Cara Bikin CV Untuk Fresh Graduate – Setelah selesai menuntut ilmu, biasanya kita berkeinginan untuk bekerja pada sebuah instansi atau perusahaan. Saat ini, banyak para fresh graduate yang ingin melamar kerja namun masih bingung dan bertanya-tanya tentang bagaimana cara membuat Curriculum Vitae (CV) yang baik dan benar serta yang menarik dan dilirik oleh HRD namun belum mempunyai pengalaman kerja.

Saat kamu melamar kerja, pada CV akan berisikan tentang pengalaman kerja sebelumnya dan tak jarang kita mendengar kata “Jika kita tidak punya pengalaman kerja, bagaimana caranya?, bagaimana isi pada CV nanti saat kita melamar tapi belum punya pengalaman kerja?”. Tenang saja, kalian tidak usah risau lagi jika kalian belum punya pengalaman kerja sebelumnya, kalian tetap bisa melamar kerja.

Fresh Graduate
Image Source : Pexels.com

Fresh graduate masih banyak yang belum punya pengalaman kerja dan pastinya mereka semua bingung dan takut tidak diterima oleh perusahaan karena nanti pada CV tidak tercantumkan pengalaman kerja sebelumnya, buanglah semua cara berfikir yang seperti itu dan jangan risau lagi. Karena sekarang, kita akan memberi tahu kalian cara membuat CV untuk fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja. Kamu bisa ikuti tips berikut ini,

Tunjukin Nilai Lebihmu di CV

Kamu perlu memberikan sesuatu yang berbeda, yang lain dari pada lainnya. Kamu bisa menunjukan sesuatu yang yang menjadi pembedamu dari yang lainnya. Bagaimana Caranya?

  1. Gunakan Bahasa Inggis Jika Kamu Bisa, ini adalah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menarik perhatian HRD kepada CV yang kamu buat. Karena, masih sedikit orang yang menggunakan bahasa inggris dalam CV, ini akan dapat menjadi pembedamu dengan yang lainnya.
  2. Tuliskan Hal Unik Yang Relevan, kamu dapat menceritakan hal unik tentang dirimu dalam CV, sehingga dapat membuat apa yang kamu buat terlihat beda.
  3. Beberkan Skill Terbaikmu Yang Relevan, HRD lebih memerhatian skill atau keterampilan saat kamu melamar pekerjaan. Karena, skill atau keterampilan ini sangat dibutuhkan saat melakukan pekerjaan. Maka dari itu, alangkah baiknya kamu sampaikan skillmu pada CV yang kamu buat.

Konten CV Harus Berbobot

Konten CV haruslah berbobot, karena akan dapat menarik perhatian perekrut. Kamu bisa membuat CV dengan template kombinasi warna kesukaanmu agar CV mu tidak terlihat monoton. Pada isi, kamu tidak usah bertele-tele dan isilah informasi dirimu dengan jelas. Perhatikan juga hal ini,

  1. Informasi Identitas Diri Tertulis Jelas,  kamu harus menulis informasi identitas diri dengan sejelas-jelasnya, agar perekrut dapat memahami isi dari CV mu.
  2. Tulis Jobdesc Magang/Organisasi, kamu juga dapat menulis tentang pengalaman magangmu, agar perekrut dapat mengetahui lebih dalam tentang skill dan pengalaman mu.
  3. Tulis Riwayat Pendidikanmu, riwayat pendidikan ini wajib diisi dengan jelas dan cantumkan nilaimu agar dapat dimengerti dan lebih mudah untuk perekrut memahaminya.
  4. Berikan Prestasimu dan Sertifikat Yang Relevan, ini dapat kamu lakukan untuk memikat perhatian perekrut, cantumkan pada CV tentang prestasi akademik maupun non-akademik selama ini agar perusahan dapat mempertimbangkannya.

CV Harus Rapi dan Terstruktur

CV harus dibuat dengan terstruktur dan rapi, kamu harus paham apa yang pertama kali dilihat oleh HRD, maka tulis hal itu di halaman terdepan dan teratas. Kita punya beberapa tipsnya untuk kamu,

  1. Pahami hal pertama yang dilihat HRD
  2. Letakan info menarik di atas/awal
  3. kelompokan kontenmu dalam CV

Nah itu dia beberapa tips dari kita untuk para fresh graduate yang ingin melamar pekerjaan, walaupun kalian belum punya pengalaman bekerja sebelumnya. Mungkin kalian masih bingung membuat CV yang menarik perhatian HRD?, Yuk buat aja CV mu di bikincv.com, sebuah platform pembuatan CV yang yang praktis dan cepat, disini juga mempunyai banyak template keren yang bisa membuat CV mu lebih menarik dan dilirik oleh HRD, jadi yuk buat CV di bikincv.com saja.