Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

Contoh Surat Paklaring dan Pengertian 2024

Bagikan :

Contoh Surat Paklaring dan Pengertian – Surat paklaring adalah dokumen penting bagi Anda yang ingin mencari pekerjaan baru. Tak hanya berfungsi sebagai tanda pengalaman kerja atau kompetensi, namun surat ini juga berguna untuk mendapatkan hak-hak ketenagakerjaan.

Dengan demikian, selama Anda masih berstatus sebagai pekerja, sangat penting untuk mengetahui syarat dan cara membuatnya. Nah, pada artikel kali ini akan mengulas mengenai pengertian, fungsi, dan contoh surat paklaring kerja. Yuk simak!

Apa itu Surat Paklaring?

Surat paklaring adalah dokumen pengalaman kerja seseorang pada posisi tertentu yang berisi jenjang karir, masa kerja, dan kinerja selama berada di perusahaan atau lembaga tersebut. Umumnya, mantan karyawan membutuhkan keterangan ini untuk melamar kerja di tempat lain. Biasanya, surat ini diterbitkan oleh perusahaan bersamaan dengan keluarnya pekerja mereka. Oleh karena itu, sebelum resign, penting bagi Anda untuk meminta dokumen ini kepada HRD. Meskipun belum membutuhkannya, namun ketika akan melamar di tempat lain, mungkin saja mereka akan meminta lampiran ini.

Fungsi Surat Paklaring

Dokumen ini tak sekadar berfungsi sebagai bukti pernah bekerja maupun lampiran ketika akan mendaftar di perusahaan baru, namun juga memiliki fungsi lain sebagai berikut.

  1. Bukti Jenjang Karir, Dedikasi, dan Prestasi Kerja
    Selain mencantumkan keterangan pekerjaan surat ini juga menjelaskan dedikasi dan prestasi Anda selama bekerja. Oleh sebab itu, banyak perusahaan besar atau start up ternama mensyaratkan dokumen ini untuk melihat kapasitas kandidat karyawannya.
  2. Syarat Pencairan Jaminan dan BPJS Kesehatan
    Surat ini juga merupakan salah satu syarat untuk membuat BPJS Kesehatan. Dengan demikian, Anda dapat mencairkan Jaminan Hari Tua (JHT) baik seluruhnya maupun sebagian. Jadi, jangan lupa untuk memintanya dari perusahaan sebagai pengganti keterangan kerja.
  3. Untuk Mengajukan Pinjaman di Bank
    Saat mengajukan pinjaman KPR, KTA, maupun KKB, pihak bank pasti akan menanyakan bukti yang menunjukkan bahwa Anda merupakan karyawan. Oleh karena itu, selain melampirkan slip gaji, pengajuan juga harus disertai surat dari perusahaan.Hal ini bertujuan agar bank percaya bahwa Anda memiliki penghasilan tetap dengan jumlah tertentu sehingga diharapkan mampu untuk membayar cicilan hingga lunas.
  4. Syarat Pengajuan Kartu Kredit
    Saat mengajukan kartu kredit, pihak penyedia biasanya meminta bukti bahwa calon nasabah sanggup membayar biaya administrasi dan tagihan tiap bulannya. Dengan demikian, melalui surat ini, bank mampu memperhitungkan kemampuan finansial Anda.
  5. Pengajuan Beasiswa Profesional
    Surat ini juga merupakan salah satu syarat administrasi untuk mendaftar beasiswa kuliah yang didanai oleh pemerintah maupun swasta melalui jalur profesional. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan referensi dari rekan maupun atasan untuk menunjukkan dedikasi selama bekerja.

Contoh Surat Paklaring Kerja

PT BIKIN INOVASI TEKNOLOGI
Jl. Sulatri 168x, Penatih, Denpasar
Bali

SURAT PAKLARING

No. : ___

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Wayan Bagus Genjing
Jabatan : Manajer Personalia

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama : Made Jhon Doe
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Nomor KTP : ___

Video Dari BikinCV

Memang benar telah bekerja pada perusahaan kami dengan masa kerja terhitung sejak ___ sampai dengan ___, dengan posisi jabatan terakhir sebagai Staf Kebersihan.

Sebagai informasi bahwa selama menjadi karyawan di perusahaan kami, Saudara Made Jhon Doe telah menunjukkan dedikasi serta loyalitas yang sangat tinggi. Dan dalam hal ini Saudara Made Jhon Doe telah mengundurkan diri atas kehendak pribadinya.

Demikian keterangan kerja ini kami sampaikan. Semoga Saudara Made Jhon Doe dapat menjadi lebih sukses di masa mendatang. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Denpasar, 10 April 2025,

 

Kepala PT. BIKIN INOVASI TEKNOLOGI,
Maha Sakti Wijaya

Itulah contoh surat paklaring yang biasa dikeluarkan oleh perusahaan kepada karyawan yang membutuhkan. Biasanya setiap perusahaan sudah memiliki format surat paklaring sehingga hanya perlu diisi data sesuai kebutuhan saja. Jika Anda membutuhkan surat ini, maka bisa mendatangi divisi personalia atau HRD.

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI