Update terakhir : November 4, 2020

Cara Mengisi Bagian “Tentang Saya” Pada CV – Dalam melamar pekerjaan, sudah dipastikan menyertakan CV adalah hal yang terpenting. Karena CV merupakan salah satu berkas yang pasti menjadi pertimbangan oleh HRD dalam menyeleksi calon karyawannya. Didalam CV biasanya akan terdapat beberapa data yang harus kalian lengkapi. Seperti data diri yang berisi nama, tempat dan tanggal lahir, status, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Selain data diri, ada juga bagian keahlian, riwayat pendidikan, hobi, pengalaman organisasi, prestasi dan data lainnya. Semua data yang ada di CV usahakan kalian buat dengan benar dan jujur. Karena jika kalian membuatnya dengan bohong akan berdampak dikemudian hari jika kalian diterima di perusahaan tersebut.

Dari keseluruhan data yang ada pada CV. Ada beberapa bagian yang menjadi daya tarik HRD adalah bagian pengalaman kerja, riwayat Pendidikan dan pada bagian “Tentang Saya”. Untuk penulisan data pengalaman kerja dan riwayat pendidikan pastinya tidaklah sulit karena pada bagian ini ditulis berdasarkan data valid. Namun, untuk penulisan pada bagian “Tentang Saya” terkadang masih menyulitkan bagi sebagian orang. Hal ini terjadi dikarenakan bagi mereka yang kurang bisa menjelaskan kelebihan dirinyalah yang menjadi kendala dalam mengisi bagian “Tentang saya”. Pada artikel ini kita akan bahas bagaimana Mengisi Bagian “Tentang Saya” pada CV kalian.

Penjelasan Tentang Bagian “Tentang Saya”

Cara Mengisi Bagian "Tentang Saya" Pada CV
Cara Mengisi Bagian “Tentang Saya” Pada CV | Image Source : Pexels.com

Bagian “Tentang Saya” ini merupakan bagian yang berisi penjelasan singkat tentang diri kalian secara keseluruhan. Biasanya pada bagian ini kalian bisa buat hanya dalam satu paragraf saja. Usahakan dalam penulisannya kalian buat semenarik mungkin namun dengan jujur.

Cara Mengisi Bagian “Tentang Saya” Pada CV

Ada beberapa point yang harus kalian perhatikan dalam mengisi bagian “Tentang Saya”, yaitu:

  1. Tidak Perlu Menyebutkan Nama dan Domisili
    Dalam penulisan di “Tentang Saya”, kalian tidak lah perlu menuliskan nama kalian dan domisili kalian. Karena untuk data diri sudah tertera pada bagian biodata kalian.
  2. Hindari Mengisi Harapan dan Janji
    Hal ini harus kalian hindari untuk diisi pada bagian “Tentang Saya”. Karena perusahaan yang akan kalian lamar lebih memerlukan skill kalian dari pada harapan dan janji kalian yang ada kemungkinan palsu.
  3. Tuliskan Skill dan Kemampuan Kalian Sesuai dengan Posisi yang Dilamar
    Hal ini adalah yang menjadi daya tarik paling ampuh untuk kalian tuliskan pada bagian “Tentang Saya”. Karena pertimbangan terbesar dalam melamar pekerjaan adalah skill dan kemampuan. Usahakan skill dan kemampuan yang kalian tuliskan adalah skill dan kemampuan yang sesuai dengan posisi lowongan yang akan kalian lamar. Hindari penulisan skill dan kemampuan diluar jobdesk posisi lowongan tersebut. Hal ini selain agar kalian tidak terlihat berbohong. Hal ini juga membantu kalian memberi citra bahwa kalian memang berkompeten untuk mengisi lowongan tersebut.

Contoh Kalimat Untuk Bagian “Tentang Saya”

Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang baik untuk bagian “Tentang Saya” pada CV:

 

1. Melamar Untuk Posisi Desain Grafis
Saya seorang freshgraduate yang memiliki kemampuan dalam mendesain berbagai macam media promosi seperti spanduk, kemasan, dan desain promosi media social. Saya menguasai software desain seperti Photoshop, Corel Draw dan Adobe Ilustrator dengan sangat baiki.

2. Melamar Untuk Posisi CS, Teller/Perbankan
Saya adalah orang yang disiplin waktu dalam menyelesaikan pekerjaan. Untuk saat ini saya sangat menyukai dunia perbankan dan juga memahami berbagai macam produk perbankan. Saya juga menguasai computer dengan sangat baik.

3. Melamar Untuk Posisi Accounting/Keuangan
Saya sangat berpengalaman dalam 2 tahun bekerja sebagai accounting. Saya juga memiliki kemampuan dalam membuat laporan laba rugi, menghitung pajak dan juga sangat mengerti tentang dunia accounting dengan baik.

Itulah beberapa tips dan mengenai penulisan pada bagian “Tentang Saya”. Pahamilah agar kalian tidak lagi merasa kebingungan dalam mengisi bagian tersebut pada CV kalian.

Semoga membantu!

Mau buat CV dengan template yang menarik? Yuk bikin saja di BikinCV.com, platform pembuatan CV secara online yang tentunya cepat, murah, dan praktis. Dengan banyak template yang menarik, Yuk bikin cv menarik di BikinCV.com