Cara Membuat Video CV, Ikuti Langkah-langkah Berikut!

Cara Membuat Video CV, Ikuti Langkah-langkah Berikut!

Cara Membuat Video CV, Ikuti Langkah-langkah Berikut! – Pernah mendengar tentang Video CV?. Istilah satu ini belakangan kerap muncul dan digunakan sebagai sarana untuk memperkenalkan diri ketika melamar kerja.

Pada umumnya, CV akan dibuat dengan tertulis dengan desain template yang semenarik mungkin. Namun berbeda dengan video CV satu ini, anda akan menampilkan diri dan kemampuan anda melalui rekaman video. Tentunya anda haruslah mempesiapkan beberapa hal saat sebelum membuat CV video ini.

Meskipun tak semua perusahaan menggunakan persyaratan ini. Namun ada beberapa perusahaan yang menggunakan persyaratan satu ini dengan berbagai tujuan. Bagi anda yang akan melamar kerja, alangkah baiknya anda ketahui cara dan persiapan apa saja yang perlu anda siapkan saat membuat video CV ini, agar anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Membuat Video CV

Ada beberapa langkah-langkah yang perlu anda ketahui sebelum membuat video CV. Tentunya dalam membuat video ini, anda haruslah membuatnya dengan baik dan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal. Maka dari itu, ada baiknya anda mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Siapkan naskah

"Cara

Hal satu ini begitu penting untuk anda lakukan, sama seperti membuat video lainnya yang tentu anda harus membuat naskahnya terlebih dahulu. Dengan ini, anda akan dapat menentukan konsep video CV yang akan anda buat. Anda dapat membuat video satu ini berupa video ala vlog, atau menggunakan berbagai teknik editing untuk menampilkan kemampuan dan pengalaman anda.

Dalam membuat video CV, disarankan untuk menggunakan kalimat aktif. Ini bertujuan agar dapat memberkan kesan yang baik dan kuat pada video CV yang anda buat. Maka dari itu, jangan lupa siapkan naskah terlebih dahulu ya, sebelum melakukan take video CV.

2. Siapkan tempat

"Cara

Selain naskah, anda juga harus mempersiapkan tempat untuk merekam video. Pilihlah tempat yang nyaman ketika membuat video demi kualitas rekaman yang anda buat. Carilah ruangan dengan latar dan pencahayaan yang baik demi kualitas video yang baik. Ada baiknya gunakan latar yang polos sehingga tidak ada potensi distraksi dalam video. Selain itu, latar polos juga dapat memberika kesan prosfesional pada video CV yang anda buat.

3. Siapkan alat perekam

"Cara

Dalam membuat video, pastikan alat perekam yang anda gunakan dapat menangkap gambar dan audio berkualitas tinggi. Tentunya hal ini penting untuk memastikan wajah anda tampak dan suara anda terdengar dengan baik. Kamu dapat menggunakan alat, seperti kamera smartphone, tablet atau kamera profesional.

Atur kamera agar dapat mengkap gambar cukup baik, perlihatkan wajah hingga bahu dan pastikan profilmu terekam dalam bingkai kamera. Jika kamera yang anda gunakan tidak dapat merekam suara dengan baik, anda dapat gunakan alat perekam atau mikrofon eksternal. Dengan cara tersebut, anda akan mendapatkan hasil rekaman yang maksimal dan  anda akan lebih berkualitas.

4. Ambil beberapa rekaman

"Cara

Agar dapat membuat video yang berkulitas, cobalah mengambil rekaman beberapa kali. Anda dapat menggunakan naskah yang berbeda dari yang sebelumnya atau menggunakan sudut yang berbeda. Dengan cara ini, anda dapat memilih hasil rekaman yang sesuai dan efektif untuk video yang akan anda kirim. Hal ini dapat membuat anda tidak perlu melakukan perekaman secara berulang kali setelah melakukan peroses editing.

5. Tambahkan beberapa foto atau video

"Cara

Anda dapat menambahkan beberapa elemen penunjang, seperti slide informasi, infografis, hingga portofolio. Sebelum anda melakukan proses pengeditan, kumpulkah semua bahan yang mungkin ingin anda sisipkan selain rekaman yang sudah anda ambil. Elemen-elemen ini dapat memberikan informasi tambahan secara dinamis dan menarik.

6. Edit video semenarik mungkin

"Cara

Jika semua bahan sudah dikumpulkan, langkah selanjutnya adalah mengedit video agar terlihat menarik. Kamu juga dapat menambahkan visual lainnya, seperti potongan portofolio dan ilustrasi untuk menujukan secara visual apa yang anda ingin sampaikan.

Untuk mengedit video, anda dapat menggunakan berbagai software video editor yang memungkin kamu memotong, megatur dan menyimpan. Anda juga dapat menggunakan berbagai aplikasi edit video pada smartphone jika anda merasa lebih nyaman.

Setelah mengedit video, lihatlah kembali apakah hasil akhirnya sesuai dengan keinginan anda. Apabila telah sesuai, anda bisa menggunakan video CV tersebut untuk melamar pekerjaan.

Sekian artikel Cara Membuat Video CV, Ikuti Langkah-langkah Berikut!. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda untuk mengetahui cara membuat video CV yang baik dan benar untuk melamar kerja. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di BikinCV Blog. Follow juga Instagram @bikincvdotcom untuk mengetahui berbagai tips seputar dunia kerja.

Bagikan Yuk :

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI