Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

Cara Bikin CV di Microsoft Word Yang Baik dan Benar

Cara Bikin CV di Microsoft Word Yang Baik dan Benar
Bagikan :

Cara Bikin CV di Microsoft Word – Mempersiapkan diri sebelum melamar kerja tentunya menjadi hal penting, yang tak kalah penting adalah mempersiapkan CV dan surat lamaran kerja. Saat melamar kerja, berkas-berkas ini harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin, sebab dari CV inilah HRD akan dapat menilai dirimu sebelum melakukan dinyatakan lolos ke tahap interview.

Agar dapat lolos tahap perekrutan, kamu harus bikin CV yang baik dan benar, serta dapat menarik perhatian HRD. Banyak yang belum mengetahui cara bikin CV yang menarik. Beberapa orang kerap kebingungan mencari tempat pembuatan CV, agar membuat CV lebih mudah dan praktis. Sebenarnya, kini kamu dapat bikin CV dengan mudah, terlebih kini tersedia banyak tempat pembuatan CV.

Ada banyak cara membuat CV agar lebih mudah, seperti menggunakan platform membuat CV online atau CV Maker, atau aplikasi seperti Adobe Illustrator. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Microsoft Word untuk bikin CV gratis. Mungkin membuat CV di Word sudah tidak asing lagi di telinga dan sudah banyak yang menggunakannya.

Di Microsoft Word kamu akan menemukan banyak template cv menarik. Meski telah banyak yang tahu, ternyata masih ada beberapa orang yang belum mengetahui cara pembuatannya dengan jelas. Nah jika kamu ingin Bikin CV di Word, berikut ini kami akan memberitahu cara membuatnya.

Cara Buat CV di Microsoft Word

1. Buka aplikasi Microsoft Word

Cara Bikin CV di Microsoft Word Yang Baik dan Benar

2. Klik “Resume and Cover Letters”

Video Dari BikinCV

3. Pilih template CV yang sesuai

4. Klik “Create”

Setelah itu, kamu akan masuk ke proses pengeditan CV. Di sini, kamu hanya perlu memasukan semua informasi pribadi ke dalam CV. Beberapa informasi ini seperti :

  • Data diri

Data diri merupakan hal penting yang harus dibuat dengan lengkap, seperti nama, foto, tempat dan tanggal lahir, no. telepon, email aktif, dll. Usahakan buat data diri dengan baik dan benar, serta lengkap. Pastikan juga apa yang kamu tulis dapat dibaca dengan baik oleh pihak rekruter, untuk itu hindarilah typo.

  • Deskripsi diri

Bagian satu ini merupakan bagian yang sangat penting untuk diisi pada CV. Di sini kamu dapat menulis hal penting dalam dirimu seperti secara singkat, padat dan jelas. Bagian tentang saya pada CV sebaiknya menggunakan bahasa formal dalam maksimal 3 kalimat, dan tidak bertele-tele.

  • Riwayat pendidikan

Riwayat pendidikan merupakan hal yang harus diisi pada CV, sebab perekrut ingin mengetahui latar belakang pendidikan dan nilai selama menempuh pendidikan. Isilah bagian satu ini dengan jelas, agar dapat mudah dibaca.

  • Pengalaman kerja

Pengalaman kerja merupakan salah satu hal yang penting pada CV, setiap CV akan mencantumkan pengalaman kerja. Cantumkanlah pengalaman kerja yang kamu miliki, lengkap dengan lama bekerja dan deskripsi pekerjaan.

  • Keterampilan/skill

Skill atau keterampilan ini sangat dibutuhkan dalam bekerja, maka pada CV akan ada bagian satu ini. Keterampilan sangat berpengaruh di dunia kerja, ini menjadi salah satu alat yang memberikan kamu peluang masuk ke dunia kerja semakin besar. Maka dari itu, cantumkanlah skill yang kamu miliki dan pastikan skill tersebut relevan dengan posisi yang kamu lamar.

5. Simpan CV

Jika kamu membuat CV di Word, CV yang kamu buat akan tersimpan dengan format .docx. Bila kamu ingin mengubah formatnya ke PDF, maka pilih menu “File”, kemudian pilih “Export”. Di sana kamu akan melihat pilihan untuk export (menyimpan) CV kamu dalam format PDF.

Contoh CV Menarik Microsoft Word

Cara Bikin CV di Microsoft Word Yang Baik dan Benar

Nah buat kamu yang mau download template CV yang bisa diedit melalui Word secara gratis, bisa banget nih kamu CVResume.co. Di website ini kamu bakalan dapetin banyak banget template CV Word FREE atau template resume FREE.

Di atas tadi adalah cara bikin CV di word serta contoh CV yang baik dan benar. Kamu bisa download salah satu CV Word di website CVresume.co. Sekian informasi ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang berkeinginan membuat CV di microsoft word. Simak berbagai informasi menarik dan contoh cv lainnya hanya di bikinCV blog.

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI