Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

Contoh CV Penyiar Radio dan Cara Membuatnya

Penyiar biasanya merujuk pada orang yang menyiarkan informasi kepada khalayak. Profesi penyiar identik dengan orang-orang yang jadi ujung tombak radio maupun televisi. Penyiar berperan penting dalam kesuksesan acara yang dipandunya. Untuk di radio, biasanya penyiar akan berinteraksi dengan pendengar dengan membawakan acara, menyampaikan informasi, mengisi narasi, menyajikan produk komersial, dan sebagainya.

1. Langkah-langkah Menjadi Penyiar Radio

Berikut langkah-langkah yang kiranya harus kita tempuh untuk menjadi seorang penyiar radio :

1.1 Belajar bicara

Menjadi penyiar adalah 100% berbicara. Jadi seorang calon penyiar harus memiliki kemampuan berbicara yang mumpuni mulai dari arikulasi, nada dan juga temponya. Kemampuan berbicara ini dapat dipelajari dan dilatih. Oleh karenanya bagi anda yang ingin menjadi seorang penyiar jangan berhenti untuk senantiasa berlatih berbicara.

1.2 Belajar mendengar

Selain berbicara anda juga harus raji-rajin mendengarkan orang lain siaran atau mendengar rekaman anda yang sedang berbicara. Dari sini anda dapat mencari referensi dan juga belajar bagaimana pembicaraan yang kiranya enak untuk didengar.

1.3 Menambah Wawasan

Sebagai seorang penyiar dituntut untuk memiliki wawasan yang luas agar tidak monoton pada satu pembicaraan. Oleh karenanya rajin-rajinlah menambah wawasan anda terkait musik misalnya tau hal-hal terkini.

1.4 Tentukan Gaya

Carilah gaya berbicara atau gaya siaran yang menjadi ciri khas anda. Dengan begitu ketika pendengar mendengarkan siaran anda makan dia kan langsung mengetahui bahwa itu adalah anda. Dengan gaya yang khas dan juga wibawa yang khas anda juga dapat memikat para pendengar untuk senantiasa mendengarkan siaran anda. Gaya yang khas menjadi daya tarik tersendiri dari seorang penyiar.

1.5 Terima Kritik dan Saran

Jangan ragu untuk meminta kritik dan saran dari orang lain yang bersifat membangun. Hal ini akan semakin menempa anda untuk mnjadi seorang penyiar yang baik. Oleh karenanya jangan segan-segan untuk meminta kritik dan saran dari orang lain. Dari sini anda dapat belajar apa yang menjadi kelebihan dan kekuranga anda.

1.6 Kirim Lamaran Ke Stasiun Radio

Hal ini menjadi hal yang terpenting, setelah anda berlatih dan menyiapkan diri maka hal terakhir untuk menjadi seorang penyiar adalah melamar ke stasiun radio. Tunjukan kompetensi dan kemampuan anda disana, dan perlihatkan segala hal yang anda miliki.

2. Tips Membuat CV Untuk Menjadi Penyiar Radio

2.1 Tentukan Kelebihan

Agar menarik HRD, bukan berarti kamu harus menuliskan semua kelebihanmu di kolom tentang saya. Cara menulis tentang saya di CV yang baik adalah dengan memilih beberapa kelebihan yang kamu anggap paling menonjol.

Bagaimana caraya? Nah, untuk melakukannya, cobalah lihat pada kualifikasi yang dibutuhkan pada lowongan yang ingin kamu lamar. Selanjutnya, pilihlah keterampilan, pengalaman, pengetahuan atau pencapaian yang menunjang dalam seleksi profil untuk lowongan tersebut.

Dengan begini, saat HRD melihat deskripsi diri di  CV, mereka mendapatkan gambaran kesesuaian antara kualifikasi yang mereka cari dengan dirimu.

2.2 Tekankan Pencapaian

Dalam bagian tentang saya, daripada tanggung jawab yang kamu kerjakan, HRD lebih tertarik dengan segala pencapaian yang kamu dapat. Apalagi bila pencapaian tersebut sangat relevan dengan posisi yang sedang kamu lamar.

Bila kamu seorang fresh graduate tanpa pengalaman kerja, kamu bisa menuliskan pencapaian kamu selama menjalani kuliah.

2.3 Jelaskan Tujuan Karir 

Di bagian akhir deskripsi diri, kamu bisa menjelaskan dengan sebuah pernyataan mengenai tujuan karir kamu yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Ini akan membantu sekali pada CV untuk menjadi penyiar radio

3. Desain dan Format

 

Sekian Contoh CV Penyiar Radio dan Tips Membuatnya. Kini kamu lebih mudah dalam membuat CV lamaran kerja dengan menggunakan BikinCV. Pada BikinCV kamu dapat membuat CV dengan cepat dan praktis karena tersedia banyak fitur yang dapat membantu kamu dalam proses pembuatan CV. Selain itu, di BikinCV juga terdapat banyak template CV menarik yang bisa kamu gunakan.

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI