang pasti memiliki rencana untuk membeli sesuatu dengan gajinya, terlebih gaji tersebut merupakan gaji pertamanya.

Ini menjadi hal yang wajar dan dialami oleh setiap orang yang baru memulai bekerja atau menerima gaji. Membelanjakan uang dari jerih payah sendiri tentu sah-sah saja, namun jangan sampai gaji pertama habis sebelum waktunya. Tentunya anda harus bisa memperhitungkan pengeluaran untuk kebutuhan utama selema satu bulan kedepan.

Gimana Sih Caranya Mengelola Gaji ?

3 Barang yang Wajib Dibeli Saat Gajian Pertama
3 Barang yang Wajib Dibeli Saat Gajian Pertama | Image Source : Shutterstock.com

Anthony Badillo dari Gen Y Planning, sebagaimana diberitakan di Kompas.com, Sabtu (11/5/2019), merekomendasikan metode 50-30-20 untuk mengelola gaji. Sebesar 50% dari gaji dapat digunaka untuk kebutuhan selama satu bulan, seperti makan, transportasi dan membayar sewa.

Lalu, sebesar 30% gaji diunakan untuk menabung dan membayar hutang. Jumlah tersebut juga bisa dialokasikan untuk mempersiapkan masa pensiun. Meski terkesan terlalu dini, jika anda disiplin, anda dapat menikmati hasil jerih paya dengan jumlah yang cukup besar saat pensiun nanti.

Sisanya, 20% sisa gaji digunakan untuk belanja hal yang diinginkan atau hiburan. Namun, untuk urusah pengeluaran ini, First Jobber terkadang bingung memilih barang atau hiburan yang ingin dibelanjakan dari gaji pertama. Alhasil, uang tersebut dibealanjakan secara sembarangan sehingga menguap begitu saja.

Supaya lebih bermanfaat dan berkesan, gaji pertama bisa anda gunakan untuk membeli barang untuk diri sendiri sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian yang anda raih. Berikut, kami akan berikan rekomendasi beberapa barang yang bisa anda beli dengan uang gaji pertama anda.

Gawai Penunjang Pekerjaan

3 Barang yang Wajib Dibeli Saat Gajian Pertama | Image Source : Shutterstock.com

Barang pertama yang bisa anda beli dengan gaji pertama adalah gawai, sepeti samartphone. Terlebih jika pekerjaan anda berhubungan dengan fotografi, anda haruslah membeli smartphone dengan fitur kamera tercanggih. Tak hanya itu, smartphone juga sangat diperlukan jika pekerjaan anda berkaitan dengan teknologi informasi. Tentunya pekerjaan ini memerlukan posel pintar dengan spesifikasi yang mumpuni.

Video Dari BikinCV

Selain smartphone, kamu juga dapat membeli gawai lain, seperti laptop dan tablet. Dengan adanya barang-barang tersebut, tentunya dapat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan kantor dimanapun dan kapanpun.

Perhiasan

3 Barang yang Wajib Dibeli Saat Gajian Pertama | Image Source : Shutterstock.com

Barang selanjutnya yang bisa anda beli dalah perhiasan emas. Bagi para wanita, membeli perhiasan emas pertama kali dengan uang sendiri menjadi hal yang tak terlupakan. Salah satu perhiasan yang kerap dibeli adalah cincin emas. Tak hanya sebagai lambing cinta, cincin jua melambangkan kemandirian.

Tak hanya cincin, anda juga dapat membeli perhiasan lain seperti kalung emas. Barang satu ini tentunya banyak dibeli, terutama para first jobber yang ingin membelanjakan gajiknya pertamanya barang yang berkesan.

Logam Mulia

3 Barang yang Wajib Dibeli Saat Gajian Pertama | Image Source : Shutterstock.com

Logam mulia bisa menjadi salah satu barang yang bisa anda beli dengan gaji pertama anda. Dengan membeli logam mulia, secara tidak langsung anda sudah melakukan investasi. Anda dapat membeli logam mulia dalam bentuk batangan maupun digital. Kedua jenis ini memiliki keunggulan sebagai instrument investasi.

Logam mulia juga dianggap sebagai instrument investasi yang menguntungkan dan dirasa paling aman bagi pemula. Sebab, harga emas semakin tinggi tiap tahun dan nilainya tak tergerus oleh inflasi, Perlu kalian ketahui, bahwa logam mulia juga bersifat atau mudah dicairkan.

Nah itulah beberapa barang yang bisa anda beli dengan gaji pertama anda. Sekian artikel tentang 3 Barang yang Wajib Dibeli Saat Gajian Pertama. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang kebingungan saat pertama kali mendapatkan gaji. Jangan lupa untuk simak juga berbagai artikel menarik lainnya tentang dunia kerja hanya di BikinCV Blog.

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI