Begini Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu! Fresh Graduate Wajib Hati Hati

Begini Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu! Fresh Graduate Wajib Hati Hati

Begini Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu! Fresh Graduate Wajib Hati Hati – Mencari pekerjaan tentunya bukan hal yang mudah. Terlebih situasi pandemi seperti saat ini, tentu lapangan pekerjaan sangat minim. Meski begitu, tak jarang ada saja beberapa perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

Perkembangan teknologi saat ini tentunya memberikan kemudahan dalam mecari informasi, salah satunya informasi tentang lowongan kerja. Pada media sosial, kamu akan dengan mudah medapatkan informasi karena kini telah banyak akun-akun loker yang secara rutin memposting lowongan kerja. Dengan ini tentu kamu akan lebih mudah dalam mendapatkan informasi seputar lowongan kerja terbaru.

Memperhatikan lowongan kerja di media sosial tentunya penting untuk kamu lakukan. Mengingat banyak modus penipuan yang kerap terjadi ditengah perkembangan teknologi. Tak jarang banyak yang terjerat pada lowongan palsu karena kurang memperhatikan lowongan tersebut.

Agar tidak terjerat lowongan kerja palsu, baiknya kamu ketahui dahulu ciri-ciri lowongan fiktif yang dapat merugikan kamu. Banyak yang belum mengetahui ciri-ciri dari lowongan kerja palsu ini, sehingga mereka masuk dalam perangkap orang-orang yang tidak bertanggung jawab tersebut. Terlebih ada beberapa hal yang di iming-imingi dari pelaku yang membuat korban tertarik untuk melamar pada lowongan tersebut.

Jadi untuk kamu yang belum mengetahui ciri-ciri dari lowongan palsu ini, berikut kami akan berikan ciri-cirinya. Agar kamu sebagai pelamar kerja dapat lebih berhati-hati dan tidak terjerat pada oknum-oknum nakal tersebut.

Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu

Begini Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu! Fresh Graduate Wajib Hati Hati
Ilustrasi Melamar Kerja | Image Source : Pexels.com

1. Persyaratan Mudah

Dalam iklan lowongan kerja, tentu kamu akan berisi persyaratan bagi calon pelamar kerja. Nah, apakah wajar jika persyaratan yang diberikan tidak masuk akal dengan posisi yang dicari?

Setiap perusahaan akan mencantumkan persyaratan yang sesuai dengan posisi yang dicari. Tidak mungkin jika perusahaan tersebut membuka lowongan pada suatu posisi dengan syarat yang tidak masuk akal.

Jika ada lowongan kerja yang memiliki syarat tidak masuk akal, seperti tanpa tes, menerima semua jenjang pendidikan, bahkan langsung diterima untuk bekerja. Maka dapat dipastikan bahwa lowongan kerja tersebut fiktif/palsu.

Perusahaan yang asli membutuhkan kurang lebih 1-2 minggu untuk proses rekrutmen. Selain itu, perusahaan juga menyaring kandidat berdasarkan skill, pengalaman kerja dan pendidikan yang dimiliki kandidat.

2. Nama dan Alamat Perusahaan Tidak Jelas

Jika kamu mendapatkan lowongan yang tidak jelas dan ragu dengan perusahaan tersebut, sebaiknya kamu searching di internet nama perusahaan tersebut. Dengan ini kamu akan mendapatkan ulasan yang dapat membantu kamu untuk mengetahuinya. Biasanya jika perusahaan berbau penipuan, maka akan banyak ulasan yang mengaikat dengan kata palsu, penipuan atau fiktif.

3. Berisi Pemungutan Biaya

Perlu kalian catat! Perusahaan asli tidak pernah meminta ongkos sejak interview hingga offering letter. Perusahaan tidak akan pernah memungut biaya, malah perusahaan yang akan membayar kamu.

Lowongan kerja palsu akan meminta sejumlah uang untuk proses rekrutmen. Mereka biasanya berdalih bahwa uang tersebut akan digunakan untuk membeli tiket pesawat, sewa tempat pelatihan, ongkos training atau administrasi.

4. Banyak Typo

Loker palsu kerap menggunakan kalimat yang berbelit-belit, EYD berantakan, serta loko perusahaan yang gepeng dan terkesan seperti editan. Jika melihat loker seperti ini, jangan langsung terkecoh. Baca dengan baik dan cari juga informasi agar dapat mengetahuinya dengan jelas.

5. Menyebutkan Gaji Fantastis

Untuk menarik perhatian, loker paslu biasanya mencantumkan gaji dan tunjangan pada lowongan kerja. Padahal, penentuan gaji baru dilakukan ketika proses interview. Perlu diketahui, gaji merupakan informasi rahasia antara perusahaan dan karyawan. Sehingga tidak etis jika gaji dibicarakan saat kamu masih berstatus kandidat.

6. Domain Perusahaan Meragukan

Biasanya perusahaan memiliki domain resmi untuk proses perekrutan. Pada umumnya berupa (Nama divisi/karyawan) + (nama perusahaan).com. Ini yang menandakan bahwa perusahaan tersebut asli atau tidak fiktif.

Nah jika kamu dihubungi oleh oknum yang mengaku HRD, namun alamat email yang dgunakan masih menggunakan domain gratis, seperti Yahoo atau Gmail, maka kemungkinan lowongan tersebut palsu. Tapi, kadang ada beberapa perusahaan yang menggunakan email gratisan dikarenakan kendala teknis atau internal. sebaiknya untuk masalah domain ini kamu lakukan beberapa verifikasi misal menelpon telepon resmi perusahaan atau menanyakan via sosial media resmi perusahaan.

Cara Agar Terhindar Dari Lowongan Kerja Palsu

Begini Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu! Fresh Graduate Wajib Hati Hati
Ilustrasi Melamar Kerja | Image Source : Shutterstock.com
  • Melamar Dari Situs Karir Resmi Perusahaan

Untuk menghindari penipuan yang kerap terjadi, kamidapat melamar lewat situs karir perusahaan yang kamu tuju. Nah disini kamu akan mendapatkan informasi lengkap, seprti posisi yang dibutuhkan, kualifikasi, bahkan dapat langsung mengirimkan CV dan Surat Lamaran Kerja.

  • Cek Linkedin HRD

Tak jarang banyak yang orang kerap dihubungi oleh pihak yang mengaku dari perusahaan, padahal tidak pernah melamar kerja sebelumnya. Nah, jangan terburu-buru untuk mengiyakan tawaran tersebut, sebab bisa saja itu adalah penipuan.

Kamu dapat mengecek apakah orang yang menghubungi kamu tersebut benar-benar pegawai di perusahaan tersebut. Kamu dapat mengetik (Nama orang/HRD yang menghubungi kamu + Nama perusahaan) di kolom pencarian Linkedin. Jika terjadi hal yang janggal atau kamu masih ragu, kamu dapat menghubungi nomor telepon perusahaan yang bersangkutan.

***

Nah itu tadi penjelasan ciri-ciri lowongan kerja fiktif atau palsu. Saat melihat lowongan kerja, jangan terburu-buru untuk mengirim CV dan lamaran. Baiknya kamu searching dulu tentang perusahaan pada iklan loker tersebut, apakah palsu atau tidak. Jangan sampai kamu terjerat pada loker palsu yang dapat merugikan diri kamu sendiri.

Sekian artikel tentang Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu dan Cara menghidarinya. Semoga bermanfaaat dan dapat membantu kamu untuk mengetahui tentang loker palsu yang perlu dihindari. Simak juga berbagai artikel menarik seputar dunia kerja lainnya hanya di BikinCV Blog.

Bagikan Yuk :

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI