Update terakhir : October 26, 2020

4 Investasi Yang Cocok Untuk Generasi Milenial – Beberapa generasi milenial sudah memiliki keinginan untuk berinvestasi. Namun beberapa lainnya masih belum memahami dengan jelas apa yang dimaksud dengan investasi. Ada juga yang belum mempunyai modal lebih dan takut untuk memulai investasi karena permasalahan resiko. Dewasa ini, banyak produk investasi yang menjanjikan dan cocok untuk anak milenial.

Terkadang banyak orang yang kebingungan dalam memilih jenis investasi saat baru memulai berinvestasi. Kecanggihan teknologi sekarang dapat mempermudah anda dalam mendapatkan informasi tentang jenis-jenis investasi. Karena wajib untuk anda mencari informasi sebelum melakukan investasi. Anda bisa mencari tahu dan dapat memilih investasi mana yang cocok untuk anda.

4 Investasi Yang Cocok Untuk Generasi Milenial
4 Investasi Yang Cocok Untuk Generasi Milenial | Image Source : unsplash.com

Anda sebagai generasi milenial seharusnya menyadari betapa pentingya investasi. Orang yang sudah menyadari tentang pentinya investasi akan mempertimbangkan dengan baik-baik. Namun, tak menutup kemungkinan beberapa orang tidak mau tahu bagaimana pentingya investasi demi masa depan yang lebih baik. Banyak faktor yang mempengaruhi orang yang tidak ingin berinvestasi, mungkin karena modal ataupun faktor lainnya.

Sekarang, mulailah memikirkan masa depan dan jangan hanya berfoya-foya menghabiskan uang. Ada baiknya untuk anda memulai investasi dimasa muda, dengan ini anda akan dapat menata masa depan anda. Jika anda masih bingung untuk memilih investasi yang cocok untuk anda generasi milenial, berikut kami akan berikan 4 investasi yang cocok untuk generasi milenial.

4 Investasi Yang Cocok Untuk Generasi Milenial

4 Investasi Yang Cocok Untuk Generasi Milenial
4 Investasi Yang Cocok Untuk Generasi Milenial | Image Source : Pexels.com

1. Investasi Reksadana

Reksadana merupakan salah satu investasi yang cocok untuk generasi milenial. Karena, reksadana adalah salah satu alternatih investasi bagi masyarakat yang tidak mempunyai banyak modal dan waktu. Resiko pada reksadana juga tidak setinggi investasi lainnya. Anda tidak perlu takut untuk memulai investasi ini. Karena,investasi ini tidak memerlukan modal banyak, cukup Rp.100.000 anda sudah bida beriventasi reksadana.

Ada bebarapa jenis reksadana yang dapat kalian pilih. Mulai dari pasar uang, pendapatan tetap dan pasar saham. Sebelum anda melakukan investasi reksadana, ada baiknya anda mempelajari dulu alur investasi ini. Dana investasi yang anda alokasikan nantinya akan diurus oleh manajer investasi, maka pilihlah tujuan reksadana yang tepat. Baca dan mengertikan prospektusnya dan pahami seluk-beluk dibaliknya.

Mendaftar reksadana mirip dengan membuka rekening pada bank tertentu. Apabila nanti anda sudah mulai berinvestasi, anda akan akrab dengan istilah Unit Penyerta (UP) dan Nilai Aktiva Bersih (NAB). Cukup mudah untuk menghitung keuntungan investasi reksadana.

Contohnya untuk A seharga Rp.1.500. Maka bila anda membeli dengan 1.000 UP, anda akan membeli dengan harga Rp.1.500.000. Pada akhir tahun, bila NAB untuk A naik menjadi Rp.2.000.000, maka anda akan mempunyai untung Rp.500.000.

Bila NAB turun menjadi Rp.1.100.000 , beratti rugi Rp.400.000. Rekomendasi yang paling tepat ketika NAB turun diakhir tahun adalah jangan cepat dijual agar anda bisa meredam kerugian.

2. Investasi Saham

Investasi ini juga cocok untuk anda sebagai pemula. Beberapa tahun terakhir, sudah bayak generasi milenial yang mulai berinvestasi pada saham. Hal ini karena akses terhadap pasar saham kini semakin mudah.

Saat ini, banyak perusahaan sekuritas yang bisa diakses untuk mendaftar dan mulai berkontribusi terhadap pasar saham. Keuntungan dari investasi saham yang bisa anda dapat antara lain. Mulai dari jual-beli setiap kepemilikan dan juga divideb dari perusahaan yang sahamnya kita miliki.

3. Investasi Emas

Investasi emas menjadi salah satu investasi yang paling mudah untuk dimulai. Sederhananya, investasi saham bisa didefinisikan sebagai kepemilikan fisik atas emas batangan, bisa berupa emas antam. Atau secara value di platform online yang bergerak dibidang investasi emas.

4. Investasi properti

Berinvestasi properti memang membutuhkan modal yang sangat besar. Namun keuntungan yang akan didapat juga akan besar dalam jangka panjang. Anda juga bisa menciptakan passive icome dengan aset properti. Anda juga dapat menjadikannya sebagai sebuah investasi yang bisa dijual kembali dalam beberapa tahun kedepannya.

Itu tadi investasi yang cocok untuk generasai milenial. Ingat bahwa investasi sangat perlu anda lakukan demi masa depan. Dengan investasi, anda dapat menata kehidupan anda kedepannya menjadi lebih baik dan masa tua anda akan terjamin. Tetap ingat, berhati-hatilah dalam berinvestasi, berinvestasilah pada produk investasi yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Demikian 4 Investasi Yang Cocok Untuk Generasi Milenial. Semoga bermanfaat dan semoga dapat membantu anda yang sedang kebingungan mencari produk investasi yang cocok untuk anda. Semoga artikel dapat menjadi pertimbangan untuk anda memilih investasi. Lihat juga artikel kami tentang Apa Itu Investasi Obligasi Dan Keuntungannya. Terimakasih