Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

Inilah Beberapa Kerjaan Sumber Cuan Pecinta Anime!

Bagikan :

Inilah Beberapa Kerjaan Sumber Cuan Pecinta Anime! – Banyak orang yang menginginkan bekerja di bidang pekerjaan sesuai kesukaannya. Misalnya, jika seseorang suka dengan dunia anak-anak, maka mungkin saja mereka cocok bekerja sebagai Guru TK/SD. Ataupun jika seseorang suka bepergian ke wisata alam, mungkin mereka cocok menjadi travel blogger ataupun pemadu wisata.

Begitu juga dengan pecinta Anime, apakah kalian termasuk anak muda yang menyukai apapun soal Anime? Mungkin kalian sangat familiar dengan Jujutsu Kaisen, Samurai X, Dragon Ball, Naruto, One Piece, dan lainnya ya.

Nah jangan salah, ternyata ada banyak bidang pekerjaan yang bisa digeluti oleh para Wibu loh. Jadi kalian bisa bekerja sesuai dengan kesukaan dan hobby kalian. Lantas apa saja pekerjaan dan sumber cuan bagi para pecinta Anime yang menjamur di Indonesia?

Cosplayer

Pecinta Anime pastinya tidak asing dengan istilah Cosplayer. Cosplayer adalah seseorang yang berdandan sesuai tokoh yang ditirukannya. Dalam hal ini, cosplay sebagai tokoh Anime menjadi salah satu kegemaran para pecintanya, apalagi banyak kegiatan yang bertemakan Anime belakangan ini. Ternyata, jika kalian tertarik dengan bidang ini, Cosplayer bisa dijadikan sumber pendapatan yang besar loh. Biasanya, banyak kegiatan di pusat perbelanjaan dan event tematik tertentu yang mencari tokoh-tokoh berdandan Anime, khususnya untuk meramaikan acara dan menghibur pengunjung.

Cosplayer Anime Indonesia – Source: Suara.com

Di berbagai kota besar, bahkan event ini sering dilakukan di setiap akhir pekan. Jika kalian sudah profesional di bidang itu, dan bergabung dengan komunitasnya, kalian akan sangat mudah mendapatkan cuan dari kegiatan ini.

Jasa Grafis dan Ilustrator

Anime juga identik dengan desain pakaian dan perlengkapannya yang khas dan unik. Tidak jarang pecintanya menirukan desain kostum atau pakaian yang dikenakan tokoh idolanya, untuk kemudian diproduksi ulang. Nah, jika kalian memiliki bakat dan ketertarikan di bidang desain dan ilustrasi, kalian bisa masuk ke perusahaan yang bergerak di bidang desain grafis dan ilustrator, terutama untuk produksi layar. Bahkan jika hobi ini sudah melekat, kalian bisa menjual karya grafis dan ilustrasi kalian yang bertemakan Anime di sosial media.

Content Blogger

Kalian yang mencintai dunia Anime, pasti mengetahui banyak referensi tokoh dan mengetahui seluk beluk tokoh tersebut. Pengetahuan yang kalian miliki bisa disalurkan ke bidang penulisan dan videografi, dengan menjadi seorang content blogger. Menjadi seorang content blogger adalah pekerjaan yang sangat menjanjikan, apalagi kalau kalian tahu trik bagaimana bisa menaikan pengunjung portal kalian. Apalagi jika konten yang kalian muat adalah sesuatu yang kalian sukai juga.

Desain Manga Anime – Source: Google Image

Seorang content blogger bertemakan anime biasanya akan mengulas atau menceritakan berdasarkan pandangannya, terhadap seorang tokoh Anime, game, film, hingga berbagai macam aspek tokoh tersebut. Jika konten kalian dilihat banyak orang dan dibagikan ke orang lain, maka akan ada banyak audience yang mengunjungi portal kalian. Begitu juga, cuan akan semakin menanjak!

Custom Kue

Bagi pecinta pastry dan baking, yang juga pecinta dunia Anime, kalian bisa mengkombinasikan hobi kalian dalam sebuah pekerjaan yang menjanjikan. Kalian bisa membuka jasa pembuatan kue custom bertemakan Anime. Pastinya jika kalian sudah masuk dalam komunitas yang berisi pecinta Anime semua, menjual kue dan produk khas Anime lainnya akan sangat mudah.

Kalian harus mengkombinasikan keterampilan dalam membuat kue, dengan desain dan jiwa seni terhadap Anime tersebut. Jika rasanya enak dan nilai estetikanya tinggi, kue yang kalian jual juga akan layak untuk dijual dengan harga yang tinggi.

Video Dari BikinCV

Custom Kue Anime – Source: Tokopedia.com

Dropshipper dan Reseller

Dalam dunia pecinta Anime, kita akan menemui banyak orang yang menjadi kolektor. Mereka akan dengan sangat semangatnya mengoleksi berbagai hal terkait tokoh Anime yang digemarinya. Mulai dari miniatur tokoh, kostum, hingga pernik lainnya yang bertema tokoh Anime tersebut. Pecinta Anime lainnya menggunakan hal tersebut sebagai peluang bisnis. Dengan berkoneksi dengan banyak pecinta Anime lainnya dari seluruh penjuru dunia, kalian akan dengan mudah menjangkau produk-produk tersebut.

Kalian perlu melakukan riset terhadap keaslian produk tersebut, dan juga tentunya riset bagaimana menjadi dropshipper dan reseller produk bertemakan Anime tersebut, agar bisa diterima oleh para pecintanya di Indonesia.

Resell Sepatu Anime – Source: Gamefinity

Jual Beli Merchandise dan Kostum Anime

Sama dengan konsep Reseller, kalian bisa juga melakukan jual beli berbagai produk bertemakan Anime, terutama Merchandise dan Kostum Anime. Bagi pecinta anime, kadang mereka rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan merchandise yang mereka suka. Hal tersebut bisa kalian jadikan peluang, untuk berbisnis di lingkungan mereka.

Ketika kalian masuk dalam komunitas Anime, kalian bisa mempelajari tokoh mana yang sedang disukai oleh pasar. Dengan strategi yang matang, kalian bisa menjual merchandise yang sesuai dengan kebutuhan pasar tersebut.

Desain Logo Komunitas Pecinta Anime

Menjadi penggemar fanatik membuat para pecintanya sangat suka membuat komunitas yang lebih kecil untuk saling mengenalkan tokoh Anime yang mereka suka. Hal tersebut bisa dijadikan peluang bisnis, dengan cara mendesain logo komunitas pecinta Anime tersebut. Logo tersebut bisa digunakan pada produk digital manapun, dan bisa juga dicetak pada kaos ataupun media lainnya. Komunitas-komunitas pecinta Anime ini akan sangat senang dan bangga, jika kelompoknya punya identitas yang cantik.

Komunitas Anime – Source: Tribun Jabar

 

Apa yang Perlu Dipertimbangkan?

Dari beberapa peluang bisnis diatas, kalian akan dengan bangga mengatakan bahwa hobi atau pencinta Anime juga bisa menjadikannya pekerja professional. Bahkan mungkin pendapatan pekerjaan di bidang Anime ini akan cukup tinggi. Tetapi sebelum terjun ke bisnis-bisnis diatas, kalian juga wajib mengetahui dan mempertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Pelajari apa yang kalian bisa dan apa yang kalian sukai di Anime. Pastikan kalian melakukan pekerjaan yang kalian suka
  • Gabungkan beberapa ide bisnis hingga menghasilkan produk yang maksimal. Misalnya pecinta Anime yang menggabungkan dengan ketrampilan membuat kue. Ataupun pecinta Anime yang menggabungkannya dengan ketrampilan dalam hal mendesain grafis dan ilustrasi
  • Pertimbangkan potensi pasar, dari produk yang akan kalian jual, atau model bisnis/pekerjaan yang akan kalian lakukan
  • Bergabung dalam komunitas Anime adalah hal yang sangat penting. Kalian bisa melihat potensi pasar dari keseharian mereka. Selain itu, kalian juga akan bisa mendapatkan platform yang cocok untuk memasarkan produk dan jasa kalian
  • Tetaplah berinovasi, dan melihat berbagai macam peluang yang muncul dari pada pecinta Anime di Indonesia

 

Jika kalian juga ingin mendalami pekerjaan tersebut lebih detail, kalian juga bisa sambil belajar melalui kursus-kursus singkat tentang Anime. Mulai dari kursus desain grafis, kursus baking atau membuat kue, hingga kursus pemasaran produk secara digital. Pastinya jika ingin diseriusi dalam bidang pendidikan, kalian bisa masuk ke Sekolah Kejuruan ataupun jurusan perkuliahan bidang Animasi, Desain Grafis dan Ilustrasi, dan masih banyak lagi.

Bagi kalian pecinta anime yang sudah terjun ke dunia kerja dan bisnis, jangan lupa untuk bagikan pengalaman kerja kalian di bidang ini ya!

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI