5 Hal Yang Dicari Perekrut Dari CV Kamu, Perhatikan!

5 Hal Yang Dicari Perekrut Dari CV Kamu, Perhatikan!

5 Hal Yang Dicari Perekrut Dari CV Kamu, Perhatikan! – Saat melamar kerja dan membuat CV, tentunya kamu akan membuat CV yang menarik dan rapi agar menarik perhatian perekrut. Hal ini sangat penting untuk dilakukan saat membuat CV untuk melamar pekerjaan yang kamu inginkan. Selain itu, tentunya ada beberapa hal lain dalam CV yang turut menjadi perhatian seorang perekrut.

Hal Yang Dicari Perekrut Dari CV Kamu

Tak banyak yang tahu, namun disini kami akan menjelaskan beberapa hal tersebut. Agar kamu dapat membuat CV yang menarik sekaligus baik dan benar. Dalam merekrut karyawan, tentunya perekrut akan melakukan proses Penyaringan dan Wawancara.

Penyaringan dan Wawancara

Proses Penyaringan merupakan proses dimana perekrut akan melihat isi CV kita yang telah kita kirimkan. Karena banyak CV yang dikirimkan oleh para pencari kerja lainnya, maka pihak perekrut akan menyaring dengan melihat isi dari CV kamu dengan waktu yang tidak lama. Karena cepat, maka sangat perlu kita membuat CV yang menarik dengan isi yang mudah dimengerti.

Wawancara (interview) merupakan salah satu tahapan selanjutnya setelah proses penyaringan. Biasanya, ada tahapan sebelum tahapan satu ini, yaitu seleksi online test atau test psikologi sebelum anda diinterview. Perlu kamu ketahui bahwa ada 3 hal yang dilihat oleh pewawancara dari resume yang kamu kirimkan, yaitu sumber informasi, keabsahan informasi dan kepribadian.

Banyak yang mungkin belum mengetahui tentang hal ini, terlebih untuk mereka yang masih Fresh Graduate dan belum memiliki pengalaman kerja. Ada beberapa hal yang diperhatikan perekrut dalam proses Penyaringan dan Wawancara ini. Ada 5 hal yang dicari pihak perekrut dari CV kamu. Maka dari itu, kamu harus memperhatikan hal-hal berikut agar CV kamu tak dilewatkan begitu saja.

Baca Juga : 6 Pertanyaan Jebakan dan Jawabannya Saat Interview

1. Rekam jejak pribadi

Pejelasan Singkat Tentang Rekam Jejak Pribadi Pada CV
Pejelasan Singkat Tentang Rekam Jejak Pribadi Pada CV| BikinCV.com

Hal ini merupakan hal yang pertama dicari pada CV yang anda kirimkan saat proses penyaringan. Rekam Jejak yang dimaksud disini seperti asal kampus, IPK, pengalaman berorganisasi, pengalaman kerja/pelatihan, sertifikasi, dll. Hal ini haruslah Valid dan tidak boleh dibuat-buat, harus dapat ditelusuri. Jangan pernah menuliskan hal yang tidak pernah kamu ikuti atau lakukan dalam CV, karena sangat berpengaruh buruk pada karirmu.

2. Kesesuaian dengan posisi yang dilamar

Penjelasan Singkat Tentang Kesesuaian Dengan Posisi Yang Dilamar Pada CV
Penjelasan Singkat Tentang Kesesuaian Dengan Posisi Yang Dilamar Pada CV | BikinCV.com

Kesesuaian ini tentunya relevan dengan rekam jejak kita. Misalkan, perusahaan mencari orang desain. Namun ketika melamar, kamu tidak mencamtumkan kemampuanmu itu maka kamu tidak sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Tentunya hal ini akan membuat kamu susah untuk lolos ke tahap yang selanjutnya. Maka dari itu, ada baiknya kamu sesuaikan kemampuanmu dengan posisi yang kamu lamar, yang tentunya akan memudahkan. Hal ini juga kerap menjadi salah satu kesalahan dalam membuat CV untuk melamar kerja.

3. Sumber informasi untuk didiskusikan

Penjelasan Singkat Tentang Sumber Informasi Saat Wawancara
Penjelasan Singkat Tentang Sumber Informasi Saat Wawancara | BikinCV.com

Hampir semua pewawancara baru melihat profil kamu secara detail pada saat wawancara dilakukan. Dengan ini sudah jelas bahwa wawancara menjadi sebuah momen berdiskusi dan saling mengenal antara perekrut denganmu sebagai kandidat. Untuk kamu, disinilah saatnya kamu mengetahui/mengenal lebih dalam tentang perusahaan yang akan menerimamu.

Apa saja yang kamu cantumkan pada CV adalah hal yang siap untuk ditanyakan oleh perekrut kepadamu. Maka dari itu, kamu haruslah membuat CV dengan jujur tanpa ada kebohongan. Agar, saat proses wawancara ini kamu dapat menjawab segala pertanyaan dengan baik dan sesuai dengan apa yang kamu catumkan di CV.

4. Keabsahan informasi yang ditulis

Penjelasan Singkat Tentang Keabsahan Informasi Saat Interview
Penjelasan Singkat Tentang Keabsahan Informasi Saat Interview | BikinCV.com

Merupakan salah satu hal yang penting, Terkadang meskipun kamu menulis informasi dengan jujur berdasarkan pengalaman asli yang pernah kamu lakukan. Tapi ketika kamu sulit menjawab dan menceritakan pengalaman tersebut, maka tentu ini dapat membuat perekrut ragu mengenai keabsahan informasi tersebut. Maka dari itu, sangat penting untuk anda berlatih sebelum melakukan wawancara, agar lebih lega dan tidak bingung ketika diwawancara.

Baca Juga : Jenis-Jenis Interview yang Umum Dilakukan, Fresh Graduate Wajib Baca!

5. Kepribadian

Penjelasan Singkat Tentang Kepribadian Pada CV
Penjelasan Singkat Tentang Kepribadian Pada CV | BikinCV.com

Tak kalah penting dari yang sebelumnya, hal satu ini juga harus anda perhatikan. Setiap peruasahaan pasti memiliki nilai tertentu, misalnya jujur, loyal, adil, dll. Apabila kamu ingin bekerja pada perusahaan tersebut, maka CV yang kamu buat harus berisi pengalaman yang sesuai dengan nilai-nilai tersebut. Namun, yang akan menentukan nantinya adalah bagaimana kita dapat menceritakan saat wawancara, agar kepribadian kita sesuai dengan nilai-nilai perusahaan.

Itu tadi penjelasan tentang beberapa hal yang dicari perekrut dari CV yang kamu buat. Dengan penjelasan hal-hal diatas, sangat diharapkan kamu dapat membuat CV yang baik dan benar sekaligus menarik. Semoga dengan penjelasan diatas, kamu dapat mengaplikasikannya dengan baik, sehingga dapat lolos dan bekerja pada perusahaan yang kamu inginkan.

Untuk kamu yang kebingungan dalam membuat CV, jangan bingung lagi ya. Yuk buat  di BikinCV saja. Salah satu platform pembuatan CV Online terpercaya, serta memiliki berbagai template yang tentunya menarik dan dapat menarik perhatian pihak perekrut. Tunggu apalagi, yuk buat CV dengan template yang kamu inginkan di BikinCV.

Sekian artikel tentang 5 Hal Yang Dicari Perekrut Dari CV Kamu, Perhatikan!. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang berkeinginan membuat CV untuk melamar kerja.  Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya seputar dunia kerja hanya disini.

Bagikan Yuk :

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI