Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

Tips Kerja Sambil Kuliah Yang Wajib Diketahui Mahasiswa

Tips Kerja Sambil Kuliah Yang Wajib Diketahui Mahasiswa

Tips Kerja Sambil Kuliah Yang Wajib Diketahui Mahasiswa – Mungkin kuliah sambil bekerja bukanlah yang asing lagi. Banyak mahasiswa yang mengenyam pendidikan sembari menambah penghasilan dengan memanfaatkan waktu luang mereka. Meski menyita banyak waktu, namun hal ini juga penting loh untuk kamu lakukan.

Pendidikan sangatlah penting untuk menunjang karir kamu nantinya. Selain itu, kamu juga perlu keahui bahwa persaingan kerja juga semakin besar seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, tak jarang mahasiswa dan mahasiswi mengatur waktu agar bisa kerja sambil kuliah.

Saat ini sudah banyak terdapat Universitas yang menerapkan kelas-kelas untuk mahasiswa yang kerja sambil kuliah. Kuliah biasanya berlangsung pada malam hari ketika sudah pulang kerja atau hari sabtu yang menerapkan waktu libur kerja untuk sebagian juusan.

Nah untuk kamu yang tertarik kerja sambil kuliah, kamu bisa melakukan beberapa cara ini sebagai langkah awal. Tips berikut ini membantu kamu tetap fokus terhadap pelajaran dan juga pekerjaan kamu.

Tips Kerja Sambil Kuliah

1. Atur jadwal sehari-hari

Tips Kerja Sambil Kuliah Yang Wajib Diketahui Mahasiswa
Ilustrasi Kelender | Image Source : iStockphoto.com

Agar bisa tetap mengikuti perkuliahan dan menyelesaikan pekerjaan tanpa meninggalkan salah satunya, cobalah untuk mengatur waktu kamu. Kamu bisa membuat daftar jadwal perkuliahan kamu setiap hari dari jam berapa sampai jam berapa.

Begitu pula dengan jadwal pekerjaan, kamu dapat menyusun rundown yang telah disesuaikan dengan jadwal kuliah kamu. Buatlah kamu harus menyelesaikan pekerjaan jam berapa, lalu mengerjakan tugas kuliah di hari apa dan berapa lama. Ini tentunya akan dapat membantu kamu mengatur waktu.

Mengatur jadwal akan memudahkan kamu untuk menyesuaikan dan mengerjakan semuanya dengan rapi tanpa tergesa-gesa. Ini juga menjadi pedoman untuk kamu melakukan kegiatan sehari-harinya. Bayangkan jika kamu tidak mengatur waktumu sedemikian rupa, tentu tidak akan berjalan sesuai dengan waktunya.

2. Mengurangi waktu untuk liburan

Tips Kerja Sambil Kuliah Yang Wajib Diketahui Mahasiswa
Ilustrasi Nongkrong | Image Source : iStockphoto.com

Memiliki pemasukan setiap bulannya tak jarang membuat kamu ingin menghabiskan waktu dengan bersantai atau berlibur. Contohnya saja, pada usia mudah tentunya akan tergoda menghabiskan waktu untuk nongkrong dengan teman-teman.

Saat kamu memutuskan untuk kerja sambil kuliah, sebaiknya hindari menghabiskan waktu luang untuk hal-hal yang dapat mengganggu kerja dan kuliah kamu. Bukan berarti tidak boleh, namun kurangi saja waktu untuk berpergian atau nongkrong.

Waktu terbuang sia-sia jika kamu habiskan untuk liburan atau sekedar berbincang-bincang. Sebaiknya kamu manfaatkan waktu yang ada untuk menyelesaikan segala urusan perkuliahan atau pekerjaan untuk mengurangi beban kamu.

Sebenarnya, waktu untuk nongkrong berbincang-bincang ini perlu untuk kamu, namun ingat jangan terlalu sering. Cobalah untuk manfaatkan waktu luang kamu. Misalkan dalam satu bulan sekali, agar kamu menggunakan waktu luang lain guna melakukan kegiatan sehingga tidak mengganggu waktu.

3. Prioritaskan hal penting

Tips Kerja Sambil Kuliah Yang Wajib Diketahui Mahasiswa
Ilustrasi Memprioritaskan Sesuatu | Image Source : iStockphoto.com

Setiap harinya kamu akan memiliki prioritas yang harus kamu utamakan dibandingkan hal lainnya. Pikirkanlah apa yang akan kamu lakukan esok hari dan tentunkan mana yang menjadi prioritas. Dengan ini, kamu dapat menyesuaikan apa yang akan kamu kerjakan dengan dedline pekerjaan kamu. Selain itu, kamu juga akan mempercepat kerja kamu karena telah mengetahui apa yang harus dikerjakan.

4. Pilih kuliah online

Tips Kerja Sambil Kuliah Yang Wajib Diketahui Mahasiswa
Ilustrasi Kuliah Online | Image Source : iStockphoto.com

Kini hampir semua universitas menerapkan pembelajaran berbasis online, mengingat saat ini masih pandemi covid-19. Selain karena itu, sudah ada beberapa universitas yang memang memungkinkan mahasiswanya untuk belajar secara online. Jadi kamu tidak harus belajar tatap muka ke kampus.

Sistem kuliah ini dapat memudahkan kamu untuk bekerja sembari kuliah. Dengan ini juga kamu dapat menggunakan awaktu kamu lebih banyak untuk melakukan berbagai aktivitas lainnya.

Kuliah online ini juga dapat menguntungkan kamu yang bekerja menggunakan sistem sift, sehingga tetap bisa berkuliah. Tapi jangan lupa untuk tetap fokus menggunakan waktu luang kamu untuk mengerjakan urusan kuliah sehingga bisa mengurangi beban kerja.

5. Sampaikan ke atasan jika kamu sedang menjalani kerja sambil kuliah

Tips Kerja Sambil Kuliah Yang Wajib Diketahui Mahasiswa
Ilustrasi Sedang Berbicara Dengan Atasan | Image Source : iStockphoto.com

Jangan lupa untuk menyampaikan kepada atasan jika kamu sedang kerja sambil kuliah, agar atasan mengetahuinya. Pastinya akan ada momen dimana kamu melakukan izin untuk kegiatan kuliah. Maka dari itu, sebaiknya beritahu atasanmu agar dapat dimaklumi dan mempermudah langkah kamu ke depannya.

Jika memungkinkan, kamu dapat bekerja pada perusahaan yang mendukung karyawannya untuk melanjutkan pendidikan. Dengan ini, langkah kamu bisa lebih mendapatkan keringanan ketika perlu waktu kuliah. Cobalah komunikasi yang baik dengan pihak atas, pasti mereka akan mengerti tentang posisi kamu.

6. Istirahat ketika waktu senggang

Tips Kerja Sambil Kuliah Yang Wajib Diketahui Mahasiswa
Ilustrasi Istirahat | Image Source : iStockphoto.com

Setelah menghabiskan waktu berhari-hari untuk bekerja dan kuliah, tentu sangalah melelahkan. Maka kamu bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk beristirahat. Ini tentunya penting untuk kesehatan kamu, agar tidak sakit setelah beraktifitas seharian.

Merefleksikan tubuh untuk beristirahat merupakan bagian dari kebutuhan. Agar tubuh tetap fit dan bugar ketika melakukan aktivitas, maka istirahatlah secukupnya. Itulah mengapa kamu harus memanfaatkan waktu luang untuk beristirahat secara maksimal.

***

Sekian Tips Kerja Sambil Kuliah Yang Wajib Diketahui Mahasiswa. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang ingin kerja sambil kuliah. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik seputar dunia kerja hanya di BikinCV Blog.

Terima kasih telah membaca, tetap semangat!

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI