Tips Nego Gaji Lewat Email Agar Terlihat Sopan

Tips Nego Gaji Lewat Email Agar Terlihat Sopan

Tips Nego Gaji Lewat Email Agar Terlihat Sopan – Negosiasi kerap dilakukan oleh setiap orang. Biasanya dilakukan dalam proses jual beli suatu barang. Namun, negosiasi tidak hanya dilakukan dalam proses jual beli loh. Melainkan negosiasi juga dilakukan pada saat interview kerja. Apa sih yang di negoin saat interview? Yuk cari tahu disini.

Kamu akan melakukan negosiasi gaji ketika interview dengan pihak perusahaan. Pada tahap ini, kamu akan dapat melakukan negosiasi gaji yang tepat untuk posisi yang kamu lamar. Banyak yang kebingungan dalam pada tahap ini karena belum mengetahui rata-rata gaji pada poisisi tersebut. Terlebih bagi mereka para fresh graduate yang baru melamar kerja, tentu mereka akan kebingungan.

Terkadang beberapa perusahaan melakukan negosiasi gaji melalui email. Mungkin hal ini sudah tidak asing lagi di telinga. Namun, beberapa orang belum mengetahui dengan jelas cara menegosiasikan gaji mereka melalui email.

Bagi kamu yang kebingungan dalam melakukan negosiasi gaji, kami akan berikan beberapa tips untuk kamu. Beberapa tips ini akan dapat membantu kamu ketika sedang berada pada tahap ini.

Tips Nego Gaji Lewat Email

Tips Nego Gaji Lewat Email Agar Terlihat Sopan
Ilustrasi Negosiasi Gaji Melalui Email | Image Source : Pexels.com

1. Ketahui rata-rata gaji setiap posisi

Cari tahu rata-rata gaji pada posisi yang kamu lamar. Sebab, setiap posisi memiliki range gaji yang berbeda-beda. Maka dari itu, sebaiknya cari tahu rata-rata gaji pada google untuk memudahkan pencarian. Dengan ini, kamu akan dapat menentukan batas minimun gaji yang harus kamu dapatkan sebagai pedoman saat bernegosiasi.

2. Buka negosiasi menggunakan kalimat sederhana

Sebelum kamu melakukan negosiasi masalah gaji, sebaiknya bukalah percakapan dengan sederhana. Misal, mengucapkan terima kasih karena telah diberikan kesempatan sampai pada tahap ini. Selanjutnya, kamu melanjutkan dengan nominal gaji yang kamu harapkan untuk mempertimbangkan oleh perusahaan.

Dengan kalimat yang sederhana, kamu dapat memberikan kesan yang baik terhadap perusahaan, sekaligus kamu dapat memberi kejelasan tentang ekspektasi gaji yang kamu inginkan.

3. Mintalah fasilitas tambahan

Jika persahaan tidak dapat memberikan besaran gaji yang kamu inginkan, atau tidak sesuai. Maka kamu dapat coba meminta fasilitas tambahan yang dapat kamu nikmati selama bekerja. Misalnya bonus, asuransi kesehatan, transportasi, uang makan, hingga alat yang digunakan untuk bekerja.

Sangat lumayan jikalau perusahaan dapat memberikanmu satu atau dua fasilitas tambahan untuk menambah semangat kerjamu. Namun, permintaan fasilitas ini juga kamu sesuaikan dengan jabatan kamu. Dengan ini, perusahaan tidak akan perlu waktu banyak untuk mempertimbangkannya.

4. Tanyakan sistem kerja WFO atau WFH

Kamu juga perlu menayakan tentang sistem kerja pada perusahaan tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa rumah dan kantor merupakan dua tempat yang bisa menjadi opsi untuk tempat kerja, namun dengan suasana yang berbeda. Jika memungkinkan, tidak ada salahnya kamu mengajukan benefit satu ini dalam tahap negosiasi.

Jika kamu bisa bekerja di rumah, lumayan kamu tidak perlu mengeluarkan biaya trasportasi atau makan siang (bagi kamu yang tinggal bersama orang tua). Dalam pengajuan ini, sertakan alasan yang relevan agar menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan. Agar alasan kamu semakin dipercaya, jangan lupa untuk sampaikan komitmen kamu.

5. Tanyakan seputar cuti

Kamu harus tahu bahwa mengajukan cuti bukanlah hal yang mudah di beberapa perusahaan. Bahkan saja ada perusahaan yang memberlakukan jam kerja pada hari sabtu. Sehingga kamu tidak dapat berkumpul dengan keluarga tercinta pada weekend. 

Jika perusahaan yang kamu tuju merupakan salah satu perusahaan yang seperti di atas. Maka, tidak ada salahnya kamu membicarakan dalam tahapan ini. Ajukan hari libur pada hari sabtu dan minggu atau dua kali dalam satu bulan. Jadi kamu dapat dengan tenang melakukan weekend dengan berkumpul bersama keluarga.

Hindari Hal Berikut Ketika Bernegosiasi

Tips Nego Gaji Lewat Email Agar Terlihat Sopan
Ilustrasi Negosiasi Gaji | Image Source : Pexels.com

1. Membandingkan gaji

Jika sebelumnya kamu sudah pernah bekerja, maka jangan pernah membandingan gaji di perusahaanmu sebelumnya dengan yang sekarang. Tentu akan berbeda, terlebih jika pada sektor industri dan ukuran perusahaan yang berbeda. Jika negosiasi kamu tidak di terima, sebaiknya kamu minta benefit tambahan. Jangan menyampaikan kalimat yang terkesan keberatan dengan cara yang kurang baik.

Pada tahap ini, kamu harus tetap menjaga profesionalitas kamu. Walaupun pada akhirnya negosiasi yang kamu lakukan tidak mendapatkan titik temu. Namun setidaknya kamu sudah berusaha untuk menjaga hubungan baik dengan perusahaan selama proses ini berlangsung.

2. Membalas emali terlalu lama

Jika kamu melakukan negosiasi gaji melalui email, maka kamu harus sering membuka email kamu. Jangan sampai proses ini terlewatkan, maka kamu harus sering mengecek email atau mengaktifkan notifikasi email pada HP mu.

Jangan sampai karena kamu membalas email lama, perusahaan hire kandidat yang lainnya. Sebab, sebutuh-butuhnya perusahaan dengan karyawan baru, sadarilah bahwa kamu jauh lebih butuh pekerjaan.

3. Kalimat yang terlalu bertele-tele

Pada tahapan ini, hindarilah untuk membalas email dengan kalimat yang bertele-tele. Gunakanlah kalimat yang singkat, padat dan jelas, sehingga dapat dengan mudah di mengerti. Jika kamu menulis balasan dengan kalimat yang terlelu panjang, pihak rekruter akan sulit untuk mengertikan maksud dari email kamu.

Balas email dengan awalan kata “Terima kasih”, dan lanjutkan pembicaraan ke inti pembicaraan dengan diakhiri dengan kalimat penutup. Dengan balasan yang singkat, juga akan membuatmu terhindar dari kesalahan pengetikan kata-kata.

***

Tidak sedikit orang yang akhirnya tidak jadi bekerja pada perusahaan yang dituju karena gagal melakukan negosiasi gaji. Nah maka dari itulah, tips diatas dapat kamu ikuti ketika melakukan negosiasi perihal gaji.

Kesalahan kecil yang kamu lakukan pada saat proses ini, akan berakibat pada di terima atau tidaknya kamu pada perusahaan tersebut. Maka dari itu baca tips diatas dan hindari kesalahan yang dapat membuat gagal.

Sekian Tips Nego Gaji Lewat Email Agar Terlihat Sopan, semoga bermanfaat dan dapat membantu. Simak juga berbagai artikel menarik lainnya seputar dunia kerja hanya di BikinCV Blog

Bagikan Yuk :

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI