Contoh CV Mahasiswa Aktif dan Panduan Cara Membuatnya

Contoh CV Mahasiswa Aktif dan Panduan Cara Membuatnya

Contoh CV Mahasiswa Aktif dan Panduan Cara Membuatnya – Kerja sambil kuliah? Hmm, ide yang bagus. Dewasa ini banyak mahasiswa yang sedang mengenyam pendidikan di perguruan tinggi sembari bekerja. Ini sangatlah bagus, kita dapat tetap kuliah dan disisi lain kita dapat bekerja untuk mencari pengalaman kerja sebagai bekal kedepannya. Perlu kita sadari saat ini mencari kerja tanpa pengalaman kerja sangatlah susah. Maka dari itu, tidak ada salahnya kita mengeyam pedidikan sembari bekerja untuk mendapatkan pengalaman kerja.

Namun ada beberapa kendala yang akan kita temui saat mencari kerja ketika masih menjadi mahasiswa aktif. Terkadang ketika kita sudah melamar pekerjaan ke banyak perusahaan untuk bekerja magang atau part-time namun tak kunjung ada balasan. Memang, tidak semua perusahaan akan menerima calon pekerja yang masih aktif sebagai mahasiswa dengan alasan tidak mempunyai pengalaman kerja sebelumnya. Namun, tak sedikit pula perusahaan yang mencari pekerja magang atau part-time untuk diajak bergabung ke perusahaannya.

Salah satu faktor yang mempengaruhi anda tidak mendapatkan balasan setelah melamar kerja adalah isi dan template CV anda. CV menjadi salah satu pintu yang akan membawa anda kepada pekerjaan yang anda lamar. Maka dari itu, anda tidak bisa sembarangan dalam membuat CV. Pihak perekrut akan tertarik jika CV yang anda bawa sedikit lebih unik dari CV pelamar lainnya. Tak bisa dipungkiri lagi bahwa desain CV dan isi didalamnya menjadi pertimbangan pihak perkerut untuk menerima anda bergabung pada perusahaannya.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat anda membuat CV. Karena, jika anda membuat data diri anda dengan baik dan unik, maka pihak perekrut akan dapat tertarik.

Lalu Bagaimana Cara Pembuatan CV Untuk Mahasiswa Aktif ?

Pertanyaan ini yang mungkin ada difikiran anda saat ini. Nah disini kita akan memberikan contoh CV mahasiswa aktif dan panduan cara membuatnya. Yuk simak panduan cara pembuatan CV yang baik dan benar untuk mahasiswa aktif.

Contoh CV Mahasiswa Aktif dan Panduan Cara Membuatnya

1. Kelengkapan Data Diri

Data diri merupakan salah satu hal yang sangat penting dan harus dicantumkan di dalam CV anda. Data diri ini meliputi,

  • Nama lengkap
  • Tempat dan tanggal lahir
  • Nomor telepon (nomor telepon yang masih aktif)
  • Serta email (email yang masih aktif)

Pastikan nomor telepon dan email yang anda cantumkan pada email masih aktif. Karena, biasanya perusahaan akan menghubungi anda via telepon atau email.

2. Penjelasan Yang Tidak Bertele-tele

Jika anda memiliki prestasi, tentunya prestasi anda tersebut bisa anda cantumkan pada CV anda. Namun perlu diingat, jika anda mempunyai segudang prestasi, tidak semua prestasi anda perlu anda cantumkan pada CV anda. Cantumkanlah beberapa prestasi yang anda miliki, karena informasi yang tidak terlalu terkait akan menyebabkan penurunan keunggulan lain yang anda miliki. Sebaiknya anda membuat CV yang langsung sesuai dengan posisi yang akan dilamar.

3. Isilah Data Pendidikan Yang Lengkap

Hal ini sangat penting untuk anda cantumkan pada CV anda. Cantumkan semua riwayat pedidikan anda dan cantumkan pula tempat anda sedang mengeyam perguruan tinggi. Jika anada memiliki pengalaman kursus atau pelatihan yang relevan dengan pekerjaan yang anda lamar, anda juga dapat mencantumkannya.

4. Pengalaman Organisasi

Jika anda memiliki pengalaman berorganisani, anda juga dapat mencantumkan hali ini dala CV anda. Biasanya, pihak perekrut akan menilai anda lebih jika anda memiliki pengalaman dalam berorganisasi. Pengalaman organisasi yang anda miliki juga dapat mengambarkan bagaimana anda bekerja dalam tim dengan berbagai macam karakter orang. Jikalau anda kurang dalam hal ini, anda masih bisa menambah peluang anda dengan skill yang anda miliki.

5. Prestasi dan Skill

Anda dapat mencantumkan beberapa skill yang anda miliki yang tentunya relevan dengan pekerjaan yang anda lamar. Begitu juga prestasi, sama seperti yang sudah disampaikan diatas, cantumkanlah prestasi yang relevan dengan pekerjaan yang anda lamar. Dengan ini, dapat disimpulkan bahwa anda haruslah mencantumkan prestasi dan skill anda yang relevan dengan pekerjaan yang anda lamar.

Contoh CV Mahasiswa

Contoh CV Mahasiswa Aktif dan Panduan Cara Membuatnya
Image Souce : BikinCV.com
Contoh CV Mahasiswa Aktif dan Panduan Cara Membuatnya
Image Souce : BikinCV.com

Sekian Contoh CV Mahasiswa Aktif dan Panduan Cara Membuatnya yang baik dan benar. Semoga dapat bermanfaat untuk anda yang sedang kebingungan dalam membuat CV. Mau buat CV mudah dan cepat? Yuk buat CV di BikinCV saja. BikinCV hadir sebagai salah satu platform Pembuatan CV secara online yang tentunya cepat, murah dan praktis. Beberapa keunggulan dari BikinCV :

  • Cepat, Mudah, Murah
  • Banyak Pilihan Design CV
  • Edit Dimana Saja, Kapan Saja
  • User Friendly Design

Yuk buruan, buat CV yang keren dengan banyak template menarik hanya di BikinCV. Simak juga artikel menarik dan informasi seputar dunia kerja hanya di BikinCV.com.

Terima kasih.

Bagikan Yuk :

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI