Contoh Pidato Hari Kemerdekaan Yang Baik dan Benar

Soekarno Pidato Hari Kemerdekaan

Contoh Pidato Hari Kemerdekaan Yang Baik dan Benar – Dalam setiap penyelenggaraan acara yang bersifat formal atau resmi. Sering tentunya kita mendengar pembacaan pidato dari ketua penyelenggara acara. Apalagi ketika Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan pembacaan pidato ini wajib dilakukan guna memberikan pesan moral di Hari Kemerdekaan. Pidato ini berisaikan pesan moral yang akan dibacakan dalam acara tersebut.

Tak menutup kemungkinan bahwa masih banyak orang yang belum mengetahui tentang cara pembuatan pidato yang baik dan benar. Untuk itu, perlunya anda mengetahui tentang apa saja isi tentang pidato tersebut. Sehingga, anda dapat membuat pidato dengan baik dan benar.

Apakah Yang Dimaksud Pidato?

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara didepan umum untuk menyatakan sebuah pendapat atau memberikan suatu gambaran tentang suatu hal. Biasanya dibacakan oleh ketua dalam acara atau pimpinan yang akan memberikan pernyataan tentang suatu hal. Dalam pidato juga tesisip pesan moral yang diberikan oleh ketua/pimpinan yang disampaikan di khalayak ramai.

Contoh Pidato Hari Kemerdekaan
Contoh Pidato Hari Kemerdekaan | Image Source : Pexels.com

Ada beberapa fungsi dari pidato yang mungkin tak banyak yang mengetahui, beberapa fungsi dari pidato adalah

  1. Mempermudah kemunikasi antara atasan dengan bawahan.
  2. Memudahkan ketua untuk berkomunikasi dengan anggota dalam sebuah organisasi/lembaga.
  3. Menciptakan suasana yang kondusif karena hanya satu orang yang membaca/berorasi.

Perlunya menggunakan bahasa yang baik saat berpidato ini sangat penting. Dimana, dalam pembuatan pidato haruslah dibuat bahasa yang baku dan mudah dimengerti agar penyampaian pidato dapat mudah didengar oleh khalayak ramai. Isi dalam pidato haruslah menyatakan suatu peristiwa yang nyata tanpa direkayasa.

Sangatnya dilarang mencantumkan kata-kata yang tidak baik, unsur sara atau hoax. Buatlah pidato yang baik yang berisikan pesan moral agar pendengar semakin memperhatikan apa yang anda sampaikan.

Logo HUT RI 76
Logo HUT RI 76 Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh

Baca juga : Link Download Logo HUT RI 76 Republik Indonesia

Contoh Pidato Hari Kemerdekaan RI 76 Yang Baik dan Benar

Pidato Hari Kemerdekaan

Yang Saya hormati

  1. Kepala Desa Suka Makmur
  2. Aparat beserta Staff Desa SukaMakmur
  3. Para hadirin yang saya banggakan
[Salam Pembuka]

Sebelum melanjutkan pidato, mari kita ucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini secara sehat guna memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76 Tahun 2021. Pada Hari Kemerdekaan ini, Saya sendiri akan menyampaikan pidato singkat yang mudah-mudahan bermanfaat bagi hadirin sekalian.

Para hadirin yang saya hormati,

Tidak terasa bahwa sudah 76 tahun kita merdeka dari penjajahan asing hingga kini menginjak usia ke-76. Tak terasa pula bahwa negara kita ini mengalami banyak perkembangan dan lika-liku dalam mempertahankan kemerdekaan ini.

Peringatan Hari Kemerdekaan ini menjadi momen untuk mengingat jasa dan perjuangan para pahlawan, merenungkan kembali bagaimana kondisi negara ini, apakah merdeka yang dikatakan sudah sepenuhnya dirasakan, atau justru malah terjajah secara tidak langsung?

Hari Kemerdekaan terjadinya hanya dirayakan dengan berbagai lomba dan acara panggung musik, padahal jika dicermati, tidak berhubungan dengan filosofi perjuangan atau kemerdekaan negara ini. Mungkin memang sah-sah. Tetapi, lebih baik lagi jika hal tersebut bisa dijadikan tempat untuk merenungi bagaimana jasa para pahlawan dan kemerdekaan negara ini.

Maka, di hari yang berbahagia ini, mari kita kenang kembali jasa para pahlawan  yang telah berhasil memperjuangkan negara ini, sehingga kita bisa terbebas dari penjajahan sehingga mampu berkumpul dihari ini. Maka, Mari kita jadikan momen Hari Kemerdekaan ini sebagai ajang untuk merencanakan apa yang akan kita lakukan agar kemerdekaan kita tetap terjag, agar negara ini damai. Mari kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kemerdekaan ini dapat dirasakan hingga ke generasi berikutnya.

Sekian yang bisa disampaikan pada pidato kali ini. Semoga bermanfaat untuk para hadirin sekalian. Mohon dimaafkan jika ada salah dalam perkataan saya atau ucapan dalam pidato saya tadi.

[Salam Penutup]

Download Contoh Pidato Hari Kemerdekaan Yang Baik dan Benar disini.

Sekian contoh pidato ini kami buat. Semoga dapat membantu dan dapat bermanfaat untuk kalian dalam pembuatan pidato dan semoga penjelasan diatas dapat menambah wawasan kalian dalam proses pembuatan pidato. Lihat juga artikel kami tentang Contoh Pidato Kebersihan Lingkungan Yang Baik dan Benar. 

Bagikan Yuk :

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI