HRD Detail Melihat Ini di CV Jika Kamu Seorang Fresh Graduate! – Sebelum melamar pekerjaan, tentunya kamu akan membuat CV dahulu, dan hal satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga. Jika kamu seorang fresh graduate, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui saat melamar kerja. Biasanya, HRD punya beberapa kreteria dan pertimbangan tersendiri dalam menerima karyawan baru. Tentunya, kulaifikasi yang diharapkan dari pelamar berbeda dengan orang yang sudah memiliki pengalaman kerja. Maka dari itu, sebelum melamar pekerjaan, tentunya kamu harus memahami orang-orang seperti apa saja yang dicari perusahaan.

Kreteria menjadi pertimbangan bagi HRD saat merekrut karyawan yang fresh graduate. Saat kamu melamar kerja, alangkah baiknya kamu dapat memperhatikan baik-baik dan pastikan kulaifikasimu sesuai dengan yang diperlukan. Banyak orang yang bingung dengan kreteria bagaimana saja yang dicari oleh perusahaan. Maka dari itu, kami akan beritahu kalian tentang kreteria yang dicari perusahaan.

HRD Detail Melihat Ini di CV, Apa Saja Ya?

HRD Detail Melihat Ini di CV Jika Kamu Seorang Fresh Graduate!

1. Pengalaman kerja atau magang

Meskipun kebanyakan fresh graduate yang tidak memiliki pengalaman kerja. Namun tak menutup kemungkinan bahwa ada beberapa fresh graduate yang sudah memiliki pengalaman kerja. Ini dikarenakan HRD cenderung lebih suka pemalamr yang setidaknya mempunyai pengalaman magang atau bekerja part-time. Tujuannya, agar HRD dapat mengetahui seberapa jauh pelamar kerja pernah berada dilingkungan kerja. Serta HRD dapat mengetahui soft skill yang dimiliki oleh pelamar kerja fresh graduate tersebut.

2. Jurusan kuliah

Selain pengalaman magang, jurusan kuliah juga menjadi pertimbangan HRD dalam merekrut fresh graduate. Memang, pada saat ini latar belakang pendidikan tidak menjadi tolak ukur utama. Namun, ada beberapa posisi yang membutuhkan skill khusus yang jamya didapat dari orang tertentu. Sebaliknya, beberpaa pekerjaan yang kreatif terkadang kurang memperhatikan tentang jurusan kuliah. Yang terpenting kulaifikasi yang dicari ada pada diri pelamar tersebut.

HRD Detail Melihat Ini di CV Jika Kamu Seorang Fresh Graduate!

3. Kegiatan diluar kuliah

Perlu anda ketahui bahwa HRD mempunyai cara tersendiri untuk melihat soft skill para pelamar kerja yang belum memiliki pengalaman bekerja. Salah satu cara yang sering digunakan adalah dengan mengecek kegiatan-kegiatan diluar kampus yang pernah pelamar tersebut ikuti. Orang-orang yang mempunyai pengalaman berorganisasi terkadang lebih disukai oleh HRD. Namun, bukan berarti aktif di berbagai organisasi menjadi hal utama untuk menarik perhatian HRD. Karena HRD juga akan melihat nilai akademis dari pelamar tersebut.

4. Reputasi kampus

Banyak HRD yang menggunakan reputasi kampus sebagai bahan pertimbangan dalam merekrut fresh graduate. Meskipun praktiknya jarang dilakuakan, namun tetap saja lulusan kampus bergengsi lebih dilirik perusahaan. Apalagi perusahaan tersebut memiliki hubungan baik dengan salah satu kempus ternama. Namun tenang saja, tidak banyak HRD tyang menggunakan cara ini. Tetap kulitas diri seseorang dianggap lebih penting daripada sekedar nama kampus.

Pastikan kamu dapat memikat para HRD dengan keunikan yang kamu miliki agar dapat merekrutmu. Serta ingat, kamu tidak perlu minder menjadi fresh graduate, setiap orang mempunyai kesempatan yang sama dalam mengejar karir. Walaupun, kamu seorang fresh graduate, tapi tetaplah semangat.

Sekian artikel HRD Detail Melihat Ini di CV Jika Kamu Seorang Fresh Graduate!. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu seorang fresh graduate yang berkeinginan untuk melamar kerja. Kamu bisa baca dulu hal-hal diatas, agar dapat lebih siap dalam melamar kerja. Jangan lupa untuk simak artikel menarik lainnya seputaran dunia kerja hanya di BikinCV.