Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

Bagaimana Cara Membuat CV Magang Setelah Lulus?

Membuat CV Magang

Ketika kamu mencari pekerjaan di segala industri dan perusahaan, hampir selalu kamu akan menemukan persaingan yang sangat ketat. Di setiap bidang, ada ribuan pelamar yang menunggu lowongan pekerjaan sesuai dengan bidang keahliannya. Sementara begitu banyak orang yang ingin melamar pekerjaan, perusahaan menjadi sangat pemilih.

Sebagian besar perusahaan saat ini mencari karyawan dengan pengalaman yang luas. Tidak diragukan lagi, tidak ada yang buruk di dalamnya, tetapi itu akan menjadi masalah bagi individu yang baru saja lulus atau fresh graduate. Sudah menjadi norma masyarakat bahwa seorang mahasiswa harus segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

Karena persaingannya cukup ketat, kamu mungkin merasa berat untuk mendapatkan pekerjaan setelah menyelesaikan kelulusan kamu. Karena fakta ini, kamu tidak perlu berencana untuk pindah bidang atau khawatir, karena kamu masih dapat mencari magang di perusahaan yang memiliki reputasi baik.

Perusahaan mungkin tidak langsung memberi kamu kontrak kerja penuh waktu, tetapi mereka masih terbuka untuk beberapa posisi magang yang memberi kamu kesempatan untuk mengingkatkan ketrampilan kamu bersama para profesional industri.

Kamu tidak dapat benar-benar mendaftarkan diri kamu dalam program magang tetapi beri tahu perusahaan bahwa kamu tersedia. Untuk itu, kamu perlu membuat (curriculum vitae) yang menunjukkan minat kamu untuk magang. Sama seperti ketersediaan lapangan kerja yang terbatas, kursi untuk magang juga terbatas. Oleh karena itu, kami di sini untuk membantu kamu membuat CV yang sempurna untuk magang setelah lulus.

Baca blog ini sampai akhir untuk mengetahui apa yang kamu butuhkan untuk membuat jempol berhenti untuk magang setelah lulus.

Gunakan Format dan Tata Letak yang Sempurna

Saat kamu melamar magang setelah lulus, kamu mungkin tidak memiliki banyak pengalaman untuk ditampilkan di CV kamu. Oleh karena itu, kamu harus memilih format resume fungsional, karena lebih berfokus pada menonjolkan keahlian kamu, dan ini adalah format yang ideal untuk lulusan baru. kamu tidak boleh memilih format kronologis terbalik di CV kamu, karena itu bukan pilihan yang ideal.

Tidak perlu meminta bantuan seorang profesional untuk mendapatkan tata letak yang sempurna untuk daftar riwayat hidup kamu. kamu dapat menemukan contoh CV di pembuat CV online untuk mulai membuat CV yang menginspirasi untuk magang di perusahaan yang kamu inginkan. Pembuat CV hadir dengan antarmuka yang mudah digunakan dan template cv gratis untuk membantu pencari kerja membuat CV tanpa kerumitan.

Tulis Pernyataan Objektif yang Kuat

Objektif adalah hal pertama yang akan dilakukan majikan dalam CV kamu; oleh karena itu, kamu harus memastikan untuk melakukannya jika kamu ingin menarik perhatian perekrut. Objektif pada CV ini sama dengan Tentang Saya pada CV. Dengan pernyataan ini, kamu perlu memberi tahu manajer perekrutan tentang tujuan kamu yang terkait dengan karier kamu. 2 sampai 3 kalimat dalam pernyataan ini akan memutuskan apakah kamu telah berhasil menginspirasi perekrut atau tidak dengan tujuan karir kamu.

Tunjukkan Pengalaman Apa Saja

Saat membuat daftar riwayat hidup untuk magang setelah lulus, kamu mungkin berpikir bahwa pekerjaan yang kamu lakukan di perguruan tinggi tidak relevan dengan posisi yang kamu lamar. kamu tidak perlu khawatir, karena informasi ini diambil secara positif oleh perekrut, karena mereka ingin mengetahui dedikasi kamu untuk bekerja.

Pengalaman kerja masa lalu membantu perusahaan mengetahui kemampuan kamu bekerja untuk mereka dalam tim dan semangat kamu untuk bekerja mencari nafkah, bukan hanya untuk menghabiskan waktu. Apakah kamu pernah melakukan pekerjaan sebagai pelayan, bartender, atau babysitter, itu harus disebutkan di CV kamu.

Sebutkan Pendidikan, Keterampilan, dan Prestasi

Seberapa baik kamu di bidang akademik? Sudahkah kamu membuat prestasi dalam kehidupan sekolah dan kampus kamu? Apakah kamu memiliki keterampilan penting yang membuat kamu menjadi peserta pelatihan yang sangat cocok untuk sebuah perusahaan? Semua pertanyaan ini harus dijawab di bagian berbeda di CV kamu.

Kamu harus menggunakan urutan kronologis terbalik sambil menyatakan akademisi kamu dan menyatakan pendidikan terakhir kamu di bagian atas. Keterampilan yang kamu miliki harus dinyatakan dalam bentuk peluru di bagian keterampilan. Jika kamu telah mencapai sesuatu yang luar biasa, jangan lupa untuk menyebutkannya juga.

Gunakan Kata Kunci

Saat membuat CV untuk magang setelah lulus, kamu harus tahu bahwa sebelum mendarat di meja perekrut, kamu mungkin harus melewati ATS (Sistem Pelacakan Pelamar). Program perangkat lunak ini banyak digunakan oleh perusahaan untuk mempersempit daftar pelamar. Jika kamu tidak ingin melewatkan kesempatan, jangan lupa untuk menggunakan kata kunci penting saat menulis CV kamu.

Kata kunci membantu perekrut mengetahui bahwa kamu telah benar-benar membaca iklan yang mereka pasang untuk program magang. Ini akan meninggalkan dampak positif di benak manajer perekrutan atau HRD, dan peluang kamu untuk mendapatkan panggilan wawancara juga akan meningkat.

Kata Akhir

Kiat-kiat membuat CV untuk posisi magang di atas dapat membantu kamu maju dalam karir kamu. Alih-alih membuang-buang waktu melamar pekerjaan yang menuntut sedikit pengalaman dari pelamar, kamu harus pergi dari posisi trainee dan bekerja untuk mencapai kesuksesan dalam karir kamu langkah demi langkah. Semoga membantu ya dan jangan lupa bagikan.

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI