Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

Contoh Pertanyaan dan Jawaban Interview Customer Service

Daftar 20+ Pertanyaan Saat Interview Kerja dan Cara Menjawabnya

Interview untuk posisi customer service adalah tahap penting dalam proses pencarian pekerjaan. Calon customer service perlu mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan oleh pewawancara.

Artikel ini akan memberikan beberapa contoh pertanyaan umum yang sering muncul dalam interview customer service, serta jawaban yang tepat.

Dengan mempelajari contoh-contoh ini, diharapkan Anda dapat meningkatkan persiapan Anda dan menghadapi interview dengan lebih percaya diri.

  1. Pertanyaan: Apa yang membuat Anda tertarik dengan posisi customer service?
    Jawaban: Saya tertarik dengan posisi customer service karena saya memiliki keahlian dalam berkomunikasi dengan baik dan melayani pelanggan. Saya menikmati membantu orang lain, menyelesaikan masalah, dan memberikan pengalaman pelanggan yang positif. Saya percaya bahwa pelayanan pelanggan yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang langgeng dengan pelanggan dan mendukung pertumbuhan perusahaan.
  2. Pertanyaan: Bagaimana Anda menangani pelanggan yang tidak puas atau marah?
    Jawaban: Ketika menghadapi pelanggan yang tidak puas atau marah, saya akan tetap tenang dan empati. Saya akan mendengarkan dengan seksama untuk memahami keluhan atau masalah mereka, lalu berusaha mencari solusi yang memuaskan. Saya akan memberikan penjelasan yang jelas dan jujur, serta berusaha untuk menyelesaikan masalah secepat mungkin. Saya juga akan meminta maaf atas ketidaknyamanan yang mereka alami dan memastikan mereka merasa didengar dan dihargai.
  3. Pertanyaan: Bagaimana Anda mengelola situasi ketika Anda tidak tahu jawabannya terhadap pertanyaan atau masalah pelanggan?
    Jawaban: Jika saya tidak tahu jawaban terhadap pertanyaan atau masalah pelanggan, saya akan dengan jujur ​​mengakui bahwa saya tidak tahu, namun saya akan berjanji untuk mencari tahu dan memberikan jawaban atau solusi yang tepat secepat mungkin. Saya akan menggunakan sumber daya yang tersedia, seperti tim atau dokumen referensi, untuk mencari informasi yang diperlukan. Selain itu, saya juga akan memastikan pelanggan bahwa saya akan tetap terhubung dengan mereka dan memberikan update mengenai status penyelesaiannya.
  4. Pertanyaan: Bagaimana Anda menjaga komunikasi yang efektif dengan pelanggan?
    Jawaban: Untuk menjaga komunikasi yang efektif dengan pelanggan, saya akan menggunakan keterampilan komunikasi yang baik. Saya akan mendengarkan dengan cermat, memberikan perhatian penuh, dan memastikan saya memahami kebutuhan dan masalah mereka. Saya akan berbicara dengan jelas, menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan menghindari jargon teknis. Saya juga akan menggunakan komunikasi non-verbal yang baik, seperti senyum dan kontak mata, untuk menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan.
  5. Pertanyaan: Bagaimana Anda mengelola situasi ketika ada banyak panggilan atau permintaan pelanggan yang harus ditangani secara bersamaan?
    Jawaban: Ketika dihadapkan dengan banyak panggilan atau permintaan pelanggan, saya akan menggunakan keterampilan manajemen waktu dan prioritasi. Saya akan memastikan untuk merespons dengan cepat dan efisien, memberikan perhatian yang adekuat kepada setiap pelanggan. Saya akan mencatat detail panggilan atau permintaan agar tidak terlewatkan, dan mengatasi prioritas dengan mempertimbangkan urgensi dan kompleksitasnya. Saya juga akan bekerja sama dengan tim untuk memastikan bahwa semua pelanggan mendapatkan pelayanan yang memuaskan.

Interview untuk posisi customer service membutuhkan persiapan yang matang. Dalam artikel ini, kami telah memberikan beberapa contoh pertanyaan umum yang sering diajukan serta contoh jawaban yang tepat.

Namun, selalu ingat bahwa setiap interview mungkin memiliki pertanyaan tambahan yang khusus terkait dengan perusahaan atau posisi yang dilamar.

Lakukan riset tentang perusahaan dan peran customer service secara menyeluruh untuk mempersiapkan diri dengan baik.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mencapai sukses dalam interview customer service. (ART)

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI