Jenis-Jenis Interview yang Umum Dilakukan, Fresh Graduate Wajib Baca! – Dalam melamar pekerjaan, tentunya kita akan melawati beberapa tahapan sebelum diterima menjadi karyawan pada perusahan tersebut. Biasanya pihak perusahaan atau perekrut akan memberikan beberapa tahapan berupa test dan interview. Ngomong-ngomong tentang interview, tahukah anda apa itu interview? Mungkin anda sudah mengetahui tentang interview. Namun, masih ada beberapa dari fresh graduate yang masih enggan mengertikan tentang apa itu interview. Padahal, hal satu ini sangat penting untuk anda saat melamar pekerjaan untuk diterima pada perusahaan tersebut.

Sebelum anda melamar pekerjaan, alangkah baiknya anda mengetahui tahapan-tahapan apa saja pada saat anda melamar pekerjaan. Contohnya interview, masih banyak yang melakukan kesalahan-kesalahan yang dapat membuat kegagal dalam tahapan ini dan tidak diterima oleh perusahaan.

Apa itu Interview?

Interview atau wawancara kerja merupakan metode penting dalam proses rekrutmen dan seleksi calon karyawan. Pada tahapan ini, pelamar mendapatkan kesempatan untuk lebih mengenal perusahaan dan sebaliknya perusahaan dapat mengenal potensi pelamar. Wawancara kerja ini memiliki tujuan untuk perusahaan dan pelamar, adapun tujuannya sebagai berikut :

1. Bagi perusahaan

  • Sebagai cara menemukan dan menentuan kecocokan antara karakteristik pelamar dengan kualifikasi jabatan.
  • Untuk mengetahui lebih jelas kepribadian pelamar.
  • Mendapatkan informasi yang relevan yang dituntut dalam persyaratan jabatan.
  • Mendapatkan informasi tambahan yang diperlukan bagi jabatan dan perusahaan.
  • Membantu perusahaan mengidentifikasi pelamar yang layak untuk diberikan penawaran kerja.

2. Bagi pelamar 

Merupakan kesempatan menjelaskan secara langsung tentang pengetahuan, keterampilan, pengalaman dan sikap anda saat mengatasi masalah pada saat bekerja.

Baik fresh graduate maupun profesional, pasti selalu melewati proses interview untuk mendapatkan pekerjaan impian. Ada beberapa jenis interview kerja yang paling sering ditemui berdasarkan fungsi, lokasi dan isi pertanyaanya.

Jenis- jenis Interview Yang Umum Dilakukan Serta Tips Lancar Menjalankan Interview

Jenis-Jenis Interview yang Umum Dilakukan, Fresh Graduate Wajib Baca!
Jenis-Jenis Interview yang Umum Dilakukan, Fresh Graduate Wajib Baca! | Image Source : Pexels.com

1. Interview Via Video Call

Biasanya interview ini dilakukan jika perusahaan dan pelamar tidak berada di lokasi yang sama. Meski begitu, prinsip dasar interview dan penilaian tetap berjalan sesuai standar.

Tips : Pastikan anda berada di area yang sinyalnya kuat dan stabil saat interview berlangsung. Agar konsentrasi anda penuh, lebih baik, dan fokus pada proses interview. Jangan lakukan aktivitas lain selama sesi interview berlangsung.

2. Interview One On One

Jenis interview ini adalah standar berbagai perusahaan. Biasanya pertanyaan ini berkisar seputar biodata, isi CV, pengalaman kerja hingga informasi pribadi.

Tips : lakukanlah riset terhadap petanyaan umum yang sering ditanyakan oleh perekrut. Selain itu, carilah berita terbaru perusahaan, ini juga merupakan hal yang sangat penting. Ketika sedang interview janganlah terlalu tegang, anggap saja sebagai sesi perkenalan yang profesional.

3. Interview Panel

Interview ini dilakukan oleh beberapa interviewer yang berasal dari departemen yang berbeda. Namun, pada umumnya perntanyaan mereka cukup mendasar sesuai departemen masing-masing.

Tips : Beri perhatian merata pada kedua interviewer dan hindari kontak mata secara sepihak. Pertanyaan bertubi-tubi dari interviewer yang berbeda merupakan hal yang wajar, jadi tidak perlu panik dan terburu-buru dalam menjawab.

4. Interview Makan Siang

Pada umumnya ini dilakukan saat sesi kedua interview dengan tujuan mengukur kecocokan anda dengan tim dan budaya perusahaan. Meski terkesan santai, gerak-gerik dan jawaban anda masih jadi pertimbangan.

Tips : Pesan menu sesimpel mungkin, hindari memesan yang sulit dan beresiko membuat anda berantakan. Pada umumnya, interviewerlah yang mengurus tagihanmu tapi tetap tawarkan untuk membayar sebagai tanda hormat.

Pada umumnya, apapun jenis interviewnya , kuncinya hanyalah kesiapan. Ketika anda sudah mempersiapkan segalanya dengan baik. Maka, apapun jenis interview yang anda dapatkan akan menghasilkan output yang baik. Jadi, sebelum melakukan interview, alangkah baiknya anda mempersiapkan diri anda.

Sekian artikel Jenis-Jenis Interview yang Umum Dilakukan, Fresh Graduate Wajib Baca!. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang berkeinginan untuk interview kerja. Lihat juga artikel tentang Perbedaan CV Dan Resume Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Melamar Kerja dan artikel menarik lainnya hanya di BikinCV.

Terima kasih.