Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

Bertato? Inilah Beberapa Peluang Kerja untuk Kalian

Content Creator Ganteng Bertato
Bagikan :

Bertato? Inilah Beberapa Peluang Kerja untuk Kalian – Beberapa perusahaan ataupun usaha di sekitar kita memanglah memiliki kualifikasi yang cukup ketat bagi para karyawannya, salah satunya adalah mengharuskan karyawan tidak memiliki tato di tubuhnya. Contoh bidang pekerjaan yang tidak memperbolehkan karyawannya untuk bertato antara lain adalah bidang pendidikan, perusahaan korporasi, dan lainnya.

Tetapi walaupun demikian, bagi kalian yang memiliki tato di tubuh dan ingin mencari pekerjaan, masih ada banyak pekerjaan yang memungkinkan kalian untuk bergabung. Sebagai perusahaan yang menjunjung tinggi kebebasan dan bisa melihat kandidat dengan obyektif, tubuh karyawan yang bertato ataupun tidak, seharusnya bukan menjadi penghalang. Di masa sekarang ini, perusahaan seharusnya fokus pada kinerja karyawan dan bagaimana mereka berkontribusi pada tumbuh kembang perusahaan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa bidang usaha yang mengizinkan karyawan atau pekerjanya bertato di tubuh mereka.

Seni Hiburan

Tidak heran lagi jika kita melihat banyak tokoh publik yang memiliki tato di badannya, terutama yang bekerja di bidang seni hiburan. Bagi sebagian orang melihat dan menganggap tato ini adalah salah satu bentuk seni juga yang diaplikasikan dalam tubuh mereka. Apa saja nih contoh bidang seni hiburan yang pekerjanya memiliki tato? Kita bisa menyebut beberapa contohnya, yaitu misalnya penyanyi, pemain musik, pemain teater ataupun drama, dan tentu pekerja produksi seni hiburan di belakang layar.

Pemusik Wanita Bertato Sedang Bernyanyi
Pemusik Wanita Bertato Sedang Bernyanyi – src : istock

Tetapi untuk masuk di bidang kerja seni hiburan ini tentunya tidak bisa sembarangan, kalian setidaknya memang memiliki kemampuan dan ketertarikan di dunia seni hiburan. Pekerjaan ini akan menjadi wadah agar kalian bisa mengembangkan bakat dan talenta kalian. Selain itu, kalian akan bertemu dengan berbagai macam rekan kerja dan dinamika pekerjaan yang berbeda-beda.

Kreator Konten

Pastinya kreator konten atau content creator ini adalah salah satu frasa kata yang sering muncul di telinga kita selama beberapa tahun terakhir. Terutama sejak masa pandemi, content creator bisa muncul dari siapapun yang tadinya hanya berada di rumah dan kesannya tidak bekerja. Content creator juga bahkan digeluti oleh orang dari segala usia, mulai dari usia anak-anak hingga dewasa.

Bidang kerja ini memanglah membutuhkan akses platform konten dan kreatifitas pekerjanya. Kalian bisa menggunakan kesempatan ini untuk menunjukkan bakat, kemampuan, hingga keunikan kalian. Beberapa contoh kreator konten yang sukses adalah yang berbau hiburan musik, komedi, tips trik bisnis, hingga konten pendidikan. Dari berbagai macam segmen konten tersebut, kita pasti sudah dapat menyimpulkan bahwa para pekerja konten bisa berasal dari berbagai kalangan.

Content Creator Ganteng Bertato
Content Creator Ganteng Bertato – src : istock

Salah satunya jika kalian adalah seseorang yang memiliki tato, tetapi kalian memiliki kreativitas untuk memproduksi sebuah konten dalam platform digital, hal tersebut dapat diwujudkan. Sejauh ini kita bisa melihat banyak contoh content creator yang bertato tetapi sukses di dunia kreativitas digital. Jadi peluang ini tidak tertutup kan bagi kalian?

Bisnis Sendiri ataupun Wirausaha

Bekerja dengan menjalankan bisnis sendiri adalah sebuah kemerdekaan dan impian bagi banyak orang yang sekarang sedang bekerja di korporasi. Mereka pasti ingin benar-benar berdikari dan tidak diatur oleh berbagai aturan kaku perusahaan. Apakah kalian termasuk orang yang sudah bekerja di bisnis sendiri ataupun berwirausaha?

Video Dari BikinCV

Berwirausaha adalah sebuah pekerjaan yang jauh dari berbagai aturan kaku perusahaan. Apalagi kalau kalian adalah pemilik usaha tersebut, kalian bisa mengatur karyawan kalian semau kalian. Tetapi dengan catatan, pasti kalian tetap harus memberlakukan berbagai peraturan agar kualitas dan target usaha kalian bisa tercapai.

Pebisnis Wanita Bertato Sedang Melihat Notifikasi Pada Smartphone
Pebisnis Wanita Bertato Sedang Melihat Notifikasi Pada Smartphone – src : istock

Salah satu kebebasan dari berwirausaha adalah penampilan pemilik dan karyawannya, yang tidak perlu memakai baju kerja yang resmi. Selain itu, kalian yang bertato pun bisa membuka usaha sendiri, karena kalian tidak terikat pada peraturan perusahaan manapun sebelumnya.

Kuliner

Berbisnis kuliner saat ini menjadi lahan pencaharian yang sangat berkembang pesat. Bahkan kalian yang sebelumnya memiliki hobi memasak di rumah, bisa dengan mudah membisniskan produk kuliner kalian melalui berbagai macam platform digital dan media. Tentunya, kunci utama dari bisnis ini adalah citarasa dari masakan yang kalian sajikan, dan konsistensi kualitas yang kalian sediakan untuk para pelanggan.

Bisnis ini juga memungkinkan dilakukan oleh orang yang memiliki tato. Siapa tahu kalian adalah seseorang yang bertato, tetapi memiliki kemampuan untuk memasak dan menciptakan menu kuliner yang lezat, kalian bisa memiliki kesempatan untuk menjualnya.

Koki Bertato Tersenyum Setelah Selesai Memasak
Koki Bertato Tersenyum Setelah Selesai Memasak – src : istock

Kita bisa melihat banyak chef ternama di berbagai restoran ataupun hotel berbintang yang memiliki tato di leher ataupun tangannya, kan? Mereka bisa mencapai karir profesional di bidang kuliner walaupun memiliki tato di tubuhnya, loh. Jadi kesempatan yang sama juga terbuka lebar untuk kalian.

Ojek Online

Ojek Online saat ini menjamur di berbagai kota di Indonesia, bahkan banyak orang dekat di sekitar kita yang menggantungkan kehidupannya dari penghasilan di bidang ojek online ini. Banyak yang menjadikannya mata pencaharian utama, ataupun sambilan untuk tambahan penghasilan.

Seiring dengan kebutuhan pengemudi yang meningkat, ternyata penyedia jasa ojek online ini tidak membatasi calon pengemudinya dari hal bertato atau tidak dalam tubuhnya. Bahkan saat ini kita juga sudah banyak menemukan pengemudi ojek online yang bertato, dan mereka pun juga memiliki etika dan kesopanan ke penumpangnya.

Ojek Online Menurunkan Penumpang Dengan Ramah
Ojek Online Menurunkan Penumpang Dengan Ramah – src : banksinarmas.com

Jadi jika kalian bertato dan ingin melamar menjadi pengemudi ojek online, kalian tidak perlu khawatir karena mereka tidak akan mempermasalahkan tato kalian. Jika kalian memenuhi kualifikasi untuk menjadi pengemudi, pasti kalian akan diterima dan dapat menjalankan pekerjaan tersebut.

Lantas apa saja pekerjaan yang benar-benar tidak membolehkan karyawan atau pekerjanya memiliki tato?

Pada saat proses seleksi karyawan, ada beberapa bidang pekerjaan yang membutuhkan pengecekan kesehatan lengkap. Salah satunya, mereka akan melihat apakah di tubuh kalian memiliki tato atau tidak. Selain itu, dalam proses interview dengan HR, biasanya mereka juga menanyakan apakah di tubuh kalian ada tato atau tidak. Tidak heran, terkadang orang yang memiliki tato di tubuhnya dianggap memiliki citra buruk di hadapan orang lain. Apalagi bagi masyarakat yang menjunjung adat ketimuran, tato kadang identik dengan kebebasan, kriminalitas, dan bersegmen menengah kebawah. Walaupun penilaian tersebut sudah sangat jarang kita temui di sekitar kita, tetapi masih ada saja perusahaan yang mempertimbangkan hal ini sebagai bahan penilaian.

Lantas berikut ini adalah beberapa bidang pekerjaan yang menolak karyawannya bertato:

  • Tentara
  • Polisi
  • Aparatur Sipil Negara
  • Sopir Taksi
  • Satpam
  • Guru ataupun Dosen
  • dan lainnya

 

Itulah tadi beberapa ulasan tentang pekerjaan yang membolehkan dan tidak membolehkan karyawan ataupun pekerjanya bertato. Buat kamu yang mau melamar sebagai guru, yuk lihat Contoh CV Guru. Bagi kalian yang berrencana untuk memasang tato di tubuh kalian, silahkan mempertimbangkan kembali karena mungkin nantinya ada beberapa bidang pekerjaan yang belum bisa menerima kalian karena tato tersebut. Tetapi bagi kalian yang sudah memiliki tato di tubuh dan ingin melamar pekerjaan, jangan khawatir karena ada banyak peluang kerja yang terbuka lebar untuk kalian walaupun kalian bertato.

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI