Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

Kerja di Kapal Pesiar : Cara, Syarat, dan Jenis Pekerjaannya

Kerja di Kapal Pesiar Cara, Syarat, dan Jenis Pekerjaannya
Bagikan :

Kerja di Kapal Pesiar – Bagi kamu yang baru saja lulus SMA/SMK atau baru saja lulus dari jurusan perhotelan maupun pariwisata pastinya akan tertarik untuk Kerja di Kapal Pesiar.

Prospek kerja yang bagus dan gaji yang tinggi membuat banyak orang tertarik untuk bekerja di industri tersebut. Selain menawarkan gaji yang tinggi, dengan bekerja industri ini kamu juga dapat keliling dunia secara gratis!

Kerja di Kapal Pesiar memang menarik, lalu apa cara dan syarat serta apa saja jenis pekerjaan yang tersedia ? Nah, pertanyaan – pertanyaan itu akan kita bahas di artikel ini. Lalu tunggu apalagi yuk simak ulasannya di bawah ini !

Cara dan Syarat Untuk Kerja di Kapal Pesiar

Tata Cara dan Persyaratan Bekerja di Kapal Pesiar
Tata Cara dan Persyaratan Bekerja di Kapal Pesiar – Sumber : Istock

Bekerja sambil liburan keliling dunia membuat banyak orang berminat untuk bekerja di industri ini. Untuk mempermudah kamu mendapatkan pekerjaan di kapal pesiar, berikut terdapat cara dan persyaratan yang dapat kamu ikuti.

Memiliki Kemampuan Berkomunikasi yang Baik 

Dapat berkomunikasi dengan baik sangat penting di dunia kerja terutama menggunakan bahasa inggris. Apabila kamu bekerja di industri pesiar, kamu akan menemui banyak orang dari berbagai negara.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Kondisi Sehat Jasmani dan Rohani 

Seorang anggota kru di kapal pesiar harus memiliki keadaan fisik yang prima, karena ini berhubungan dengan efisiensi dan kewajiban pekerjaan selama kapal berlayar. Selain kondisi fisik yang baik, penting bagi kru kapal pesiar untuk menjaga kesehatan mental mereka agar dapat bekerja dengan baik dalam situasi yang menekan.

Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa pemeriksaan kesehatan rutin menjadi salah satu persyaratan utama bagi mereka yang ingin bekerja di kapal pesiar.

Memilih Pekerjaan Sesuai Kemampuan

Terdapat beberapa pekerjaan yang dapat dipilih untuk dilamar di kapal pesiar. Oleh karena itu, disarankan untuk menyesuaikannya dengan keahlian yang dimiliki, baik itu di bidang pelayanan ataupun manajemen

Video Dari BikinCV

Jika sudah memiliki pengalaman dalam salah satu bidang tersebut, akan lebih mudah untuk memahami tugas dan tanggung jawab yang diemban. Namun, jika belum memiliki pengalaman, disarankan untuk mempelajari terlebih dahulu tanggung jawab dan pekerjaan yang terkait dengan jabatan yang akan dilamar.

Menggunakan Jasa Penyaluran Kerja di Kapal Pesiar 

Untuk mempermudah kamu bekerja di industri pesiar, menggunakan jasa penyaluran kerja adalah hal yang tepat. Salah satu agen jasa penyaluran kerja di Indonesia adalah World Cruise Academy.

Dengan menggunakan agensi, kamu akan mendapatkan informasi tentang dokumen, kontrak kerja, dan masa training yang dibutuhkan dari setiap perusahaan. Informasi ini akan membantu dalam mempersiapkan diri kamu sebelum melamar.

Mengikuti Pelatihan BST 

Pasti banyak dari kalian yang tidak mengetahui apa itu BST. Basic Safety Training (BST) merupakan latihan dasar untuk tindakan penyelematan diri di kapal pesiar yang harus dimiliki oleh semua kru kapal.

Mempersiapkan Dokumen 

Terdapat beberapa dokumen yang harus disiapkan apabila kamu berminat Kerja di Kapal Pesiar. Dokumen sertifikat BST, Seaman Book, Laporan Medical Check Up, Paspor, Visa Kerja dan CV serta Surat Lamaran Kerja adalah beberapa dokumen yang harus kamu siapkan.

Beberapa perusahaan juga akan meminta Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri yang diterbitkan oleh Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja (BNP2TKI).

Memahami Lingkungan Kerja di Kapal Pesiar 

Sebelum melamar sebagai karyawan di kapal pesiar, penting untuk kamu mendalami budaya dan lingkungan kerja disana. Bekerja di kapal pesiar memerlukan tingkat dedikasi yang tinggi, karena biasanya karyawan tidak dapat kembali ke rumah dan bersama keluarga selama periode yang bisa mencapai 3 hingga 6 bulan bahkan sampai 1 tahun.

Selain itu, kamu akan sering berpindah lokasi dan interaksi dengan penumpang serta kru dari berbagai negara. Jika tidak mampu beradaptasi atau kurang memahami dinamika lingkungan kerja yang akan dihadapi, kemungkinan besar akan mengalami kebingungan dan menghadapi culture shock.

Jenis Pekerjaan di Kapal Pesiar

Bekerja di Kapal Pesiar
Bekerja di Kapal Pesiar – Sumber : Istock

Terdapat beberapa pekerjaan yang bisa kamu lamar apabila berniat untuk Kerja di Kapal Pesiar. Berikut ini terdapat beberapa rangkuman pekerjaannya!

Nah itu dia tadi artikel tentang Kerja di Kapal Pesiar. Yuk simak artikel lainnya tentang CV lamaran kerja  yang dapat kamu gunakan melamar pekerjaan di industri pesiar.

 

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI