Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

Bagaimana Cara Membuat CV ATS Friendly di BikinCV?

Bagaimana Cara Membuat CV ATS Friendly di BikinCV?
Bagikan :

Bagaimana Cara Membuat CV ATS Friendly di BikinCV? – CV atau Curriculum Vitae ini merupakan salah satu hal yang perlu kamu buat ketika akan melamar kerja. Tentu dalam melamar kerja kamu harus membuat CV yang baik dan benar. CV ATS Friendly haruslah kamu ketahui, karena beberapa perusahaan hanya menerima lamaran CV yang ATS Friendly. Maka dari itu, ketahuilah cara membuat Curriculum Vitae yang ATS Friendly.

Apa itu CV ATS Friendly?

Setiap membuka lowongan pekerjaan pada posisi tertentyu, perusahaan tentu akan menerima CV dari pelamar dalam jumlah yang banyak. Terlebih ketika membuka lowongan perusahaan besar, tentu jumlah pelamar akan mencapai ribuan orang.

Untuk mengatasi hal tersebut, HRD peruahaan biasanya menggunakan software pembantu yang bernama Applicant Tracking System (ATS). Yang dimana sistem ini nantinya akan menyeleksi CV dengan jumlah banyak secara cepat. Maka dengan ini HRD akan lebih mudah menentukan CV pelamar yang benar-benar memenuhi kriteria. Dengan aplikasi ini pula, pekerjaan HRD akan menjadi lebih efektif dan efisien.

Ciri-ciri CV ATS Friendly

Tentu saja, ada beberapa hal yang dapat menentukan CV dapat lolos dalam sistem seleksi ATS ini. Hal ini tentunya perlu kamu ketahui agar dapat membuat CV yang benar, agar bisa lolos sistem seleksi. Berikut adalah ciri-ciri CV yang ATS Friendly :

  1. Jenis huruf standar dengan ukuran yang tidak terlalu kecil
  2. Gunakan warna yang tidak mencolok agar enak  dilihat
  3. Menggunakan bahasa inggris dalam penulisan CV, untuk mempermudah software ATS mengidentifikasi data diri pada CV
  4. Menyisipkan kata kunci pekerjaan yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar.
  5. Menjelaskan lebih dalam setiap job desc dari pengalaman. Dengan ini, CV akan memiliki peluang yang lebih besar untuk lolos software ATS.

Cara Membuat CV ATS Friendly di BikinCV

Bagaimana Cara Membuat CV ATS Friendly di BikinCV?
Ilustrasi CV | Image Source : Shutterstock.com

Sudahkah kamu mengetahui cara membuat CV ATS Friendly? Jika belum, yuk buat di BikinCV saja. Adapula beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam membuatnya, seperti berikut

1. Hindari Desain Template Dengan Warna Mencolok

Ketika melamar kerja, kamu harus mengetahui terlebih dahulu posisi yang akan kamu lamar. Jika kamu melamar pada posisi desainer grafis atau CV Guru, maka harus membuat CV dengan desain semenarik mungkin. Melainkan jika kamu melamar pada posisi formal, usahakan hindari desain yang mencolok ya. Karena pada dasarnya, perekrut lebih melihat kompetensi dan kemampuan kamu.

2. Gunakan Format Penulisan Yang Formal

Agar CV dapat lolos pada software ATS Friendly, gunakan huruf, seperti Times New Roman, Arial, Calibri, atau jenis huruf lain yang biasanya digunakan pada dokumen resmi. Perhatikan juga ukuran huruf yang kamu gunakan, serta spasi pada CV yang kamu buat. Gunakan ukuran huruf 11 dengan spasi 1.

Video Dari BikinCV

3. Optimalkan Penggunaan Kata Kunci

Ketika hendak melamar kerja, kamu haris membuat CV yang menampilkan kata kunci sesuai dengan posisi yang kamu tuju. Contohnya, apabila kamu hendak melamar kerja sebagai Desain Grafis, maka tulislah akta kunci kemampuan yang sesuai dengan profesi tersebut. Dengan begitu, CV akan dianggap memenuhi kriteria oleh sistem ATS, sehingga kamu dapat lolos ke tahap berikutnya.

4. Hindari Penggunaan Objek-objek Tertentu Pada CV

Perlu kamu ketahui, bahwa pada dasarnya sistem software ATS hanya dapat membaca kata kunci yang ada dalam objek garis saja. Maka dari itu, hindari menggunakan objek lainnya, seperti tabel, teks box dan yang lainnya. Sebagai contoh, jika kamu memasukan kompetensi kerja dalam sebuah teks box, maka uraian kompetensi kerja tersebut tidak akan terbaca oleh sistem ATS.

5. Menggunakan Warna Dasar Hitam-Putih

Dalam membuat CV ATS, sebaiknya gunakan warna dasar, sepert hitam dan putih. CV dengan berbagai warna yang mencolok dikhawatirkan akan sulit dibaca oleh sistem ATS. Jika lolos sistem, HRD pun akan kesulitan ketika hendak membacanya kembali. Sehingga HRD tidak akan membaca lebih lanjut CV yang kamu buat.

6. Gunakan “Bullet Point” atau “Numbering”

Dalam menguraian berbagai kemampuan dan pengalaman, sebaiknya kamu tulis poin per poin. Dengan ini, sistem ATS akan mudah membaca apa saja yang kamu sampaikan pada CV. Selain itu, HRD pun akan lebih mudah untuk mengidentifikasi semua keterangan yang tercantum pada CV yang kamu buat.

Contoh Template CV ATS Friendly

Berikut adalah contoh template CV ATS friendly atau lolos software ATS. Kamu bisa langsung buat CV dengan template berikut disini.

Uluwatu ATS
Template CV Uluwatu ATS

Ingin membuat CV yang lolos sistem ATS? Yuk buat CV ATS Friendly di BikinCV. Dengan banyak pilihan template, pembuatan yang mudah dan cepat hanya dengan 5 menit saja. Yuk buruan buat CV ATS Friendly di BikinCV agar lolos sistem ATS.

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI