Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

Membuat Daftar Riwayat Hidup PDF Disukai HRD

Membuat Daftar Riwayat Hidup PDF Disukai HRD – Curriculum Vitae atau yang biasa orang singkat dengan CV dalam bahasa Indonesia yang berarti daftar riwayat hidup, yaitu sebuah document yang menjelaskan tentang riwayat perjalanan dalam kehidupan kita yang berkaitan tentang data diri, prestasi, pengalaman bekerja dan juga jejak pendidikan. Pada umumnya daftar riwayat hidup atau cv digunakan untuk keperluan melamar pekerjaan sebagai bahan pertimbangan bagi pihak Human Resources Departemen (HRD) untuk menerima kita sebagai karyawan di perusahaannya.

Biasanya daftar riwayat hidup ditulis tangan diselembar kertas ataupun membeli kertas yang memang khusus untuk cv. Untuk cara membuatnya mungkin kalian sudah mengerti karena tinggal menulis diselembar kertas tentang data diri serta riwayat pendidikan dan juga pengalaman bekerja. Sedangkan yang akan disampaikan disini adalah membuat daftar riwayat hidup pdf  untuk keperluan melamar pekerjaan melalui email.

Beberapa hal yang wajib dimasukkan dalam membuat daftar riwayat hidup PDF antara lain :

  • Identitas Pribadi seperti nama lengkap dan gelar, alamat/lokasi, usia dan foto.
  • Pendidikan Terakhir (Bisa 2 Pendidikan Terakhir)
  • Pengalaman Pekerjaan
  • Pengalaman Organisasi
  • Skills dan Kemampuan / Minat

Komponen Dari Riwayat Hidup PDF

1. Desain

CV yang dibuat tidak harus bagus, keren, atau berwarna-warni seperti desain poster, kecuali jika Anda melamar pekerjaan dalam bidang industri kreatif. Misalnya, untuk desain grafis dan videografer. Tidak ada salahnya untuk menuangkan kreativitas penuh pada CV yang dibuat.

Membuatnya seindah dan seunik mungkin untuk menunjukkan kemampuan Anda. Kunci terpentingnya, CV harus mudah dibaca atau dipahami. Jika background-nya gelap, tulisannya harus terang. Lalu, sebaliknya jika background cerah atau berwarna pastel, gunakan font yang warnanya gelap.

Label nama harus sesuai dengan potensi Anda. Untuk informasi reach me at, tidak perlu dijelaskan kembali konteksnya. Misalnya, nomor telepon yang juga dihubungi titik dua. Lebih baik langsung saja menulis alamat, nomor telepon, atau mediator sosialnya. Cantumkan akun profesional untuk menambah nilai plus. Jika memang memerlukan foto, foto yang dipakai harus yang profesional. Pakaian rapi dan formal, lalu gestur wajah friendly.

2. Konten dan Konteks

CV yang biasanya dipakai adalah CV dua bagian. Daftar Riwayat hidup Pdf ini cocok dipakai untuk fresh graduate atau pelamar yang belum memiliki banyak pengalaman. Sebelah kiri fokus pada profil pelamar dan sebelah kanan untuk pendidikan, pengalaman kerja, dan kemampuan.

Di bawah nama, bisa ditambahkan catatan untuk perkenalan diri secara singkat. Klaim pribadi seperti ‘saya adalah seorang pekerja keras’ bisa diganti menjadi cerita dari pengalaman kerja yang mencerminkan kerja keras Anda. Recruiter dari sebuah perusahaan juga ingin mengetahui, apa yang akan pelamar bawa untuk kinerja yang maksimal.

Mencantumkan alamat lengkap pun sebenarnya tidak terlalu diperlukan, kecuali ketika mengirim lamaran menggunakan surat. Dahulu, pemberitahuan akan diterima atau tidaknya biasanya dikirimkan ke rumah pelamar melalui surat. Alamat lengkap menjadi sangat penting jika situasinya seperti itu. Di zaman modern sekarang ini, recruiter lebih memilih untuk menghubungi calon pekerja lewat WhatsApp atau Email.

Untuk informasi mengenai pendidikan, beberapa pelamar biasanya mencantumkan tahun belajar sampai tempat sekolahnya. Misalnya, dimulai dari pendidikan sekolah dasar, lalu tahun 2008-2011 di SMP tempat tinggalnya sampai SMA dan akhirnya mencantumkan universitas.

Jika sudah lulus dari universitas tersebut, sebenarnya informasi mengenai pendidikan dari SD sampai SMA tidak perlu dicantumkan, kecuali jika pelamar masih berkuliah. Atau, universitas, pendidikan yang paling terkini ditulis paling atas dan lebih dulu. Baru diikuti dengan SMA, SMP, SD yang menurun ke bawah. Cukup tuliskan nama universitas tempat pelamar berkuliah, jurusan, atau tahun lulusnya.

3. Experience

Kemampuan yang dicantumkan pun tidak harus berbentuk statistik atau energy bar. Kemampuan diterangkan dalam konteks hard skill dan soft skill. Contohnya, untuk skill team work yang cukup besar nilainya. Seharusnya, dimasukan atau diceritakan dalam pengalaman kerja.

Bagaimana pelamar bisa membangun team work saat bekerja di tempat sebelumnya? Ketika menjadi mahasiswa, owner, customer service, atau pekerjaan di bidang lainnya.  Untuk soft skill, pelamar bisa memberitahukan berapa lama skill tersebut telah ditekuni.

Cara tersebut akan membuat recruiter lebih mudah memahami kemampuan yang ingin dijelaskan. Lalu, soft skill seperti mudah bergaul juga belum tentu bisa dibuktikan. Negosiasi, public speaking , atau interpersonal communication bisa menjadi nilai plus.

Pengalaman kerja bisa diikuti dengan lama waktu bekerja. Misalnya, menjadi admin dari tahun 2017-2020. Laporan tersebut akan chronological. Data yang disuguhkan bisa lebih banyak lagi. Tidak hanya kualitatif, tetapi kuantitatif. Waktu untuk menghandle komplain, pekerjaan yang sukses atau selesai. Sesuatu yang dapat diukur, misalnya berupa angka akan menjadi informasi yang lebih valid.

4. Bahasa

Konsistensi bahasa juga perlu diperhatikan. Jika memang ingin memakai bahasa Indonesia, keseluruhan CV bisa berisikan informasi dengan bahasa Indonesia. Jika dari awal sudah memakai bahasa Inggris, sampai akhir juga bisa menggunakan bahasa serupa.

Contoh Daftar Riwayat Hidup PDF Disukai HRD

Demikian Infomasi mengenai Membuat Daftar Riwayat Hidup PDF Disukai HRD. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat. Selamat Mencoba.

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI