Tips Agar Kontrak Kerja Diperpanjang Perusahaan

Tips Agar Kontrak Kerja Diperpanjang Perusahaan

Tips Agar Kontrak Kerja Diperpanjang Perusahaan – Masih menjadi karyawan kotrak? Yuk simak tips untuk karyawan kotrak agar kotraknya diperpanjang oleh perusahaan.

Seorang karyawan kontrak pada seuatu perusahaan akan bekerja sesuai dengan waktu yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Biasanya kontrak kerja ditandatangani saat setelah dinyatakan diterima untuk bekerja pada perusahaan tersbut. Dalam masa kerja tersebut, karyawan akan mendapatkan tanggung jawab dan hak yang sesuai dengan isi kontrak yang ditandatangani.

Jika masa kontrak telah habis, bukan berarti karyawan tersbut tidak bisa bekerja lagi di tempat tersebut. Biasanyan perusahaan akan memberikan kesempatan untuk mengabdi kembali di perusahaan. Namun hal ini dilakukan jika pihak perusahaan cocok dengan kinerja dari karyawan tersebut selama masa kerjanya.

Perlu kamu ketahui, bahwa karyawan memiliki hak untuk memperpanjang atau tidak kontrak karyawan. Perusahaan memiliki alasan untuk tidak memperpanjang jika mereka melihat kinerja karyawan tersebut kurang memenuhi standar kerja dibandingkan karyawan lain.

Biasanya, untuk karyawan kontrak yang kontrak kerjanya tidak diperpanjang, pada akhir kontrak biasanya akan dikirimkan surat. Surat ini berisikan tentang pemberitahuan kontrak telah usai dan tidak diperpanjang kembali. Maka dari itu, karyawan tersebut dipastikan tidak melanjutkan untuk bekerja.

Tips Agar Kontrak Kerja Diperpanjang

Tips Agar Kontrak Kerja Diperpanjang Perusahaan
Ilustrasi Perpanjang Kontrak Kerja | Image Source : Pexels.com

1. Bekerjalah sesuai jobdesk

Saat melalukan tanda tangan kontrak kerja, tentu kamu akan membaca secara teliti apa saja yang ada dalam kerja kontrak tersebut. Mulai dari gaji, hari libur, SOP atau jobdesk yang akan menjadi tanggung jawab. Jadi hal pertama yang harus kamu lakukan agar kontrak dapat diperpanjang dengan cara bekerja sesuai dengan jobdesk. Jangan pernah mengabaikan a[a yang menjadi jobdesk dan tanggung jawabmu. Maka dengan ini kinerjamu akan dilihat oleh perusahaan.

2. Jangan tunda-tunda pekerjaan

Saat kamu bekerja sesuai dengan jobdesk tanpa memperhitungkan target. Maka kamu juga belum aman dan bisa jadi kontrak kerja tidak akan diperpanjang. Sebab perusahaan menilai kamu tidak dapat bekerja secara efektif. Bekerjalah dengan efektif salah satunya dengan cara tidak menunda pekerjaan. Serahkan hasil kerja sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan atau 2-3 hari lebih cepat dari batas waktu yang ditetapkan atasan.

3. Aktif dalam bekerja

Dalam bekerja, kamu harus aktif, kreatif dan inovatif. Jangan hanya mengerjakan sesuai jobdeskmu, kamu juga dapat membantu rekan kerjamu menyelesaikan tugasnya jika memungkinkan. Perusahaan juga melihat karyawan yang aktif dengan pekerjaan yang bahkan bukan merupakan jobdesk. Hal ini akan memberikan nilai plus bagi karyawan dan dianggap sebagai karyawan serba bisa. Sehingga perusahaan akan berfikir untuk melepaskan.

4. Jangan bermalas-malasan

Jenuh bekerja merupakan hal yang sering dirasakan setiap karyawan, dan tentunya kamu menjadi malas saat bekerja. Malas itu muncul bisa juga karena masa kerja yang singkat. Kamu haruslah optimis dan yakin bahwa ketika kamu bekerja keras maka kontrak kerjamu akan diperpanjang. Bahkan tidak menutup kemungkinan kamu diangkat menjadi karyawan tetap oleh perusahaan.

5. Dekati atasan

Meski hal ini membuat kamu terlihat mencari mukan, namun hal ini terbukti efektif dilakukan sebagian orang untuk mengamankan statusnya. Namun cara ini harus kamu lakukan dengan elegan tanpa harus menjatuhkan rekan kerjamu yang lainnya. Kamu hanya perlu bekerja dengan baik dan tunjukan hal tersebut kepada atasan agar atasa mengetahui bahwa hasil kerjamu juga berkontribusi terhadap kesuksesan perusahaan.

Sekian artikel Tips Agar Kontrak Kerja Diperpanjang, semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang menjadi karywan kontrak. Jangan menyerah, tetaplah semangat mengejar impian dan selalu tingkatkan kinerja agar dapat dipertimbangkan oleh perusahaan. Simak juga berbagai artikel menarik lainnya seputar dunia kerja hanya di BikinCV Blog.

Bagikan Yuk :

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI