Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

Presiden Indonesia Dari Masa ke Masa!

Presiden Indonesia Dari Masa ke Masa!
Bagikan :

Presiden Indonesia – Sudah kamu ketahui dekat – dekat ini pada 14 Pebruari 2024 akan diadakan Pemilu Pemilihan Presiden atau yang sering disebut (Pilpres). Pilpres 2024 akan diikuti oleh 3 pasangan calon, yakni :

1. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin)

2. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

3. Ganjar Pranowo-Mahfud Md

Dari masa ke masa, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sudah memiliki 7 Presiden. Pada artikel kita akan membahas siapa saja dan profil dari tokoh – tokoh yang sudah pernah menjadi Presiden Indonesia.

Deretan Presiden Indonesia

Seorang presiden adalah pemimpin tertinggi dalam suatu negara yang memiliki sistem Republik. Presiden biasanya terpilih oleh rakyat atau melalui mekanisme politik tertentu, dan masa jabatannya dapat berlangsung selama periode tertentu khususnya di Indonesia

1. Ir. Soekarno 

Presiden Ir. Soekarno
Presiden Ir. Soekarno – Sumber : Wikipedia

Ir. Soekarno, atau biasa dikenal sebagai Bung Karno, adalah tokoh sejarah Indonesia yang sangat penting. Lahir pada tanggal 06 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur.

Beliau adalah salah satu Proklamator Kemerdekaan Negara Indonesia bersama dengan Mohammad Hatta atau yang kerap disapa dengan Bung Hatta. Beliau adalah yang menciptakan konsep Pancasila yang sampai saat ini menjadi Ideologi Bangsa Indonesia.

Soekarno menjadi Presiden Indonesia pertama sejak 1945 – 1967. Beliau wafat pada tanggal 21 Juni 1970 karena gangguan ginjal Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta.

Video Dari BikinCV

2. Soeharto

Presiden Soeharto
Presiden Soeharto – Sumber : Wikipedia

Beliau ahir pada 8 Juni 1921 di Kemusuk, Yogyakarta, Soeharto menjadi Presiden Indonesia kedua melalui sidang istimewa MPRS pada tahun 1967. Di masa pemerintahannya yang dikenal sebagai masa Orde Baru.

Soeharto memimpin Indonesia dengan kebijakan stabilisasi politik dan program pembangunan nasional, seperti Pembangunan Lima Tahun (Pelita) dan Pembangunan Jangka Panjang. Dengan kebijakannya Soeharto dikenal sebagai Bapak Pembangunan Indonesia.

Beliau memimpin Indonesia selama 31 tahun sampai tahun 1998 yang pada akhirnya beliau mengundurkan diri dari jabatannya. Soeharto wafat pada 27 Januari 2008 dan di makamkan di Astana Giribangun.

3. B.J. Habibie

Presiden B.J. Habibie
Presiden B.J. Habibie – Sumber : Wikipedia

Bacharuddin Jusuf Habibie atau sering disebut B.J. Habibie adalah tokoh nasional yang menjadi Presiden Indonesia ketiga. Lahir di Parepare pada 25 Juni 1936, beliau menjabat sebagai Presiden setelah pengunduran diri Soeharto dari 1998 – 1999.

Masa pemerintahan Habibie disoroti oleh reformasi politik yang mencakup perubahan undang-undang, kebebasan pers, dan pemilihan umum pada tahun 1999. B.J. Habibie meninggal dunia pada 11 September 2019.

Beliau meninggalkan warisan sebagai tokoh yang berperan dalam transisi politik dan perkembangan teknologi di Indonesia.

4. Abdurrahman Wahid

Presiden Abdurrahman Wahid
Presiden Abdurrahman Wahid – Sumber : Wikipedia

Abdurrahman Wahid, yang lebih dikenal dengan nama Gus Dur, adalah tokoh Muslim dan politikus Indonesia yang menjadi Presiden Indonesia yang keempat. Gus Dur lahir pada 7 September 1940, di Jombang, Jawa Timur

Pada tahun 1999, setelah era reformasi dan jatuhnya rezim Orde Baru, Abdurrahman Wahid terpilih sebagai Presiden Indonesia yang keempat. Masa pemerintahan Gus Dur diwarnai oleh upaya memperkuat demokrasi dan mendorong pluralisme di Indonesia.

Pada tahun 2001, Gus Dur dihadapkan pada proses pemakzulan oleh DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) dan akhirnya mundur dari jabatan presiden pada Juli 2001. Beliau wafat pada 30 Desember 2009.

5. Megawati Soekarnoputri

Presiden Megawati Soekarnoputri
Presiden Megawati Soekarnoputri – Sumber : Wikipedia

Presiden Indonesia kelima dan satu – satunya wanita yang pernah menjabat sebagai presiden di negara ini. Megawati Soekarnoputri lahir di lahir pada 23 Januari 1947 sebagai anak pertama dari Presiden pertama Indonesia, Soekarno, dan Fatmawati.

Memegang jabatan dari 2001 hingga 2004, ia menguatkan demokrasi dengan pemilihan presiden secara langsung dan mendukung berdirinya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

6. Susilo Bambang Yudhoyono

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono – Sumber : Wikipedia

Susilo Bambang Yudhoyono adalah Presiden Indonesia keenam yang lahir di Pacitan, Jawa Timur, pada tanggal 9 September 1949, terpilih sebagai presiden untuk dua periode berturut-turut. Selama masa kepemimpinannya, ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan yang stabil, utang negara terjaga dengan baik, dan hubungan internasional diperluas melalui kemitraan strategis.

7. Joko Widodo

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo – Sumber : Wikipedia

Jokowi, yang lahir di Surakarta pada 21 Juni 1961, menjabat sebagai Presiden Indonesia sejak tahun 2014 hingga sekarang. Awal kariernya dalam politik dimulai ketika ia menjabat sebagai Wali Kota Solo dari tahun 2005 – 2012, dan kemudian terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2012.

Kepemimpinannya dicirikan oleh upayanya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan meratakan pembangunan.

Nah, itulah tadi ulasan singkat tentang Presiden Indonesia dari masa ke masa. Simak informasi terkini lainnya selalu di Bikin CV.

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI