Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

HRD Adalah : Tugas, Fungsi, Tanggung Jawab dan Contoh CV

Contoh CV HRD
Bagikan :

HRD adalah : Tugas, Fungsi, Tanggung Jawab dan Contoh CV – Ketika kamu melamar kerja,  pihak pertama kamu akan temui adalah HRD (Human Resource Development). Mengapa ? karena semua urutan seleksi atau perekrutan akan dilakukan oleh departemen satu ini. HRD merupakan salah satu departemen dalam sebuah perusahaan yang berfokus untuk mengurusi karyawan. SDM (Sumber Daya Manusia) atau karyawan adalah salah satu aset yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Maka dari itu, sebuah perusahaan harus memiliki HRD untuk menangani itu.

Apa Itu HRD ?

HRD atau bisa disebut dengan Human Resource Development adalah suatu departemen yang berfokus dalam hal pengembangan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan karyawan agar mereka dapat mencapai potensi maksimal mereka dan memberikan kontribusi yang lebih besar kepada sebuah perusahaan atau organisasi. HRD juga bisa disebut dengan Manajemen Sumber Daya Manusia.

Fungsi Dari HRD

Menurut definisinya, HRD adalah bagian dari perusahaan yang melaksanakan tugas-tugas terkait manajemen sumber daya manusia di perusahaan tersebut. Secara umum, fungsi departemen ini dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian, yakni fungsi internal dan fungsi eksternal.

1. Fungsi Internal

Fungsi internal HRD melibatkan berbagai aspek seperti perencanaan, perekrutan, orientasi, dan pengembangan sumber daya manusia, manajemen kinerja, penetapan gaji, dan pembinaan hubungan kerja. Selain itu, HRD juga memiliki tanggung jawab untuk menyelenggarakan pelatihan bagi sumber daya manusia perusahaan.

2. Fungsi Eksternal

Fungsi eksternal HRD mencakup penyediaan layanan konseling di luar lingkungan perusahaan untuk karyawan, dengan tetap mempertimbangkan kapabilitas dan keinginan individu yang bersangkutan.

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang HRD

Tugas dan tanggung jawab dari Human Resource Development (HRD) mencakup berbagai aspek manajemen sumber daya manusia. Berikut ini merupakan beberapa tugas dan tanggung jawab umum dari departemen HRD:

Perekrutan dan Seleksi

HRD berperan untuk mengelola rekrutmen calon karyawan. Seleksi, sebagai tahap setelah proses rekrutmen, menandakan bahwa sejumlah pelamar yang memenuhi syarat telah terkumpul dan akan dipilih. Proses pemilihan ini dikenal sebagai seleksi, yang berfungsi sebagai sarana untuk menentukan pelamar yang akan terpilih dan bekerja di perusahaan.

Pelatihan dan Pengembangan

Setelah merekrut karyawan berpotensi, HRD perlu mendukung pendidikan dan pengembangan untuk meningkatkan kemampuan kinerja para karyawan. Langkah ini diambil dengan tujuan agar perusahaan dapat memanfaatkan keuntungan dari sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi tinggi.

Video Dari BikinCV

Manajemen Kinerja

HRD bertanggung jawab menyusun dan melaksanakan sistem evaluasi kinerja karyawan. Selain membuat evaluasi kinerja, HRD juga bertugas untuk memberikan review kepada karyawan tentang kinerjanya serta memantau dan mengevaluasi efektivitas program pelatihan.

Kompensasi dan Manfaat

Bertugas untuk mengatur kompensasi dan manfaat dari perusahaan bagi masing – masing karyawan.

Hubungan Karyawan

Manajemen sumber daya manusia bertanggung jawab untuk mengelola hubungan dari karyawan dengan manajemen ataupun karyawan dengan karyawan lainnya. Memiliki peran dalam

Perencanaan SDM

Perencanaan SDM adalah suatu kegiatan yang diambil oleh manajemen guna menjamin bahwa bagi organisasi tersedia tenaga kerja yang tepat untuk menduduki berbagai kedudukan, jabatan dan pekerjaan yang tepat pada waktu yang tepat.

Contoh CV

Contoh CV Staff HRD Bahasa Indonesia

Bagi kamu yang memiliki keinginan untuk menjadi seorang HRD, berikut merupakan contoh CV bagi kamu!

CV Untuk Menjadi HRD
CV Untuk Menjadi HRD | Sumber : bikincv.com

HRD adalah suatu departemen penting yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan, apabila kamu berminat untuk menjadi seorang HRD kamu harus memiliki minat tentang perilaku karyawan di perusahaan tempat kamu bekerja. Nah, sekian dari artikel ini semoga dapat membantu kamu dalam jenjang karier menjadi HRD yang cakap dan profesional !. Simak artikel lainnya selalu di bikincv.com

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI