Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

Contoh Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi Bahasa Bali Dengan Artinya

Contoh Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi Bahasa Bali Dengan Artinya
Bagikan :

Contoh Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi Bahasa Bali Dengan Artinya – Ucapan hari raya nampaknya menjadi sangat wajib yang akan diberikan untuk kerabat dan semua umat yang merayakan hari besar tersebut.

Dewasa ini, tidak hanya sebagai ucapan yang akan diberikan kepada kerabat. Namun, tidak jarang juga digunakan sebagai caption pada postingan disaat hari raya tersebut. Contohnya Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi.

Kapan Nyepi 2024?

Sesuai dengan kalender Bali 2024, Hari raya Nyepi tahun masehi 2024 jatuh pada tanggal Senin, 11 Maret 2024 (Tahun Baru Caka 1946)

Berikut kami akan berikan beberapa contoh ucapan hari raya Nyepi yang cocok untuk anda.

Perayaan Hari Raya Nyepi Jatuh Pada

Hari raya nyepi adalah hari raya yang dilaksanakan oleh umat Hindu yang dirayakan setiap Tahun Baru Caka. Nyepi jatuh pada perayaan tilem kesangan (ke-9), dimana merupakan hari penyucian para Dewa yang berada dipusat samudra yang membawa intisari amerta air hidup. Nyepi berasal dari kata sepi (sunyi, senyap).

Perayaan hari raya Nyepi juga merupakan Tahun Baru Hindu berdasarkan penanggalan pada kalender bali. Pada hari suci ini, tidak ada aktivitas seperti biasanya. Semua kegiatan ditiadakan, termasuk pelayanan umum juga turut ditiadakan seperti penerbangan dan bandara ditutup. Yang hanya buka adalah rumah sakit.

Perayaan hari suci Nyepi bertujuan untuk memohon kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa untuk menyucikan Bhuana alit (alam manusia) dan Bhuana Agung (alam semesta).

Sebelumnya haris suci Nyepi, ada beberapa rangkaian upacara yang dilakukan umay Hindu, khususnya di Bali. Adapun beberapa rangkaian acaranya seperti berikut,

Contoh Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi Bahasa Bali Dengan Artinya
Contoh Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi Bahasa Bali Dengan Artinya | Image Source : https://bit.ly/2EFKhEU

Rangkaian Acara Sebelum Hari Raya Nyepi

1. Melasti

Sebelum hari nyepi, semua sarana persembahyangan yang ada dipura semuanya diarak menuju pantai atau danau untuk disucikan. Kenapa pantai atau danau?, Karena pantai atau danau adalah pusat air suci (tirta amerta) untuk menghilangkan sifat leteh dalam diri manusia dan alam.

2. Pecaruan

Tepat pada hari tilem kesangan atau sehari sebelum perayaan nyepi akan ada proses pecaruan sebelum acara pengerupukan (pengarakan ogoh-ogoh). Upacara Bhuta Yadnya ini dilakukan di seluruh desa adat, kecamatan, kabupaten dan kota di Bali. Prosesi pecaruan ini bertujuan untuk penyucian/pemarisuda bhuta kala dan segala leteh (kotor) agar semuanya sirna. Pecaruan ini juga dilakukan pada rumah masing-masing dengan tujuan yang sama. Prosesi ini wajib dilakukan umat Hindu di Bali agar menetralisir kekuatan negatif dan leteh/kekotoran yang ada dialam semesta ini.

Video Dari BikinCV

3. Pengerupukan

Dihari yang sama pada tilem kesangan. Setelah prosesi pecaruan, masyarakat Bali akan mengadakan pengarakan ogoh-ogoh yang sudah dibuat sebulan sebelum pengerupukan ini. Ogoh-ogoh berbentuk Bhuta Kala dengan wujud yang menyeramkan. Ogoh-ogoh akan diarak mengelilingi desa adat dengan diiringi gambelan dan obor dengan tujuan dapat menghusir bhuta kala. Setelah diarak, ogoh-ogoh ini akan dibakar di setra desa adat masing-masing.

Keesokan harinya adalah hari raya Nyepi. Yang dimana masyarakat tidak diperbolehkan untuk keluar rumah dan menaati Catur Brata Penyepian. Pada saat nyepi, semua jalan yang ada dibali akan ditutup dan dijaga oleh keamanan desa adat (Pecalang). Pada malam hari, masyarakat tidak diperkenankan menghidupkan lampu, terkecuali sedang mempunyai bayi dan orang yang mengalami sakit.

Contoh Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi Bahasa Bali Dengan Artinya

1. Rahejeng Rahina Jagat Nyepi Warsa Anyar Caka 1943. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi ngicenin kerahayuan lan kerahajengan jagat Bali.

“Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1943. Semoda Ida Sang Hyang Widhi memberikan keselamatan dan kedamaian alam Bali.”

2. Ring dinane sane mangkin. Ngiring sikiang pikayun, mangdane ring dinane sane suci puniki, iraga ngemohilang kerahayuan lan kerahajengan antuk Bhakti majeng ring Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Rahajeng Rahina Jagat Nyepi lan Warsa Anyar Caka 1943.

“Dihari ini. Mari kita satukan pikiran, agar dihari yang suci ini, kita mendapatkan keselamatan dan kerahayuan dengan Bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Selamat Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Caka 1943”

3. Rahajeng Rahina Suci Nyepi lan Warsa Anyar Caka 1943 majeng ring para semeton ring dijaje megeneh, Rahayu.

“Selamat Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Caka 1943 kepada semua saudara dimanapun berada saat ini, Selamat”

4. Rahajeng Rahina Nyepi lan Warsa Anyar Caka 1943, dumogi antuk Asung Kertha Wara Nugraha Ida Sang Hyang Widhi Wasa irage sami rahayu lan rahajeng ring mercapada.

“Selamat Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Caka 1943, semoga atas berkat dan anugrah Ida Sang Hyang Widhi Wasa kita semua selamat dan damai di dunia ini”

5. Rahajeng Nyangre Rahina Jagat Nyepi lan Warsa Anyar Caka 1943.

“Selamat Menjelang Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Caka 1943”

6. Selamat Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Caka 1943. Semoga Ida Sang Hyang Widhi memberikan keselamatan dan kedamaian serta memberkati semua umat-Nya.

7. Selamat Hari Raya Nyepi. Matikan api dalam tubuh dihari yang suci ini, agar kebahagian senantiasa datang memberkati dirimu.

8. Selamat Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Caka 1943 bagi saudara yang merayakan. Semoga selalu dalam lindungan Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

9. Selamat Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Caka 1943.

10. Amati Geni, Amati Karya, Amati Lelungan, Amati Lelanguan. Trepti majeng ring Catur Brata Penyepian, mangdane semeton sami ngemolihang kerahayuan lan kerahajengan ring dinane mangkin.

“ Amati geni (Tidak menghidupkan api/cahaya), Amati Karya (Tidak bekerja), Amati Lelungan ( Tidak bepergian), Amati Lelanguan (Tidak mengadakan hiburan). Taat kepada Catur Brata Penyepian, mangdene saudara semuanya mendapatkan keselamatan dan kedamaian dihari ini”

Sekian Contoh Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi Bahasa Bali Dengan Artinya. Semoga dapat bermanfaat dan dapat berguna untuk anda yang sedang bingung mencari ucapan selamat hari raya Nyepi untuk diberikan kepada saudara. Lihat juga artikel kami yang lain tentang :

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI