Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

Marketplace Terkemuka di Indonesia, Lapak Segar untuk Bisnis

Bagikan :

Marketplace Terkemuka di Indonesia, Lapak Segar untuk Bisnis – Peluang bisnis di Indonesia saat ini terbuka sangat lebar, terutama karena arus percepatan globalisasi dan pemerataan media digital sangatlah pesat. Semua orang dari manapun, bisa memiliki kesempatan dan akses untuk berbisnis. Pekerjaan orang di era yang modern ini tidak terbatas hanya di gedung perkantoran saja. Tapi kalian yang ingin bekerja dari rumah pun memiliki kesempatan untuk mendapatkan cuan yang sama.

Kali ini, orang-orang yang ingin bekerja dari rumah tidak perlu khawatir karena banyak peluang kerja yang bisa dilakukan dari dalam rumah. Kalian tidak perlu pergi ke kantor atapun ke tempat kerja, karena tempat kerja kalian ada di rumah. Khususnya bisnis jual beli, saat ini sudah banyak tersedia media sosial untuk menawarkan produk jualan kalian. Selain itu, di Indonesia ada banyak sekali marketplace yang bisa menjadi lapak segar untuk kalian berjualan. Kalian akan dengan mudah berinteraksi dengan para calon pembeli dan dengan penjual lain, hanya dengan lapak marketplace saja. Kalian bisa mengaksesnya di mana saja, termasuk di rumah.

Lantas apa saja marketplace terpercaya yang tepat kalian jadikan lapak untuk berjualan online?

Tokopedia

Berdiri sejak 17 Agustus 2009, Tokopedia menjadi salah satu perusahaan dagang elektronik atau marketplace yang paling bersinar saat ini. Hal ini terbukti bahwa perusahaan ini sudah mampu bertransformasi sebagai startup unicorn, dan menjangkau pasar di beberapa negara di Asia Tenggara.

Berdasarkan jumlah pengunjungnya pada beberapa kuartal sejak 2021, Tokopedia telah bertransformasi menjadi lapak online nomor satu di Indonesia, dengan pengunjung hingga mencapai ratusan juta. Tokopedia juga berhasil menggaet banyak penggerak bisnis dari seluruh penjuru Indonesia, untuk mau memasarkan produk mereka di platform online ini. Kalian sebagai penjual produk hanya tinggal mendaftarkan produk dan profil bisnis kalian, dan kemudian akan dikurasi oleh pihak Tokopedia.

Tokopedia – Source: Mobitekno

Jika sudah terregistrasi secara sistem, maka kalian akan masuk ke area pasar yang cangkupannya sangat luas. Kalian akan terus berinteraksi dengan para pembeli, kurir pengiriman barang, asuransi, dan lainnya. Jika produk dan harga yang kalian tawarkan adalah sesuatu yang menarik, maka jangan kaget kalau kalian akan mendapatkan cuan yang cukup cepat dari platform ini.

Tokopedia menyediakan berbagai macam program bagi penjual maupun pembelinya. Bagi penjual, kalian bisa menaikkan promo dengan berbagai metode pemasaran yang tersedia. Kalian juga bisa live streaming, agar produk di lapak kalian bisa menjangkau calon pembeli lebih cepat.

Shopee

Berkantor pusat di Singapura, Shopee saat ini menjadi marketplace yang memiliki jumlah penjual dan pembeli yang banyak di Indonesia. Kita bisa melihat berbagai macam produk yang dipasarkan di Shopee ini. Begitu juga dengan berbagai macam fitur promosi yang terus mereka sediakan, membuat traffic jual beli di situs ini terus meningkat.

Beberapa survey menunjukkan bahwa Shopee cukup unggul dibanding marketplace lain, karena harga produknya yang mampu bersaing dan terjangkau. Sedangkan produk yang banyak tersedia di Shopee antara lain yang berkatogori peralatan rumah tangga, produk kecantikan, dan juga busana. Bahkan akhir-akhir ini, penjualan busana muslim dan produk kecantikan menjadi segmen produk yang paling banyak meraup jumlah pembeli.

Shopee – Source: Gramedia

Shopee menyediakan berbagai fitur dan fasilitas bagi penjual. Jadi kalau kalian akan menjual produk melalui Shopee, kalian bisa mempromosikannya melalui paket promo, ShopeeLIVE, hingga mengaktifkan fitur assistance. Tanpa sadar, kalian akan cepat mendapatkan target pasar di platform ini.

Video Dari BikinCV

Bukalapak

Bukalapak menjadi marketplace yang cukup besar dan cepat berkembang di Indonesia. Platform ini berdiri sejak tahun 2010, dan awalnya ditujukan sebagai lapak online untuk para pelaku UMKM. Jadi memang sangat tepat jika kalian ingin membuka lapak jualan disini, karena memang sistemnya ditujukan untuk penjual perorangan seperti kalian.

Bukalapak – Source: Tribunnews.com

Bukalapak selama ini menjadi wadah penjualan online untuk berbagai jenis produk, mjlai dari produk elektronik, gaya hidup, ataupun fashion. Bagi kalian yang berrencana menjual dagangan di platform ini, kalian akan mendapatkan fitur-fitur unik dan hanya ada di Bukalapak. Beberapa fitur tersebut adalah inventaris barang dan pantau saingan. Wah menarik ya!

Lazada

Memiliki pasar di beberapa negara di Asia Tenggara, Lazada juga cukup popular di Indonesia. Marketplace digital ini dimiliki oleh Alibaba Group dan memiliki jumlah pengunjung kurang lebih 30 juta setiap bulannya. Banyak survey mengatakan bahwa para pembeli memilih berbelanja di Lazada karena memiliki reputasi yang baik, dan tentunya harga yang terjangkau.

Bagi kalian pegiat bisnis elektronik dan fashion, dan sedang mencari platform jualan yang pas, kalian tepat sekali jika memilih Lazada.

Blibli

Kalian pasti juga sudah sangat mengenal Blibli, platform belanja online milik Djarum Group. Blibli yang memiliki 19 juta pengunjung ini tetap konsisten memberikan pelayanan dan promo kepada para pembelinya. Kalian sebagai penjual produk di lapak ini tidak perlu khawatir karena reputasi dan sistem belanja di tempat ini sudah sangat terpercaya. Bahkan, kalian bisa mendapatkan berbagai fitur menarik yang menguntungkan para penjual.

Blibli – Source: Tribunnews.com

Beberapa produk yang banyak dicari di Blibli adalah yang berkategori elektronik, fashion, dan bahan makanan. Tapi tidak perlu khawatir, banyak produk dan kategori lain yang juga terjual laris di lapak ini.

Bhinneka

Hadir sejak tahun 1999, Bhinneka menjadi salah satu marketplace online tertua di Indonesia. Awalnya, lapak jualan online ini memang identik dengan penjualan produk elektronik. Tapi sekarang, Bhinneka sudah mulai berkembang dengan produk yang lebih banyak dan bervariasi.

E-Commerce – Source: Fast Pay

Wah banyak juga ya marketplace ternama di Indonesia yang bisa kalian jadikan lapak jualan online. Selain beberapa nama ternama diatas, masih ada banyak lagi loh marketplace online di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Ralali, Orami, Sociolla, Zalora, Jakmall, Jakarta Notebook, Sephora, Hijup, dan Favo. Selain itu? Masih banyak lagi loh!

Tips agar Sukses Berjualan Online

Nah, bagi kalian yang berrencana berjualan online menggunakan jasa Marketplace, kalian harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Tentukan produk jualan kalian yang unik dan otentik. Kalau bisa, kalian sudah memiliki pasar secara offline, sehingga hanya tinggal melebarkan sayap ke penjualan online.
  • Survey harga pasar dengan melihat produk-produk serupa lainnya. Perhatikan bahwa harga penjualan secara offline (konvensional) dengan harga yang dijual secara online ada perbedaan.
  • Tentukan marketplace yang sesuai. Kalian bisa mencari referensi pembelian produk serupa di platform online, dan tentunya reputasi marketplace tersebut.
  • Jual produk dengan jujur, dan pastikan kalian selalu memantau pasar agar harga dan kualitas produk bisa terus kalian evaluasi.

Itulah tadi beberapa tips dan referensi agar kalian bisa sukses membuka bisnis secara online. Semoga bisnis kalian lancar ya!

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI