Tips Menjawab Pertanyaan : Apa Pencapaian Terbesar Yang Pernah Anda Raih ? Saat Interview – Wawancara atau interview kerja merupakan salah satu tes sebelum anda diterima untuk bekerja pada perusahaan yang anda tuju. Dalam sesi ini, anda akan diberikan berbagai pertanyaan yang harus anda jawab. Salah satu pertanyaan yang kerap ditanyakan oleh pihak perekrut adalah “Apa pencapaian terbesar yang pernah anda raih?”. Pertanyaan satu ini kerap membuat para pelamar kerja yang sedang interview kebingungan untuk menjawabnya.

Tentu saja membuat bingung, terlebih lagi jika anda seorang Fres Graduate yang belum memiliki pengalaman kerja dan belum pernah mengikuti wawancara kerja. Tak jarang ada beberapa orang yang tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut, tentunya ini menjadi nilai yang buruk.

Sebenarnya, mustahil jika anda tidak ada hal yang pernah anda capai selama hidup anda. Mungkin saja kamu pernah mendapatkan nilai tertinggi saat menempuh pendidikan, sudah jelas itu merupakan salah satu pencapaian. Karena masih saja ada beberapa orang beranggapan bahwa pertanyaan ini membingungkan. Maka dari itu, kami akan berikan  Tips Menjawab Pertanyaan Tentang Pencapaian Terbesar yang Pernah Anda Raih saat Melakukan Interview Kerja.

Hal Yang Dinilai Dari Pertanyaan Ini

Tips Menjawab Pertanyaan : Apa Pencapaian Terbesar Yang Pernah Anda Raih ? Saat Interview

Sebelum lanjut, anda perlu mengetahui tentang hal-hal yang akan dinilai dari pertanyaan ini oleh perekrut. Karena setiap jawaban dari pertanyaan saat wawacara kerja akan dinilai oleh pihak perekrut. Maka dari itu, sangatlah untuk anda mengetahui beberapa hal penting berikut.

1. Etos Kerja

Tentunya, pihak perekrut ingin mengetahui cara pandang anda tentang pencapaian dan bukti nyata bahwa kamu telah mencapainya.

2. Nilai Dalam Diri

Perekrut tertarik untuk melihat pencapaian mana yang anda pilih sebagai yang terbesar dan terbaik berseta dengan alasannya.

3. Contoh Pekerjaan

Perekrut tentunya ingin mempelajari contoh spesifik dari pekerjaan yang anda geluti selama ini. Misalnya, proyek apa saja yang telah anda selesaikan dan harapan apa yang bisa mereka dapatkan dari anda.

Tips Menjawab Pertanyaan Pencapaian Terbesar Saat Interview

Tips Menjawab Pertanyaan : Apa Pencapaian Terbesar Yang Pernah Anda Raih ? Saat Interview

1. Pilih Pencapaian Terbesar

Jangan pernah berfikir bahwa anda tidak mempunyai pencapaian. Cobalah ingat kembali pencapaian apa yang pernah anda raih. Contohnya saja, kapan kamu pernah dipuji karena pekerjaanmu atau hal yang pernah anda lakukan dan memberi dampak pada pekerjaan anda sebelumnya.

Jika anda seorang fresh graduate dan belum memiliki pengalaman, anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan pencapaian anda selama menempuh pendidikan. Misalkan, pencapaian terbesar anda mendapatkan nilai tinggi saat masih menuntut ilmu.

2. Sesuaikan Dengan Posisi Yang Dilamar

Pikirkanlah pencapaian-pencapaian yang telah anda raih, lalu jawablah dengan menyesuaikan antara pencapaian dan posisi dilamar. Misalkan, jika salah satu Core Value perusahaan yang anda lamar adalah Ownership, maka pilihlah pencapaian yang bisa menunjukan hal tersebut. Contohnya, saat menceritakan tentang kesuksesan saat mempimpin proyek, tonjolkan inisiatif anda sebahai pemimpin dan anggotan tim.

3. Jawab Dengan Spesifik (To The Point)

Saat kamu menjawab pertanyaan tentang pencapaian, sebaiknya jawablahlah dengan spesifik dan lebih terperinci. Ini bertujuan agar pihak perekrut tidak mengira anda mengada-ngada dengan prestasi yang pernahanda raih. Cobalah untuk spesifik dan terperinci dalam menjawab, tentunya pihak perekrut menilai kamu lebih baik.

4. Jawab Dengan Metode STAR

Cara menjawab berikutnya adalah dengan metode STAR, mungkin banyak orang yang masih awam dengan metode satu ini. STAR merupakan singkatan dari Situation, Task, Approach, Result dan berikut lebih jelasnya,

Tips Menjawab Pertanyaan : Apa Pencapaian Terbesar Yang Pernah Anda Raih ? Saat Interview

  • S – Situation

Jelaskan konteks situasi yang menggambarkan masalah pada pekerjaan anda.

  • T – Task

Jelaskan cara menyelesaikan masalah, anda bisa masukan kata kunvi dari deskripsi pekerjaan.

  • A ­– Approach

Jelaskan tugas yang menjadi tanggung jawab anda, serta solusi dan keterampilan yang anda tawarkan.

  • R – Result

Lengkapi jawaban dengan hasil positif dari pekerjaan tersebut, anda juga bisa memberi hasil dalam bentuk angka sehingga jelas dapat lebih jelas.

Sekian artikel tentang Tips Menjawab Pertanyaan : Apa Pencapaian Terbesar Yang Pernah Anda Raih ? Saat Interview. Semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu untuk anda yang akan melakukan Interview kerja. Simak berbagai artikel menarik lainnya seputar dunia kerja hanya di BikinCV.com