Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

Tips Agar Terhindar Dari Gosip Kantor

Tips Agar Terhindar Dari Gosip Kantor

Tips Agar Terhindar Dari Gosip Kantor – Punya rekan kerja yang suka bergosip? Mungkin disetiap lingkungan kerja ada saja orang yang senang bergosip. Ada saja bahan yang dijadikan gunjingan, entah itu sesama rekan kerja, atasan, klien ataupun orang lainnya. Karena gosip yang berseliweran tidak terkontrol, menjadikan lingkungan kantor terkesan toxic.

Beberapa terkadang menjadi tidak nyaman dengan lingkungan seperti ini. Meski mereka bukan menjadi bahan pembicaraan, namun mereka mersa tidak nyaman. Lingkungan kantor yang penuh dengan gosip, merupakan lingkungan kerja yang kurang sehat loh.

Tak jarang beberapa orang terkadang memilih untuk resign demi menghindari gosip yang tidak terkontrol. Tentu resign juga bukan menjadi jalan keluar yang tepat untuk menghindari tersebut. Maka dari itu, kami akan memberikan beberapa tips mengindari gosip di kantor.

Tips Terhindar Dari Gosip Kantor

Tips Agar Terhindar Dari Gosip Kantor
Ilustrasi Menghindari Gosip | Image Source : Pexels.com
  1. Jangan memulai gosip

Jangan menjadi orang yang pertama nyang memulai untuk menyebar keburukan orang lain. Ini menjadi hal pertama yang harus kamu hindari. Untuk apa juga kamu mengusik keburukan orang yang tidak pernah menggunjing keburukan mu. Jika kamu kerap menggosipi orang, ini akan menjadi bumerang untuk diri kamu sendiri. Terlebih lagi jika kinerja mu pada perusahaan tersebut rendah. Maka kamu akan dicap penggosip dari pada karyawan yang teladan. Ingatlah bahwa ada karma yang berlaku pada siapa saja. Jadi, lebih baik menjauhi gosip dan tidak mencampuri urusan orang lain, sehingga hidupmu akan lebih tenang dan fokus dengan pekerjaan.

  1. Cukup menjadi pendengar

Jika rekan kerjamu memulai gosip dan kamu terjebak pada obrolan tersebut, maka kamu cukup diam dan menjadi pendengar. Jadi kamu tidak perlu menanggapi setiap obrolan mereka. Hindari untuk memberikan komentar seolah-olah kamu mendukung perkataan mereka. Lebih baik, jangan mencampuri urusan orang lain dan katakan jika kamu tidak mengetahui apapun yang mereka maksud. Lebih baik kamu meninggalkan tempat tersebut dengan mencari alasan untuk pergi.

  1. Jaga jarak dengan penggosip

Kamu tentu mengetahui mana saja rekan kerja kamu yang sering ngegosip, maka sebaiknya kamu jaga jarak dengan mereka. Jangan sampai kamy terseret dalam percakapan yang ujung-ujungnya gosip. Kebanyakan orang yang senang bergosip tidak dapat dipercaya. Selain itu, berteman dengan rekan kerja yang suka ngegosip akan dapat mengubah image kamu di mata rekan yang lainnya.

  1. Jangan cari pertahian ke atasan

Persaingan dunia kerja sangatlah ketat, banyak persaingan yang akhirnya menjadi bahan gunjingan. Terlebih hingga mencari perhatian, seperti menjilat, bahkan sampai melakukan apa saja agar dinilai baik oleh atasan. Ini justuru akan menjadi bahan gosip mereka yang suka ngegosip.

  1. Jangan kepo

Jika kamu ingin menghindari gosip, maka kamu jangan menjadi orang yang kepo. Ini dapat menjebak kamu untuk ikut menjadi pengosip loh. Dengan sifat kamu yang kepo, kamu akan mengulik lebih dlam dari gosip tersebut, sehingga kamu dapat menjadi penggosip pula. Sebaiknya hilangkan sifat kepo untuk gosip. Sebaiknya gunakan rasa ingin tahu kamu untuk belajar lebih dalam tentang pekerjaan.

Hindari Gosip Demi Karier Kamu Kedepan

Tips Agar Terhindar Dari Gosip Kantor
Hindari Gosip Demi Karier | Image Source : Shutterstock.com

Mengindari gosip perlu kamu lakuakn demi karier dan kesehatan mental kamu. Sehingga kamu akan dapat lebih konsentrasi dalam bekerja dan pikiran dipenuhi dengan pikiran positif. Dengan ini, atasan akan menilai kamu sebagai karyawan yang baik, sebab pekerjaan kamu selesai tepat waktu. Ini akan berdampak bagus untuk karier mu kedepannya.

Sekian artikel tentang Tips Terhindar Dari Gosip Kantor. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk menghindari biang gosip di kantor. Simak juga berbagai artikel menarik lainnya seputar dunia kerja hanya di BikinCV Blog.

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI