Update terakhir : October 26, 2020

Apa Itu Investasi Obligasi Dan Keuntungannya – Pernahkah anda mendengar tentang obligasi?. Mungkin anda sudah pernah mendengarnya, namun tak menutup kemungkinan bahwa masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Popularitas investasi obligasi sejauh ini tidak seramai saham dan deposito. Tapi bukan berarti jenis investasi ini tidak ada peminantnya. Bahkan ORI sampai saat ini menjadi salah satu obligasi negara (surat utang negara) yang sangat diburu oleh masyarakat.

Banyak yang belum mengetahui apa itu obligasi ini. Masih banyak pula yang belum tahu tentang keuntungan dari investasi obligasi ini atau yang kerap disebut investasi surat utang. Sebelum lanjut, sebaiknya ketahui dulu pengertian dari obligasi ini.

Apa Itu Obligasi ?

Apa Itu Investasi Obligasi Dan Keuntungannya
Apa Itu Investasi Obligasi Dan Keuntungannya | Image Source : unsplash.com

Obligasi ialah surat utang yang diterbitkan oleh entitas pemerintahan atau oerusahaan dengan jangka waktu tertentu. Dengan memiliki obliigasi, artinya negara atau perusahaan berutang pada anda sebesar yang dijanjikan dengan waktu jatuh tempo yang sudah disepakati.

Selain itu, debitur (negara atau perusahaan) akan membayarkan bunga atau kupon kepada anda setiap bulannya. Investasi obligasi juga termasuk jenis investasi yang aman dan mumpuni. Setelah anda mengetahui pengertian obligasi, selanjutnya anda harus mengetahui keuntungan dari investasi obligasi ini.

Apa Saja Keuntungan Investasi Obligasi ?

Apa Itu Investasi Obligasi Dan Keuntungannya
Apa Itu Investasi Obligasi Dan Keuntungannya | Image Source : unsplash.com

Ketika anda baru memulai investasi, pastikan anda mencari tahu terlebih dahulu tentang latar belakang investasi terkait. Tujuannya agar anda mendapatkan informasi track record dari investasi tersebut. Perlunya mencari tahu tentang keuntungan dan resiko dari investasi tersebut. Yang terpenting adalah pastikan bahwa investasi tersebut terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ada beberapa keuntungan dari investasi obligasi ini, keuntungannya seperti berikut :

  • Memperoleh kupon (bunga) yang didapat secara berkala

Anda biasanya memperoleh setiap bulan atau tiga bulan bahkan enam bukan sekali. Kupon tersebut terbagi menjadi dua jenis, yaitu kupon fied (tetap) dan kupon floating (tidak tetap).

  • Mendapatkan capital gain saat menjual obligasi kepada investor umum

Capital gain merupakan keuntungan yang didapat dari selihih harga jual dikurangi harga beli suatu obligasi.

  • Pastikan dibayarkan kembali ditambah dengan return

Jika obligasi negara, maka anda tidak perlu khawatir karena sudah terjamin kemanannya. Sudah tercantum dalam UU No.24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara atau UU No.19 Tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara.

  • Keuntungan kupon obligasi lebih tinggi daripada keuntungan bunga deposito

Hal ini menjadi pertimbangan anda dalam berinvestasi agar dapat menerima keuntungan semaksimal mungkin.

  • Dapat dijadikan sebagai agunan atau jaminan

Obligasi bisa digunakan sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman ke bank atau membeli saham ke bursa efek.

Saran kami, tetaplah berhati-hati dalam berinvestasi. Bijaklah menentukan pilihan tempat berinvestasi, jangan tergiur dengan return tinggi yang dijanjikan produk investasi abal-abal. Beinvestasilah pada produk investasi yang sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Cari tahu tentang latar belakang produk investasi tersebut sebelum berinvestasi. Mulailah berinvestasi dengan bijak dan teliti.

Sekian pengertian Investasi Obligasi dan Keuntungannya. Semoga bermanfaat dan semoga dapat membantu anda yang ingin berinvestasi obligasi. Lihat juga artikel kami tetang Bingung Mau Investasi Saham Atau Reksadana? Baca Dulu Ini. Sekian dan Terimakasih.