Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

Tips Naikkan Omset Bisnis Lewat Konten Youtube

Bagikan :

Tips Naikkan Omset Bisnis Lewat Konten Youtube – Kali ini, Youtube bukanlah sebuah platform digital yang eksklusif lagi. Jika dibandingkan dengan beberapa tahun kebelakang, angka pengguna Youtube terus melejit. Bahkan di Indonesia, hampir semua orang pernah mengakses Youtube, entah itu untuk melihat video hiburan, berita, edukasi, hingga lainnya. Angka pengunjung dan penonton Youtube ini yang membuat para kreator konten Youtube juga semakin banyak. Di kalangan masyarakat umum pun, kita bisa dengan mudah menemukan kreator konten video Youtube, mulai dari yang pemula hingga yang sangat mahir.

Selain menyimpan berbagai macam konten hiburan, saat ini Youtube juga terus berkembang dengan berbagai macam konten edukasi. Banyak orang yang mengatakan bahwa mereka belajar sesuatu keterampilan “hanya” dari melihat video tutorial yang ada di Youtube. Selain itu, banyak bermunculan promosi dan iklan produk yang dikemas dalam video Youtube. Terbukti, dengan model promosi melalui media video di Youtube, banyak bisnis yang mendapatkan keuntungan penjualan yang semakin tinggi.

Banyak pengusaha dan pebisnis yang kemudian mencari cara untuk memproduksi video konten di Youtube, agar meningkatkan angka penjualan produk mereka. Apakah kalian termasuk salah satu dari pengusahan dan pebisnis tersebut?

Mari kita simak beberapa ide konten Youtube yang bisa kalian buat, dan pastinya bisa menaikkan omset penjualan produk kalian!

Membuat Konten Video Youtube – Source: Xendit

Konten Ulasan atau Review Produk

Dalam memasarkan produk, maka ulasan atau review penggunaan sangatlah penting. Konten semacam ini yang paling banyak dicari calon pembeli, apalagi jika ingin membeli sebuah produk melalui media ataupun marketplace online. Dalam sebuah survey, 73 persen calon pembeli produk akan mencari review dari penggunaan produk tersebut terlebih dahulu, untuk memastikan spesifikasi dan manfaat yang didapatkan oleh pengguna atau pembeli sebelumnya. Dari sekian banyak review yang dicari, ternyata 41 persen diantaranya adalah review yang berada di Youtube. Oleh sebab itu, video di Youtube ternyata memiliki pengaruh yang cukup besar bagi penontonnya.

Dalam membuat konten video ulasan atau review produk, kalian bisa membuat video yang jelas dan jujur. Penonton akan melihat dan membandingkan beberapa video Youtube yang memberikan review pada sebuah jenis produk, dan kejujuran dalam memberikan review sangatlah penting.

Konten Kolaborasi

Produk yang kalian akan jual dan bisniskan tentunya akan bersinggungan dengan berbagai pihak, bahkan dengan produk lainnya. Oleh sebab itu, salah satu cara untuk menaikkan potensi pembelian adalah membuat konten yang isinya kolaborasi dengan pihak lain. Selain memberikan branding terhadap produk kalian sendiri, kalian juga saling membantu untuk menaikkan potensi pembelian produk rekanan.

Merekam Video untuk Youtube – Source: SAP Express

Kolaborasi yang bisa dilakukan contohnya adalah dengan lembaga atau komunitas yang bersedia menggunakan produk kalian sebagai bentuk promosi dan pengenalan. Selain itu, kalian juga bisa menggandeng produk lain yang mungkin manfaatnya berdampingan dengan produk kalian, contohnya antara makanan dan minuman.

Konten Edukasi Manfaat Produk

Pastinya selain berbagai macam review terhadap produk yang kalian jual, orang pasti akan mencari ulasan manfaat produk tersebut. Oleh sebab itu, video di Youtube yang secara jelas memberikan edukasi terhadap penggunaan produk cukup banyak dicari. Misalkan kalian menjual sebuah produk makanan, maka kalian bisa membuat konten video edukasi tentang manfaat kandungan dan bahan makanan yang kalian jual.

Begitu juga contohnya kalian berbisnis pakaian, kalian bisa mengedukasi calon pembeli produk kalian dengan manfaat dari bahan pakaian yang kalian gunakan. Konten semacam ini banyak menggaet calon pembeli, karena pembeli pasti tidak hanya akan melihat ulasan produk berdasarkan kesukaan saja, tetapi juga detail manfaatnya.

Video Dari BikinCV

Membuat Video untuk Youtube – Source: Highlight.ID

Konten Testimoni

Biasanya disebut endorsement, konten video Youtube yang menayangkan testimoni penggunaan produk menjadi salah satu bahan promosi yang paling cepat menarik calon pembeli. Apalagi testimoni yang diberikan terhadap produk kalian berasal dari seseorang yang memiliki nama, contohnya tokoh masyarakat, artis, ataupun pakar sesuai jenis produk yang kalian jual.

Banyak calon pembeli yang memiliki kiblat fanatik untuk membeli dan memakai produk sama persis seperti yang digunakan oleh idolanya. Jadi, video testimoni semacam ini pasti membuat produk kalian laris manis seketika.

Membuat Konten Video Tutorial – Source: Miss.at

Konten Tutorial Penggunaan Produk

Untuk beberapa jenis produk, video tutorial penggunaan produk juga banyak dicari oleh calon pembeli. Mereka biasanya mencari video tutorial penggunaan produk, dan memastikan bahwa produk yang mereka beli tidak sulit untuk digunakan. Misalnya tutorial memasak makanan, tutorial merakit sebuah perabot rumah tangga, hingga tutorial pemakaian make-up.

Kalian bisa membuat video tutorial penggunaan produk sesuai produk kalian, dengan langkah yang singkat, simpel, tapi jelas. Dengan demikian, maka calon pembeli akan menjadi lebih yakin untuk membeli produk kalian.

 

Walaupun demikian, tidak perlu khawatir jika kalian adalah seorang pemula di bidang pembuatan dan edit video, apalagi dengan standar video Youtube. Karena seiring dengan perkembangan bisnis kalian, kalian bisa merekrut para pekerja di bidang tersebut, sehingga mereka bisa fokus membangun video promosi untuk produk kalian. Sedangkan kalian hanya perlu berfokus pada produk yang kalian, serta strategi konten yang akan dibuat.

Membuat Video Produk di Youtube – Source: Redcomm

Apa yang perlu Disiapkan untuk Membuat Konten Video Youtube?

Tapi buat kalian yang sedang merintis bisnis ini dan belum memiliki tim, kalian bisa dengan sederhana memulai memproduksi video promosi di Youtube sendiri. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu disiapkan:

  • Tentukan Strategi dan Topik Konten.

    Pada bagian ini, kalian perlu menentukan branding yang akan kalian bangun dalam video-video Youtube kalian. Hal ini yang menjadi landasan dan juga batasan agar konten video kalian bisa tetap konsisten. Setelah itu, kalian bisa lebih detail merancang topik dari konten yang akan kalian buat, misalkan konten ulasan atau review, video tutorial, testimoni, ataupun lainnya.

  • Siapkan Peralatan Produk untuk Membuat Konten.

    Pada bagian ini, tentunya kalian harus menyiapkan terlebih dahulu produk yang akan kalian promosikan dalam video Youtube. Selain itu, dalam satu set promosi, biasanya kalian akan membutuhkan alat dan bahan pendukung serta dekorasi.

  • Siapkan Peralatan untuk Produksi.

    Kalian perlu memerlukan pengaturan kamera, pencahayaan, latar yang pas, hingga peralatan pendukung lainnya. Sehingga selama kalian merekam video promosi produk, kalian sudah tidak direpotkan lagi dengan kebutuhan alat-alat lain yang belum kalian siapkan.

  • Rekam Konten.

    Bagian ini tentunya menjadi yang utama, yaitu saat kalian harus merekam konten video, dan menyampaikan semua hal tentang produk kalian sesuai konsep.

  • Edit Video

    Jika sudah selesai merekam konten, kalian bisa mulai melakukan pengeditan video menggunakan berbagai macam software yang bisa kalian dapatkan di internet. Dalam proses edit video, kalian harus memperhatian bahwa kualitas video dan suara harus baik, dan tentunya semua hal yang perlu kalian promosikan dapat tersampaikan dengan baik.

  • Unggah Video di Youtube.

    Setelah proses edit, maka kalian perlu mengunggah video promosi produk tersebut ke channel Youtube kalian, agar bisa dilihat oleh para calon pembeli.

  • Bagikan dan Promosikan Konten Youtube.

    Silahkan memanfaatkan berbagai macam sosial media kalian untuk mempromosikan konten Youtube tersebut, utamanya video promosi produk kalian.

Nah, dengan mengikuti berbagai macam tips diatas, pastinya proses promosi produk bisnis kalian akan terbantu. Semoga omzet penjualan bisa meningkat tajam ya!

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI