Update terakhir : October 28, 2020

Contoh Surat Tagihan Pembayaran, UMKM Wajib Baca! – Saat ini, ada beberapa macam surat tagihan pembayaran yang bentuknya disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing. Cara pembuatannya sangat gampang, maka dari itu, sudah banyak yang bisa membuat surat ini sendiri sesuai dengan keinginan sendiri. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada beberapa orang yang belum mengerti tentang cara pembuatan dari surat ini.

Masih ada beberapa orang yang kebingungan dalam membuat surat tagihan ini, padahal pembuatannya sangat mudah. Mungkin dikarenakan oleh kurangnya pemahaman dan refrensi yang membuat beberapa orang masih merasakan kebingungan. Sebenarnya, hal yang terpenting dalam membuat surat tagihan ini adalah mengandung hal-hal yang dibutuhkan sebagai informasi untuk pembayaran.

Apa itu surat tagihan?

Surat tagihan adalah sebuah dokumen tertulis yang dibuat oleh penjual atau pemilik usaha kepada para pelanggan. Bertujuan untuk mendapatkan pembayaraan atau jasa atau produk yang telah diberikan sebelumnya yang belum dibayarkan oleh pihak pelanggan. Surat ini akan dikirimkan setelah pembayaran melewati tanggal jatuh tempo. Namun saat ini, banyak pemilik usaha yang mengirimkan dokumen tertulis ini beberapa hari menjelah hari terakhir pembayaran. Pengiriman surat ini sebenarnya dapat dilakukan kapan saja, karena memang tidak ada regulasi untuk pemberiannya.

Contoh Surat Tagihan Pembayaran, UMKM Wajib Baca!
Contoh Surat Tagihan Pembayaran, UMKM Wajib Baca! | Image Source : Pexels.com

Dengan begitu, penting nagi setiap orang untuk mengetahui cara membuat surat tagihan, terutama untuk pemilik usaha. Saat pembuatan surat, anda harus memahami elemen-elemen yang terkandung dalam surat, seperti berikut :

  • Kapasitas akan tunggakan yang belum dibayarkan
  • Jumlah invoice tunggakan yang dibebankan
  • Penjelasan bahwa jatuh tempo sudah lewat
  • Tambahan waktu jatuh tempo 1-2 minggu dengan harapan tunggakan segera dilunasi.

Ada beberapa bagian yang juga harus anda memngerti dalam membuat surat ini. Berikut beberapa bagian dalam surat tagihan :

  1. Kop surat : Pada bagian ini, anda bisa melampirkan nama dan alamat perusahaan serta logo perusahaan anda.
  2. Perihal surat : Menulis hal atau tujuan dari pengiriman surat tersebut.
  3. Perusahaan yang dituju : Tuliskan nama perusahaan yang anda tuju berserta alamatnya.
  4. Isi surat : Jelaskan besaran tagihan/tunggakan yang belum dibayarkan. Agar lebih jelas, anda dapat menambahkan nomor fuktur yang bisa anda jadikan penjelasan tambahan. Anda juga wajib mengisi berapa lama tunggakan tersebut sudah dibayar. Setelah itu, berilah keterangan mengenai tambahan waktu jatuh tempo yang akan diberikan agar pihak tertagih mendapatkan infomasi mengenai pelunasan.
  5. Tanda tangan : Sisipkan tanda tangan dan nama dari pihak yang mengirim surat agar lebih jelas.

Beberapa kiat khusus agar tagihan segera dilunasi

Biasanya, setelah kita mengirimkan surat ini kepada pihak yang tertagih, bisa saja tunggakan tidak langsung melunasi tagihan mereka. Untuk mengatahi hal ini terjadi, ada beberapa kiat khusus yang bisa anda lakukan agar tagihan yang dimiliki bisa segera dilunasi. Berikut kiat-kiat mudah untuk melakukan penagihan dengan sukses :

  • Kirimkan taguhan secara berkala

Biasanya, hal ini sangat sering dilakukan. Anda dapat mengirimkan surat tagihan yang pertama dan berisi informasi mengenai tagihan yang belum mereka bayar dan waktu jatuh temponya. Jika masih belum dilunasi, anda dapat mengirimkan surat tagihan kedua yang disertai dengan peringatan keras. Jika masih saja belum dilunasi, anda bisa melakukan tidakan lebih lanjut dengan memberikan ancaman seperti melaporkan ke pihak yang berwajib.

  • Follow up secara berkala

Selain surat tagihan, perusahaan anda perlu melakukan follow up secara berkala kepadak pihak tertagih. Hal ini bisa dilakukan dengan mengirimkan pesan via email atau SMS terkait dengan tagihan yang belum dibayarkan. Jikalau tagihan belum juga dilunasi, tingkat follow up bisa ditingkatkan dengan menghubungi pihak yang tertagih via telepon.

Contoh Surat Tagihan Pembayaran

BUMI MAJU

Jl. Cinta Kasih, No.32

Jakarta Pusat


Nomor : 20/BM/II/2019                                                                                  20 Juni 2019

Lamp               : Faktur

Hal                  : Penagihan Pembayaran

 

Kepada,

Semen Tara Sendiri Maju

Jl. Paku tusuk No. 115

Bandung

 

Dengan hormat,

Bersama ini kami beritahukan bahwa pembukuan kami, bapak masih memiliki kewajiban yang belum dibayarkan sebesar Rp. 15.000.000 (Lima Belas Juta Rupiah) sesuai faktur No. 20/BM/II/2019 yang salinannya kami sertakan sebagai lampiran surat ini.

Mengingat saat ini telah 3 bulan melewati batas waktu yang telah disepakati sebelumnya, maka dengan ini kami sangat berharap bapak akan segera melunasinya.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan atas perhatian bapak kamu ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

PT. Bumi Maju

 

Surya Negara, SE

Manager Keuangan

Download Surat Tagihan Pembayaran Yang Baik dan Benar disini.

Sekian Contoh Surat Tagihan Pembayaran Yang Baik dan Benar dan UMKM Wajib Baca!. Semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang berkeinginan membuat surat ini. Lihat artikel kami tentang Contoh Proposal Usaha Makanan Atau Kuliner Yang Baik Dan Benar dan lihat juga artkel menarik lainnya di BikinCV.com,  Terimakasih.