5 Kesalahan Fresh Graduate Bikin Susah Dapat Kerja

5 Kesalahan Fresh Graduate Bikin Susah Dapat Kerja

5 Kesalahan Fresh Graduate Bikin Susah Dapat Kerja – Setelah menempuh pendidikan, para fresh graduate tentunya akan memikirkan dirinya untuk melamar pekerjaan. Mereka akan berbondong-bondong melamar pekerjaan pada setiap perusahaan yang membuka lowongan kerja. Bahkan mereka akan melamar ke lebih dari satu perusahaan yang membuka lowongan yang sesuai dengan kompetensi mereka.

Pada perkembangan teknologi seperti saat ini, jelas memudahkan kita dalam mengakses berbagai informasi, salah satunya info tentang lowongan kerja. Bisa kita lihat saat ini banyak informasi lowongan kerja yang diiklankan di media sosial, seperti instagram, facebook dan yang lainnya. Biasanya informasi ini diiklankan oleh akun infomasi lowongan kerja dengan informasi yang lengkap.

Dari kemudahan tersebut, membuat adanya persaingan dalam melamar kerja oleh ratusan hingga ribuan pelamar. Persaingan ini pun akan terus berlanjut hingga tahap interview. Dengan ini, kamu harus mengetahui bahwa tak hanya ada 1 orang yang melamar pada suatu perusahaan, bahkan hingga ratusan orang. Maka dari itu, ada baiknya kamu mempersiapkan diri saat akan melamar pekerjaan.

Tak hanya karena persaingan, yang menyebabkan beberapa pelamar juga ditolak karena beberapa kesalah yang dilakukan. Kesalahan dalam melamar kerja ini cederung kerap dilakukan oleh para fresh graduate yang membuat mereka susah dalam mendapatkan kerja. Penasaran dengan apa saja kesalahannya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Kesalahan Fresh Graduate Saat Melamar Kerja

5 Kesalahan Fresh Graduate Bikin Susah Dapat Kerja
Ilustrasi Fresh Graduate | Image Source : Pexels.com

1. CV kurang menarik

CV atau Curriculum Vitae juga harus kamu buat dengan semenarik mungkin. Meskipun tidak ada patokan bentuk yang ideal. Namun ada baiknya CV yang kamu buat dapat mudah di baca dan enak untuk dilihat. Terlebih bagi kamu yang melamar kerja pada industri kreatif, maka CV yang kamu buat harus menunjukan bahwa kamu adalah orang yang kreatif.

2. Terlalu idealis

Kesalah yang kerap dilakukan oleh seorang fresh graduate selanjutnya adalah terlalu idealis. Biasanya seseorang yang baru lulus kuliah menjunjung tinggi idealismenya dalam mencari kerja. Misalnya, mereka biasanya menargetkan langsung mendapatkan gaji tinggi atau jobdesk idaman. Terkadang hal ini jauh dari realita yang membuat mereka kurang menerimanya.

3. Kurang disiplin

Dalam bekerja, disiplin haruslah kamu tingkatkan, seperti dalam hal disiplin waktu, belajar hal baru, dan dalam mencari pekerjaan. Tidak disiplin menjadi salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh seorang fresh graduate. Ini pula yang kerap menyebabkan seorang fresh graduate kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan.

Maka dari itu, mulailah rubah dirimu menjadi orang lebih disiplin dalam hidup. perbaiki dirimu agar suatu saat kamu dapat meyakinkan perusahaan bahwa kamu adalah orang yang disiplin. Mulailah belajar disiplin dari hal kecil dulu.

4. Terlalu memilih pekerjaan

Memilih pekerjaan tentu hal wajar dilakukan, sebab kamu harus menyesuaikan kualifikasi pekerjaan dengan kemampuan yang kamu miliki. Namun, jika terlalu memilih pekerjaan juga bukan hal yang baik untuk kamu. Ingatlah bahwa kamu harus menyesuaikan kualifikasi dengan kemampuanmu, bukanlah dengan memaksa kehendak kamu sendiri.

Inilah yang menjadi kesalahan seorang fresh graduate, telalu memilih pekerjaan atas dasae yang kurang masuk akal. Tentu hal ini akan membuat kamu susah dalam mendapatkan pekerjaan.

Tidak ada salahnya jika kamu melamar pekerjaan sesuai dengan minatmu dan posisi jabatan yang kamu inginkan. Namun kamu juga harus memahami, bahwa untuk mencapai pekerjaan dengan posisi strategis perlu adanya proses dan pengalaman. Perusahaan memiliki kreteria dan pertimbangan khusus dalam hal menerima pelamar yang fresh graduate jadi tidak semudah membalikan telapak tangan.

Bagi mereka yang telah memiliki pengalaman kerja selama masa kuliah, kemungkinan mendapatkan pekerjaan pada posisi strategis tersebut. Sebab mereka telah memiliki pengalaman yang mumpuni, lantas bagaimana jika seorang fresh graduate yang kurang pengalaman? Tentu kamu akan kalah dengan orang yang telah memiliki pengalaman lebih.

Jadi, lebih baik kamu memilih pekerjaan dengan posisi yang belum terlalu tinggi, namun ada jenjang karirnya. Sebab suatu saat dapat berkembang di kemudian hari. Dengan ini juga kamu perlu kesabaran dan ketekunan untuk mendapatkan posisi yang kamu impikan. Tetap semangat!

5. Terlalu nyaman

Kesalahan yang kerap dilakukan selanjutnya adalah terlalu nyaman kegiatan lain setelah lulus kuliah. Tak jarang seorang fresh graduate mengulur waktu untuk sekedar bersantai setelah lulus. Nah hal ini bisa menjadi keterusan dan menjadikan kita terlalu nyaman menjalaninya, sehingga lupa untuk melamar pekerjaan.

Waktu luang selama lulus kuliah digunakan untuk sekedar bersantai dirumah, nongkrong dan bermalas-malasan. Tentu kegiatan ini jika dilakukan secara terus menerus akan membuat kamu nyaman dalam menjalaninya. Alhasil kamu melupakan kewajibanmu untuk mencari pekerjaan.

Sebaiknya setelah luluh kuliah, mulailah untuk mencari pekerjaan agar kamu lebih cepat untuk mendapatkan kerja. Mulailah berlatih tentang kedisiplinan, menambah pengetahuan dalam proses perekrutan dan yang lainnya. Ini lebih bermanfaat, sehingga kamu lebih siap mengikuti proses perekrutan saat melamar kerja.

***

Nah itu tadi 5 Kesalahan Fresh Graduate Bikin Susah Dapat Kerja. Jadi, jangan lakukan hal diatas agar kamu segera mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Tetap aktif dalam mencari informasi lowongan kerja terbaru, jangan bermalas-malasan.

Semoga artikel diatas dapat membantu dan menjawab keresahan kamu yang belum mendapatkan pekerjaan hingga saat ini. Tetap semangat dan jangan mudah menyerah. Simak juga artikel menarik lainnya seputar dunia kerja hanya di BikinCV Blog.

Bagikan Yuk :

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI