Tips Negosiasi Gaji Saat Interview Kerja

Tips Nego Gaji Saat Interview

Tips Negosiasi Gaji Saat Interview Kerja – Berbicara tentang gaji, mungkin hal satu ini sudah tidak asing lagi. Gaji merupakan bentuk kompensasi yang diberikan atas jasa dan prestasi kerja seseorang yang diberikan secara teratur. Biasanya perusahaan akan memberikan gaji kepada karyawan secara rutin setiap bulannya, dengan besaran yang sesuai dengan posisi/jabatan.

Biasanya penentuan gaji akan dibicarakan pada tahap interview saat melamar kerja. Pada tahap ini, kamu akan dapat melakukan negosiasi gaji yang tepat untuk posisi yang kamu lamar. Namun, tak jarang beberapa orang kerap kebingungan jika ditanya tentang gaji pada saat interview. Hal ini kerap terjadi pada seorang fresh graduate yang baru melamar kerja.

Negosiasi gaji merupakan hal yang tidak bisa dikesampingkan saat melakukan interview. Berdasarkan survei payscale, orang yang menegosiasikan gajinya menerima rata-rata 25% lebih banyak dari yang mereka harapkan. Namun, tak mudah untuk menjawab pertanyaan terkait gaji saat melakukan interview. Sebab kamu harus menjawab pertanyaan tersebut dengan tepat.

Tips Negosiasi Gaji Saat Interview

Tips Negosiasi Gaji Saat Interview Kerja
Ilustrasi Interview | Image Source : Pexels.com

1. Riset kisaran gaji

Sebelum melakukan interview, ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu. Tak hanya riset perusahaan atau deskripsi pekerjaan yang kamu lamar. Melainkan juga perlu kamu riset mengenai kisaran gaji yang bisa kamu dapatkan apabila bekerja pada posisi yang kamu lamar. Dengan ini kemu akan mendapatkan gambaran mengenai jumlah gaji dan memiliki pegangan yang dapat kamu ajukan untuk menjawab pertanyaan dari HRD.

2. Sesuaikan dengan kemampuan

Selain melakukan riset, kamu juga harus menyesuaikan gaji dengan kamampuan yang kamu miliki. Jika kamu merasa kamampuan kamu cocok dengan gaji yang ditawarkan, maka kamu harus meyakinkan HRD mengenai pengalaman, pencapaian, kemampuan dan prestasi yang kamu miliki. Dengan itu, maka peluang untuk kamu mendapatkan gaji yang sesuai akan terbuka. Sebab, HRD melihat bahwa kamu adalah seseorang yang kompeten untuk mengisi posisi yang dibutuhkan perusahaan.

3. Jangan menyebutkan angka gaji sebelum ditanya HRD

Ketika interview berlangsung, hindari untuk ngutarakan angka gaji yang kamu inginkan. Tunggu hingga HRD selesai menjelaskan hal yang terkait dengan prosedur kerja dan gaji. Kamu dapat mengutarakan kisaran gaji yang kmau inginkan setelah HRD menanyakan besaran gaji yang kamu inginkan.

Jika ini adalah kali pertama kamu interview, cobalah unyuk jujur dan berbicara sesuai dengan yang kamu ketahui. Jangan ragu untuk mendiskusikan tentang besaran gaji dengan HRD. Yang terpenting adalah kamu dapat menghindari sikap serba tahu yang tidak disukai oleh HRD.

4. Hindari mengutarakan alasan pribadi

Dalam melakukan negosiasi gaji, hindari untuk mengutarakan alasan pribadi, seperti biaya tanggungan hidup, hutang dan hal pribadi lainnya. Jangan pernag melakukan hal tersbut ketika sedang negosiasi gaji dengan HRD. Perlu kamu ingat, bahwa perusahaan menggaji buka berdasarkan hal pribadi, melainkan kinerja dan kemampuan yang kamu miliki.

Sebaiknya, kamu fokus untuk menjual nilai dan keterampilanyang kamu miliki. Sebab, hal ini menjadi dasar negosiasi yang kamu lakukan dengan pihak perusahaan.

5. Pilih gaji dengan kisaran tertinggi

Dalam interview, HRD biasanya akan memberikan tawaran gaji dengan kisaran yang paling bawah. Maka dari itu, riset diatas penting untuk kamu lakukan untuk mengetahui kisaran gaji. Jika kamu telah mengetahui kisaran gaji pada posisi yang kamu lamar, maka tidak salah jika kamu memilih kisaran gaji tertinggi. Dengn ini, kamu akan dapat memberitahu gaji yang kamu harapkan kepada HRD, sehingg dapat menvegah kamu mendapatkan tawaran gaji dengan angka yang rendah.

6. Hindari menerima tawaran pertama

Beberapa perusahaan biasanya akan langsung memberikan nominal gaji ketika tahapan interview. Nah tak jarang juga mereka akan mengiyakan tawaran tersebut, karena malu dan bingung untuk bernegosiasi. Cobalah untuk menghindari langsung menyetujui gaji yang ditawarkan. Mintalah waktu untuk memikirkan dan mendiskusikan tawaran tersebut.

7. Sebutkan gaji terakhir 

Jika kamu pernah bekerja sebelumnya, kamu dapat menyebutkan gaji terakhirmu saat ditanya tentang besaran gaji. Dengan ini, HRD akan dapat mempertimbangkan tawaran gaji yang lebih besar daripada gaji terakhir dengan mempertimbangkan kemampuan dan pengalamanmu.

Saat ditanya mengenai ekspektasi gaji yang kamu harapkan, ini merupakan awal dari sebuat negosiasi agar kedua pihak tidak saling merugikan. Maka dari itu, kamu harus mengetahui teknik-teknik negosiasi yang baik agar dapat memperoleh gaji sesuai yang kamu harapkan.

8. Tanya keuntungan selain gaji

Terlalu fokus dengan angka dari gaji yang ditawarkan. Lalu bagaimana jika perusahaan hanya bisa memberikan gaji sesuai dengan batas paling rendah dari kisaran yang kamu harapkan?

Tenang dan jangan bimbang, kamu dapat menanyakan terkait hal lainnya selain gaji. seperti bonus, uang lembur, cuti dan sauransi kesehatan. Dengan menanyakan hal tesebut, paling tidak kamu dapat membayangkan perbedaan antara gaji yang diinginkan dan yang ditawarkan perusahaan.

***

Sekian Tips Negosiasi Gaji Saat Interview Kerja, semoga bermanfaat dan dapat membantu. Simak juga berbagai artikel menarik lainnya hanya di BikinCV Blog.

Terima kasih.

Bagikan Yuk :

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI