Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

7 Tanda Lingkungan Kerja Toxic dan Cara Mengatasinya

7 Tanda Lingkungan Kerja Toxic dan Cara Mengatasinya
Bagikan :

Lingkungan Kerja Toxic – Apabila kamu adalah seorang karyawan yang sedang berkerja di sebuah perusahaan, pastinya kamu menginginkan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan nyaman serta saling support satu sama lain. Namun, kondisi tersebut tidak dimiliki oleh semua tempat bekerja. terdapat banyak kantor yang memiliki lingkungan yang toxic.

Apakah lingkungan kerja yang toxic? Dan apa saja tanda – tanda dan bagaimana cara mengatasinya? Untuk lebih lengkapnya kamu dapat simak pembahasannya disini

Lingkungan Kerja yang Toxic 

Lingkungan Kerja yang Toxic
Lingkungan Kerja yang Toxic | Sumber : Istock

Apa itu lingkungan kerja toxic ? keadaan lingkungan kerja yang tidak sehat dan bisa menyebabkan orang didalamnya mengalami dampak negatif. Karyawan yang berada di lingkungan seperti itu akan mudah mengalami stress.

Selain mengganggu karyawan, lingkungan seperti itu akan mempengaruhi tempat kamu bekerja. Rusaknya performa karyawan karena tempat kerja yang toxic akan menyebabkan menurunya produktivitas perusahaan.

Kamu akan sulit untuk berkembang pada tempat kerja yang memiliki keadaan lingkungan tersebut.

Nah, sebelum kamu mengetahaui bagaimana cara mengatasi lingkungan kerja yang tidak sehat, kamu harus mengetahui apa saja tanda – tandanya yang dapat kamu lihat di bawah ini!

Tanda – Tanda Lingkungan Kerja Toxic 

Berikut ini adalah tanda-tanda lingkungan kerja yang tidak, apakah tempat berkerja kamu memiliki tanda-tanda berikut?

1. Komunikasi yang Buruk

Komunikasi yang Buruk
Rekan Kerja Memiliki Komunikasi yang Buruk Antar Karyawan | Sumber : Istock

Komunikasi yang tidak jelas dan efektif akan membuat sebuah konflik antar karyawan maupun atasan di tempat bekerjamu. Maka dari itu, pentingnya untuk berkomunikasi secara jelas dan efektif agar terhindar dari konflik kerja.

2. Atasan Kerja Toxic 

Atasan yang Toxic
Atasan yang Toxic | Sumber : Istock

Para atasan cenderung untuk meremehkan pekerjaan yang sudah kamu buat dan selalu bersikap gila hormat. Para bawahannya juga sering diberikan pekerjaan yang berlebih dan sering kali untuk melakukan pilih kasih antar karyawan satu dengan lainnya. Apabila terdapat atasan yang seperti itu di tempatmu bekerja, sudah di pastikan bahwa atasan kamu toxic !

3. Persaingan yang Saling Menjatuhkan 

Persaingan yang tidak sehat
Rekan Kerja Saling Iri | Sumber : Istock

Persaingan di kantor antar karyawan adalah hal yang wajar terjadi. Namun, apabila persaiangan tersebut dilakukan dengan cara yang tidak sehat akan menyebabkan konflik sehingga membuat lingkungan kerja menjadi tidak sehat.

Video Dari BikinCV

4. Beban Kerja yang Tidak Seimbang

Beban Kerja yang Tidak Seimbang
Beban Kerja yang Tidak Seimbang | Sumber : Istock

Deskripsi pekerjaan biasanya sudah di informasikan sebelum kamu menanda tangani kontrak kerja kamu. Namun seiring berjalannya waktu karyawan di beberapa tempat kerja cenderung diberikan beban kerja yang berbeda dengan karyawan yang lain. Hal tersebut, bisa disebabkan oleh beberapa faktor dan pertimbangan para pimpinan. Namun, tidak jarang para karyawan terganggu akan hal tersebut.

5. Rekan Kerja yang Tidak Saling Support

Rekan kerja yang saling menjatuhkan
Teman kerja yang saling menjatuhkan | Sumber : Istock

Rekan kerja yang tidak saling mendukung di kantor dapat ditandai dengan beberapa perilaku dan sikap yang merugikan kerjasama tim, seperti ketidak pedulian pekerjaan bersama dan terlalu fokus akan diri sendiri, bersikap egois dan hanya ingin menang sendiri, kritik yang terlalu berlebihan dan beberapa sikap – sikap negatif lainnya.

6. Rekan Kerja Senang Gosip di Kantor 

Gosip di Kantor
Gosip di Kantor | Sumber : Istock

Salah satu tanda lingkungan kerjamu adalah lingkungan yang toxic adalah banyaknya rekan kerja kamu yang senang bergosip di kantor. Menyebar gosip atau rurmor yang tidak benar akan menyebabkan perasaan yang kurang nyaman bagi karyawan yang di gosipkan. Sebagai akibatnya akan membuat kesehatan mental karyawan yang terkenan gosip akan terganggu.

7. Tidak Ada Kesempatan Bagi Karyawan Untuk Berkembang 

Karyawan Tidak Dapat Kesempatan Berkembang
Karyawan Tidak Dapat Kesempatan Berkembang | Sumber : Istock

Lingkungan kerja yang toxic akan membuatmu sulit untuk berkembang, kenapa ? Karena perusahaan yang memiliki lingkungan seperti itu jarang untuk mengadakan pelatihan bagi karyawannya sehingga membuat kemampuan mereka stuck di situ – situ saja.

Apa Saja Cara Untuk Mengatasi Lingkungan Kerja Toxic? 

Nah, setelah kamu tahu tanda – tandanya, kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan cara yang dapat kamu simak di bawah ini !

1. Fokus Dengan Pekerjaan dan Dirimu Sendiri 

Untuk mengatasi lingkungan kerja yang tidak sehat, hal yang kamu bisa lakukan adalah fokus dengan dirimu dan pekerjaaan yang sudah menjadi tanggung jawabmu. Dengan cara itu, kamu dapat bekerja dengan serius sehingga tidak mempengaruhi kinerja tempat kamu bekerja.

2. Temukan Orang yang Merasa Sama 

Temukan rekan kerja yang memiliki pendapat yang sama dengan kamu tentang tempat kerja yang toxic. Dengan itu, kalian dapat melewati lingkungan kerja yang toxic.

3. Tetap Positif dan Selalu Bersikap Profesional

Kamu harus selalu tampil positif dan apa adanya di kantor. Dengan hal tersebut, kemungkinan akan membuat lingkungan kerja kamu akan kembali sehat. Apabila terjadi konflik dan kamu terlibat, kamu harus bersikap profesional dalam menghadapi konflik tersebut.

4. Temukan Support System Kamu Tersendiri 

Setelah melewati hari di kantor, kamu akan merasa lelah dan jenuh. Untuk mengatasi hal tersebut, penting bagi kamu untuk mencari support system.

5. Cari Hobi 

Carilah hobi yang dapat menghilangkan rasa jenuh kamu setelah bekerja. Hobi seseorang berbeda – beda misalnya seperti bermain bola, bermain game atau menonton film di Netflix.

6. Siapkan Alasan Kamu Untuk Resign Dari Lingkungan Kerja Toxic

Apabila kamu tetap tidak nyaman di lingkungan kerjamu yang toxic. Kamu dapat mencari alternatif lain yaitu resign dan mencari lowongan kerja yang baru.

Lingkungan kerja yang toxic dapat memiliki dampak negatif pada kesejahteraan karyawan, motivasi, dan produktivitas dari sebuah perusahaan. Pentingnya para pimpinan dan juga departemen yang menaungi urusan karyawan yaitu HRD untuk mencegah lingkungan kerja yang Toxic. Apabila kamu sudah tidak tahan lagi, mungkin kamu harus mencari alternatif lain seperti mencari lowongan kerja baru sesuai dengan kemampuan dan minat kamu.

Semoga Bermanfaat !

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI