Perbedaan CV Dan Resume Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Melamar Kerja – Anda seorang fresh graduate? Tentunya harus tau tentang perbedaan CV dengan resume. Dewasa ini, masih banyak masyarakat yang belum memahami betul tentang perbedaan CV dengan resume ini. Keduanya memang memiliki fungsi yang sama, yaitu melamar pekerjaan. Namun tahukah anda tentang perbedaan CV dan resume ini. Sebelum anda melamar pekerjaan, sebaiknya pahami dulu tentang perbedaan dari 2 berkas penting ini, agar anda dapat memahami cara pembuatannya.

Tak jarang orang-orang beranggapan bahwa CV dengan resume itu sama. Namun, harus anda pahami bahwa kedua hal ini memliki perbedaan yang bisa dibilang cukup signifikan. Agar anda tidak bingung, kita akan berikan informasi tentang perbedaan CV dengan resume. Agar anda dapat memahami dan mempermudah anda untuk membuatnya.

Pengertian CV dan Resume

Sebelumnya, anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian dari CV dan resume ini. Dengan ini anda akan dapat dengan mudah membedakan kedua hal ini, berikut pengertiannya :

  • Pengertian CV

Curriculum Vitae (CV) atau kerap disebut daftar riwayat hidup adalah dokumen yang menjelaskan diri anda sebagai pelamar kerja dengan rinci. CV ini digunakan sebagai media untuk menggambarkan tentang cerita kehidupan anda. maka dari itu, isi pada CV harus anda buat dengan rinci. Pada umumnya, isi dalam CV mencakup informasi-informasi, seperti :

  1. Data diri.
  2. Pengalaman kerja.
  3. Kualifikasi
  4. Pendidikan
  5. Prestasi akademis / non akademis yang pernah anda raih.
  6. Prestasi yang berkaitan dengan pekerjaan yang anda lamar.

CV berisikan informasi yang lebih mendalam mengenai perjalanan hidup dan karir yang pernah anda tempuh. Informasi yang tercatat dalam CV harus disusun dengan benar, sehingga perekrut dapat memahami CV anda secara menyeluruh sebelum merekrut anda. Perlu anda ingat, CV juga memiliki batasan maksimal yang membedakannya dengan resume.

Bingung mau buat CV dengan Template yang bagus? Yuk buat di BikinCV saja. Platform pembuatan CV dengan berbagai template menarik yang akan membuat CV anda terlihat lebih keren dan menarik.

  • Pengertian Resume

Resume merupakan ringkasan atau gambaran singkat mengenai diri anda. Disertai dengan alasan “Kenapa perusahaan harus merekrut anda  sebagai karyawan”. Resume memiliki sifat yang lebih fleksibel jika anda bandingkan dengan CV. Jika pada CV berisikan riwayat kehidupan anda, pada resume anda dapat menyesuaikan dengan pekerjaan yang anda lamar. Biasanya didala resume anda dapat mengubah sesuai dengan kebutuhan anda. Karena perlu anda ketahui, pembuatan resume bertujuan untuk mengiklankan diri anda.

Selain itu, jika pada CV anda dapat menulis lebih dari 2 halaman atau tidak ada ketentuan batas maksimal. Pada resume, anda hanya perlu menulis satu halaman saja. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah anda dapat meringkas kemampuan yang anda miliki dalam satu halaman singkat. Tujuan umum dari pembuatan resume adalah untuk menginformasikan mengenai kualifikasi seseorang secara singkat, padat, dan jelas. Kenapa resume dibuat dengan singkat? Agar dapat mudah dipahami oleh perekrut saat melamar pekerjaan.

Perbedaan Curruculum Vitae (CV) Dengan Resume

Perbedaan CV Dan Resume Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Melamar Kerja
Perbedaan CV Dan Resume Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Melamar Kerja | Image Source : Pexels.com

Masih kebingungan dengan perbedaan antara CV dengan resume? Jika masih, berikut kami jelaskan dengan lebih detail. Berikut penjelasannya perbedaan secara detail :

  • Curriculum Vitae (CV)
  1. CV harus disusun dengan rapi, karena memuat informasi mengenai kehidupan anda secara rinci. Jumlah halamanya tidak dibatasi, anda bisa menulis lebih dari satu halaman.
  2. Harus dibuat sesuai ketentuan yang berlaku daat pembuatan CV.
  3. Memiliki urutan informasi yang berlaku dan telah ditentukan. Maka dari itu, urutan informasi pada CV tidak dapat dirubah.
  4. CV pada umumnya dibuat dengan panjang, statis, dan memuat informasi karir anda secara lengkap.
  • Resume
  1. Resume berisi ringkasan secara singkat tentang kemampuan yang anda miliki pada satu halaman.
  2. Dapat disunting dan ditulis sesuai kebutuhan posisi yang anda lamar pada perushaan tujuan anda.
  3. Resume memiliki urutan penjelasan yang sederhana.
  4. Memiliki isi yang lebih pendek dengan bentuk yang tidak tetap dan dapat anda rubah sesuai kebutuhan anda.

Penggunaan CV dan Resume di Berbagai Negara

1. Amerika Serikat dan Kanada

Di Amerika Serikat dan Kanada, resume sangat digemari debagai dokumen lamaran. Orang-orang di AS dan Kanada akan menggunakan CV hanya saat melamar beberapa posisi di luar negara mereka. Selain itu, penggunaan CV juga digunakan hanya saat mencari ramuan yang terkait dengan penelitian akademis.

2. Inggris, Selandia Baru dan Irlandia

Disini, CV merupakan dokumen yang paling digemari. Di Inggris, Selandia Baru dan Irlandia, CV digunakan untuk melamar berbagai jenis pekerjaan. Resume hampir tidak digunakan pada Negara-negara tersebut.

3. India, Afrika Selatan dan Australia

Sementara itu di India, Afrika Selatan dan Australia istilah CV dan resume sigunakan secara bergantian. Biasanya untuk perusahaan sektor swasta akan menggunakan resume. Sedangkan untuk pendirian sektor publik akan menggunakan CV di Negara-negara tersebut.

Sekian informasi tentang Perbedaan CV Dan Resume Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Melamar Kerja. Sebelum anda melamar pekerjaan, ada baiknya anda mengetahui tentang perbedaan dari kedua dokumen ini. Agar anda dapat membuatnya dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga artkel ini bermanfat dan dapat membantu anda. Jangan lupa lihat juga artikel tentang Cara Mengisi Bagian “Tentang Saya” Pada CV  dan artikel maenarik lainnya hanya di BikinCV.com.