Update terakhir : October 26, 2020

Contoh Curriculum Vitae (CV) Atau Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja – CV atau daftar riwayat hidup tentunya harus dibuat dengan benar agar menarik dan membuat HRD tertarik untuk melihatnya. Dewasa ini, CV sudah umum digunakan saat ada melamar pekerjaan, CV menjadi salah satu syarat ketika melamar pekerjaan. Membuat CV menarik agar HRD tertarik adalah salah satu hal yang kalian inginkan bukan?. Maka, artikel ini akan memberikan anda refrensi membuat CV yang baik dan benar, tentunya akan menarik perhatian HRD.

Tak  menutup kemungkinan bahwa saat ini msih ada beberapa orang yang belum mengetahui cara pembuata CV yang benar. Kurangnya refrensi menjadi hal yang membuat beberapa orang kesulitan dalam proses pembuatannya. Sebenarnya, pembuatan CV atau daftar riwayat hidup ini ridak sulit, tetapi membuat CV yang menarik terkadang agak sulit. Perlu diingat bahwa tak cukup hanya menarik, anda juga harus mempaparkan data didalamnya secara jelas. Ini pula yang menjadi pertimbangan seorang HRD menilai anda. Semakin lengkap isi CV anda, maka semakin besar peluang anda bisa masuk ke tahap berikutnya.

Agar CV anda mendapatkan perhatian dari HRD, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan didalam CV yang anda buat. Sebaiknya jangan menulis data bertele-tele dan panjang lebar. Yang harus anda cantumkan adalah data personal, pendidikan, pengalaman kerja, pengalaman berorganisasi, kemampuan. Ini adalah informasi yang penting untuk anda cantumkan didalam CV anda. Lihat juga : Contoh Surat Keterangan Kerja

7 Hal Yang Harus Tercantum Dalam CV

Contoh Curriculum Vitae (CV) Atau Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja
Contoh Curriculum Vitae (CV) Atau Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja | Image Source : Pexels.com

CV atau daftar riwayat hidup ini dibuat bertujuan untuk memberikan informasi lengkap dari pelamar kerja kepada perusahaan. Agar, perusahaan mengetahui latar belakang keluarga, pendidikan dan pengalaman calon pekerja yang akan direkrut oleh perusahaan tersebut. Maka dari itu, ada 7 hal penting yang harus ada didalam CV dan harus anda perhatikan :

1. Data Pribadi

Data pribadi atau personal information adalah data terutama yang harus ada didalam CV. Dengan adanya data pribadi, perusahaan akan mengetahui calon pekerja yang akan bekerja di perusahaan tersebut. Didalam data pribadi berisikan nama, tempat tanggal lahir, agama, status, agama, alamat, no.hp dan email. Perhatikan no.hp dan email agar tidak salah, karena HRD akan menghubungi anda melalu no.hp ataupun email yang anda cantumkan. Maka dari itu, perhatikanlah agar tidak salah.

2. Deskripsi Diri

Pada bagian ini, diharapkan untuk mengisi hal yang menarik dan menonjolkan tentan kemampuan yang anda miliki. Ini bertujuan untuk mempromosikan dirimu agar dinilai lebih oleh HRD. Cantumkan keunggulan yang kamu miliki seperti prestasi yang pernah kamu capai dengan ringkas. Dengan begitu HRD akan mempertimbangkan nilai anda untuk masuk ke tahap berikutnya. Cantumkan kalimat dengan singkat padat dan jelas, tidak bertele-tele.

3. Riwayat Pendidikan

Hal ini sangat wajib dicantumkan harus lengkap mulai dari SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Cantumkan riwayat pendidikan lengkap dengan tahun masuk dan lulus serta mencantukan jurusan serta IPK saat lulus perguruan tinggi. Jika anda mengikuti kursus atau pelatihan, anda bisa mencantumkannya dilengkapi dengan sertifikat sah yang anda dapat.

4. Pengalaman Berorganisasi

Penulisan pengalaman berorganisasi bertujuan untuk memberi tahu tentang keaktifan anda dalam kehidupan bersosialisasi dengan orang sekitar. Sehingga HRD mengetahui anda dapat bekerjasama dengan team atau rekan kerja dalam bekerja saat anda direkrut. Cantumkan pengalaman berorganisasi mulai dari nama organisasi, jabatan organisasi, tahun masuk dan keluar, dan kegiatan pada organisasi tersebut.

5. Keahlian Akademik dan Non Akademik

Salah satu hal yang penting dan akan mendapatkan nilai plus dari HRD. Ini bertujuan agar HRD mengetahui apakah anda cocok diposisikan pada posisi yang anda lamar. Contoh, jika anda melamar pada teknisi jaringan, maka cantumkanlan sertifikan CISCO dan yang lainnya agar dinilai lebih oleh HRD.

6. Prestasi Yang Anda Capai

Jangan lupa untuk mencantumkan prestasi yang pernah anda capai. Baik dari akademik maupun non akademik. Jelas dengan singkat, padat dan jelas jenis prestasi apa saja yang pernah anda capai.

7. Pengalaman Kerja

Hal ini sangat penting untuk anda cantumkan. Karena HRD ingin mengetahui pengalaman kerja anda sebelumnya. Ini menjadi salah satu petimbangan yang penting bagi HRD untuk menerima anda dan menjadi nilai plus untuk anda. Maka, jika anda sebelumnya pernah bekerja, cantumkanlah pengalaman anda lengkap berisikan tahun masuk dan keluar.

Cara Menulis dan Membuat Contoh CV Menarik

  • Tulis Data Identitas Diri Dengan Benar

Camtumkan data diri dengan benar dan bisa dibuktikan dengan beberapa sertifikat yang mendukung.

  • Tulis Riwayat Pendidikan Secara Lengkap dan Berurutan

Cantumkanlah latar belakang pendidikan karena ini adalah hal yang sangat penting. Tulislah dengan berurutan mulai dari SD, SMP, SMA dan D3/S1/S2 secara berurutan. Cantumkan pula jurusan yang diambil dan nilai IPK anda. Isilah tahun masuk dan tahun lulus dengan benar.

  • Tuliskan Pengalaman Kerja

Jika anda sudah pernah bekerja sebelumnya, hal ini menjadikan nilai plus untuk anda. Oleh karena itu, jangan lupa mencantumkan pengelaman kerja didalam CV anda. Tulis dengan detail nama perusahaan sebelumnya, posisi, waktu berkerja, dan jenjang karir yang sudah anda dapat di perusahaan lama.

  • Tuliskan Kualifikasi Diri Yang Anda Miliki

Hal yang penting dari contoh daftar riwayat hidup yang baik adalah kualifikasi yang anda miliki. Bertujuan untuk mengetahui cocok atau tidak kualifikasi yang anda miliki untuk posisi kerja yang anda ingin. Maka, tulislah kualifikasi dengan benar dan relevan dengan posisi yang anda ingin, tulislah dengan jujur dan tidak melebih-lebihkan.

  • Keahlian Yang Relevan Dengan Posisi

Mencantukan keahlian yang anda miliki adalah salah satu hal yang sangat penting dan dapat menambah nilai anda. Apalagi anda mempunyai keahlian diluar bidang jurusan yang anda miliki.

Contohnya jika anda bisa 3 bahasa dalam 4 bahasa berbeda, hal ini juga dapat anda masukan kedalam CV anda.

  • Cantumkan Pencapaian dan Penghargaan Yang Pernah Anda Raih

Tetunya perlu kita sadari tidak semua orang memiliki penghargaan pada hal tertentu. Namun jika anda mempunyai penghargaan atau pencapaian tertentu anda boleh cantumkan. Karena ini menjadi nilai plus untuk anda jika mempunyai penghargan dan pencapaian. Tuliskan secara detail, sertakan tahun dan bidangnya.

  • Tulis Dengan Singkat, Padat, Jelas dan Jujur

Tak perlu bertele-tele. Penulisan CV haruslah singkat namun padat dan jelas. Yang terpenting adalah jujur dalam memberikan informasi saat menulis CV.

Contoh Curriculum Vitae (CV) Atau Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja

CURRICULUM VITAE

 

DATA PRIBADI

 

Nama                                     : Shanti Nisasali, S.E

Tempat & Tgl. Lahir             : Denpasar, 7 April 1995

Kewarganegaraan               : Warga Negara Indonesia

Nomor HP                             : 0897 3598 9990

Jenis Kelamin                      : Laki-laki

Status Perkawinan              : Belum Menikah

Agama                                   : Islam

Kesehatan                            : Baik

Alamat Lengkap                   : Jl. Badak Agung, Renon, Denpasar, Bali

Pendidikan Terakhir          : S1 Manajemen, Universitas Udayana

 

RIWAYAT PENDIDIKAN

  • 2001 – 2006              : SD N 1 Bandung
  • 2006 – 2009             : SMP Negeri 1 Bandung
  • 2009 – 2012             : SMA Negeri 1 Denpasar
  • 2012 – 2017              : Program S1 Manajeman, Universitas Udayana

 

PENGALAMAN KERJA

  • Bekerja di KSP Shanti Budaya Nugraha sebagai Teller, Oktober 2017 – Desember 2017
  • Bekerja di PT. Bank Permata Denpasar sebagai Teller, Desember 2017 – April 2018
  • Bekerja di PT. BANK BNI sebagai sebagai Teller, April 2018 – Sekarang

PRESTASI

  • Juara Lomba Puisi Tingkat Kabupaten (2008)
  • Juara Karya Tulis Ilmiah Tingkat Kabupaten (2008)
  • Cerdas Cermat Antar Mahasiswa (2014)

Demikian Daftar Riwayat Hidup Ini Saya Buat dengan sebenarnya sebagai informasi pendukung dan pertimbangan lamaran saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Shanti Nisasali, S.E

Download Contoh Curriculum Vitae Yang Menarik disini.

Demikian Contoh Curriculum Vitae (CV) Atau Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja ini. Semoga dapat bermanfaat dan semoga dapat membantu anda yang sedang kesulitan dalam membuat CV ini. Semoga artikel ini dapat menjadi refrensi untuk anda yang sedang membuat CV atau Daftar Riwayat Hidup. Lihat juga artikel kami tentang Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Diberbagai Bidang Yang Baik dan Benar. Terimakasih.