Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

Contoh Naskah Pidato Pendidikan Yang Baik Dan Benar

Contoh Pidato Kebersihan Lingkungan
Bagikan :

Contoh Naskah Pidato Pendidikan Yang Baik Dan Benar – Dalam setiap penyelenggaraan acara yang bersifat formal atau resmi. Sering tentunya kita mendengar pembacaan pidato dari ketua penyelenggara acara. Kegiatan ini wajib dilakukan disetiap acara yang bersifat resmi. Dimana, pidato ini berisaikan pesan moral yang akan dibacakan dalam acara tersebut. Tak menutup kemungkinan bahwa masih banyak orang yang belum mengetahui tentang cara pembuatan pidato yang baik dan benar. Untuk itu, perlunya anda mengetahui tentang apa saja isi tentang pidato tersebut. Sehingga, anda dapat membuat pidato dengan baik dan benar.

Perlu kalian ketahui sedikit tentang pidato, apa itu pidato ?

Contoh Naskah Pidato
Contoh Naskah Pidato Pendidikan | Image Source : Pexels.com

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara didepan umum untuk menyatakan sebuah pendapat atau memberikan suatu gambaran tentang suatu hal. Biasanya dibacakan oleh ketua dalam acara atau pimpinan yang akan memberikan pernyataan tentang suatu hal. Dalam pidato juga tesisip pesan moral yang diberikan oleh ketua/pimpinan yang disampaikan di khalayak ramai.

Ada beberapa fungsi dari pidato yang mungkin tak banyak yang mengetahu, beberapa fungsi dari pidato adalah

  1. Mempermudah kemunikasi antara atasan dengan bawahan.
  2. Memudahkan ketua untuk berkomunikasi dengan anggota dalam sebuah organisasi/lembaga.
  3. Menciptakan suasana yang kondusif karena hanya satu orang yang membaca/berorasi.

Perlunya menggunakan bahasa yang baik saat berpidato ini sangat penting. Dimana, dalam pembuatan pidato haruslah dibuat bahasa yang baku dan mudah dimengerti agar penyampaian pidato dapat mudah didengar oleh khalayak ramai. Isi dalam pidato haruslah menyatakan suatu peristiwa yang nyata tanpa direkayasa. Sangatnya dilarang mencantumkan kata-kata yang tidak baik, unsur sara atau hoax. Buatlah pidato yang baik yang berisikan pesan moral agar pendengar semakin memperhatikan apa yang anda sampaikan. Berikut kami akan berikan 5 Contoh Naskah Pidato Yang Baik dan Benar.

Contoh Naskah Pidato Pendidikan Yang Baik dan Benar.

PIDATO PENDIDIKAN

“PENGARUH GLOBALISASI”

[Salam Pembuka]
  • Yang Saya hormati
  1. Kepala Sekolah SMAN 1 SukaMaju
  2. Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 SukaMaju
  3. Guru-guru SMAN 1 SukaMaju
  • Beserta seluruh rekan SMAN 1 SukaMaju yang saya cintai dan banggakan

Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat-Nya kita dapat berkumpul pada hari ini dalam keadaan yang sehat.

Mungkin sudah banyak diantara hadirin yang paham mengenai pengertian globalisasi, atau mungkin masih ada yang belum memahaminya?

Kali ini saya ingin mengajak hadirin semua untuk memikirkan kembali beberapa pola kehidupan yang diakibatkan oleh globalisasi. Apa pengaruhnya bagi kita semua dan bagaimana cara kita menghadapi pengaruh dari globalisasi ini ?. Perlunya hadirin menyadari perkembangan yang telah terjadi dan tentu saja hadirin mengerti sedikit tentang apa yang dimaksud globalisasi.

Globalisasi berarti proses penyebaran unsur-unsur baru yang mencangkup informasi dari seluruh dunia melalui media cetak atau elektronik yang kini terlah berkembang pesat. Globalisasi memberikan pengaruh yang signifikan ke semua aspek lini kehidupan masyarakat.

Video Dari BikinCV

Sistem telekomunikasi juga mempunyai dampak global dalam aspek kehidupan bermasyarakat. Sebagai contohnya kini tersedia banyak handphone yang canggih. Zaman canggih seperti sekarang ini, handphone nampaknya sudah tidak dapat dipisahkan lagi dengan kehidupan kita.Internet menjadi salah satu contoh dari pengaruh globalisasi tersebut. Hampir tidak ada pandangan umur lagi untuk dapat menggunakan kecanggihannya. Bahkan, tidak sedikit dari generasi muda yang bisa menemukan penemuan terbaru hanya melalui internet. Sehingga, generasi dapat lebih kreatif. Namun, tidak menutup kemungkinan jika unsur negatif pada internet juga dapat merusak mental generasi muda.

Dampak globalisasi juga mempengaruhi dunia kuliner di indonesia. Perlahan masyarakat sudah dapat menerima makanan-makanan yang berasal dari luar negeri. Dan kebanyakan masyarakat saat ini lebih memilih makan makanan luar negeri dari pada kuliner khas Nusantara yang rasanya beragam yang rasanya tidak kalah. Perlunya kita menyadari betapa pentingnya kita untuk melestarikan ciri khas yang kita miliki agar budaya kita tidak tegerus oleh zaman.

Aspek berikutnya adalah fashion. Tampak jelas sekali berbagai macam jenis pakaian yang booming di luar negeri dan kini fashion mereka di Indonesia. Berkat kecanggihan teknologi yang mendorong fashion luar masuk ke dalam negeri yang membawa dampak yang sangat signifikan.

Bidang lain yang tidak kalah adalah olahraga. Kita sekarang sudah bisa menyaksikan melalui channel televisi yang menyiarkan secara langsung pertandingan olahraga kapanpun dan dimanapun berada. Mempermudah para generasi untuk menyaksikan pertandingan dan membuat generasi muda yang gemar berolahraga termotivasi. Begitu banyak aspek yang mampu dipengaruhi oleh globalisasi. Hal ini sebagai bukti bahwa setiap masyarakat mampu merasakan pengaruhnya dimasa ini.

Beberapa aspek yang telah dijelaskan di atas, menandakan bahwa pengaruh globalisai sudah hampir merasuk dalam seluruh lini aspek kehidupan. Maka dari itu, kita haruslah lebih pandai menghadapinya. Untuk itu, sebagai masyarakat kita harus bisa memilah efek globalisasi ini dengan hanya mengambil sisi positifnya saja dan menghiraukan unsur sisi negatifnya. Sehingga, budaya dari luar yang akan masuk ke Indonesia dapat terfilter dengan baik. Apabila hal ini dapat dilakukan oleh semua masyarakat, maka ciri khas kearifan Budaya Nusantara ini akan dapat dijaga dan dipertahankan dengan baik. Tentunya akan dapat lebih dilestarikan.

Semoga apa yang saya sampaikan saat ini dapat memberikan pencerahan dan pengertian kepada kita semua. Harapan saya untuk kita bersama, semoga pengaruh globalisasi ini tidak akan merusak keutuhan Bangsa dan Negara. Terima kasih.

[Salam Penutup]

Download Contoh Naskah Pidato Pendidikan Yang Baik Dan Benar disini.

Nah, itu tadi Contoh Naskah Pidato Pendidikan Yang Baik dan Benar. Semoga dapat membeantu anda yang sedang mencari contoh naskah pidato dan dapat menambah wawasan tentang pembuatan pidato. Lihat jua artikel kami tentang 5 Contoh Proposal Kegiatan Kampus Yang Baik dan Benar.

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI