Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

Persiapan Melamar Kerja di Era Digital 2024

Persiapan Melamar Kerja di Era Digital
Bagikan :

Persiapan Melamar Kerja di Era Digital – Sebelum memaski dunia kerja, tentu ada beberapa hal penting yang perlu diketahui. Mengingat saat ini persaingan mencari kerja sangatlah ketat dan susah.

Maka dari itu, ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal penting sebelum melamar kerja agar dapat lolos dan bekerja pada perusahaan yang kamu tuju. Untuk menambah wawasan dalam dunia kerja, kamu bisa aktif mengikuti berbagai webinar yang membahas dunia kerja.

Seperti webinar waktu lalu yang diadakan oleh Scola.id dan BikinCV. Tujuan dari webinar ini, untuk memberikan pemahaman bagi calon pemalar agar dapat memahami tentang segala persiapan yang diperlukan ketika melamar kerja di era digital.

Berbeda dengan dahulu yang masih menggunakan cara manual, kini calon pelamar dapat lebih mudah untuk mengikuti proses perekrutan.

Meski mudah, tentu ada beberapa hal yang penting untuk diketahui sebelum melamar kerja. Seperti halnya teknik membuat CV lamaran kerja yang menjadi salah satu kunci utama untuk membuka peluang bekerja.

Memasuki dunia kerja diawali dengan meng-apply CV. CV adalah berkas pertama yang harus disiapkan ketika akan melamar kerja. Nah, di era digital ini, membuat CV dapat dilakukan dengan digital.

Berbeda dengan cara dahulu yang masih menggunakan cara manual. Kini, kamu dapat membuat CV secara digital yang lebih mudah dan praktis.

Kini telah hadir platform pembuatan CV yang memberikan berbagai kemudahan dalam pembuatannya. BikinCV merupakan platform pembuatan CV yang hadir dengan memberikan berbagai kemudahan membuat CV secara digital. Hadir untuk kalian yang masih bingung dalam membuat CV yang baik dan benar, serta menarik di mata HRD.

BikinCV pun hadir dengan banyak fitur menarik yang dapat memudahkan pencari kerja untuk membuat CV. Selain itu, pilihan desain CV yang disediakan juga banyak dan yang tak kalah peting, disini kalian dapat preview CV sebelum mendownloadnya. Selain itu, BikinCV memiliki banyak fitur menarik yang dapat membantu proses pembuatan CV sekaligus perekrutan.

Video Dari BikinCV

Persiapan Melamar Kerja di Era Digital

Persiapan Melamar Kerja di Era Digital
Ilustrasi emlamar Kerja | Image Source : istockphoto.com

Kemudahan yang dihadirkan oleh Era Digital dalam melamar kerja membuat persaingan kerja di era digital semakin ketat kedepannya. Jika persaingan semakin ketat, maka pelamar kerja yang mengirim CV tentu lebih banyak. Tak jarang CV yang kita kirim tidak dilihat oleh pihak perekrut karena beberapa faktor penyebab seperti format desain, data yang diisi kurang menarik juga tidak relevant dan faktor-faktor lainnya. Karena jumlah pelamar yang banyak dan persaingan ketat, kita harus bisa memberikan kesan pertama terbaik melalui CV yang kita kirimkan agar kesempatan untuk dipanggil interview lebih besar. Lantas, bagaimana cara agar CV kita dilirik oleh pihak perekrut?

Kita harus tahu bagaimana caranya membuat CV yang menarik, profesional, dan juga atraktif. Atraktif yang dimaskud adalah CV mu menarik untuk dilihat dan dibaca oleh HRD. Sebab ini adalah kesempatan bagi kamu untuk dipanggil interview.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melamar kerja, antara lain

  1. Persiapan diri

Persiapan diri tentu menjadi hal yang paling penting sebelum melamar kerja. Bekali diri dengan keahlian, pengalaman dan pengetahuan.

Lalu jika seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman, keahlian dan pengetahuan bisa darimana?

Keahlian, pengalaman maupun pengetahuan ini bisa didapatkan ketika kamu berada disekolah, saat training, dan saat mengikuti organisasi. Dari kegiatan tersebut, kamu sudah mendapatkan keahlian, pengalaman dan pengetahuan.

  1. Persiapan mental

Kamu harus mempersiapkan mental sebelum terjun langsung ke dunia yang sebenarnya yaitu bekerja.  Kamu harus siap dengan aktivitas yang selalu kamu lakukan dalam keseharian adalah bekerja. Dengan ini, kamu harus mengubah pola pikir, harus mempunyai mental yang siap bekerja dan profesioal. Sebab kamu memiliki tanggung jawab baru yang harus kamu manage disetiap harinya.

  1. Persiapan Berkas-berkas

Ketika melamar pekerjaan, tentu kamu harus mempersiapkan berkas, seperti CV, sertifikat, surat lamaran dan portofolio. Berkas yang paling penting dalam melamar kerja ialah CV atau Curriculum Vitae.

Seperti yang kita ketahui, CV atau Curriculum Vitae adalah riwayat diri. Dalam hal ini CV merupakan alat atau wadah yang berisi informasi dari setiap pelamar kerja yang akan diberikan kepada perekrut. Informasi dalam CV inilah yang akan dinilai dan dipertimbangkan oleh HRD, apakah kandidat tersebut cocok atau tidak pada perusahaan tersebut.

Maka dari itu, informasi dalam CV haruslah dibuat dengan jelas, sehingga mudah dimengerti oleh HRD, sehingga dapat dipertimbangkan. Jika informasi dalam CV yang kamu buat tidak lengkap dan tidak jelas, otomatis CV itu akan tersisihkan.

Tips Mengisi Data Diri Pada CV

Persiapan Melamar Kerja di Era Digital
Ilustrasi CV | Image Source : istockphoto.com

Setelah mengetahui hal-hal penting sebelum melamar kerja, tentunya kamu harus mengetahui cara mengisi data diri pada CV. Meski terkesan mudah, namun ada 4 poin penting yang perlu kamu perhatikan saat membuat CV agar menarik perhatian HRD, seperti berikut ini:

  1. Foto Diri

Hampir semua CV harus berisi foto diri. Agar lebih menarik, tentu ada beberapa cara agar foto lebih menarik.

  • Buatlah foto yang profesional, rapi dan enak untuk di lihat. Jangan lupa untuk tersenyum untuk menunjukan aura positif kamu.
  • Jangan gunakan foto selfie, ingatlah bahwa foto ini akan kamu gunakan untuk melamar kerja.
  • Gunakan background dengan warna polos atau latar yang bersih. Hal ini agar foto terfokus pada diri kamu.
  1. Penulisan “Tentang Saya” atau “Career Objective”

Pada bagian ini, kamu akan mendeskripsikan sedikit tentang diri kamu. Di bagian ini, kamu dapat menuliskan pengalaman dan keahlian, mengapa kamu ingin apply pekejaan ini dan motivasi kerja. Buat kalimat yang singkat, padat, jelas dan jangan menuliskan kalimat yang terlalu panjang pada bagian ini, buat 2-3 baris saja sudah cukup.

  1. Susunan Penulisan Pengalaman Kerja & Riwayat Pendidikan

Pada bagian ini, kamu harus menuliskan pegalaman kerja dan riwayat pendidikan secara detail. Contohnya,

  • Pada riwayat pendidikan, tulislah nama institusi yang jelas, jurusan dan tahun harus ditulis dengan detail.
  • Pada pengalaman kerja, tulis nama perusahaan, posisi kamu pada perusahaan tersebut dan deskripsikan pekerjaan kamu sebelumnya secara singkat.

Urutan penulisan Riwayat Pendidikan dan Pengalaman Kerja adalah riwayat/pengalaman terakhir berada di urutan pertama.

Tujuan menulis secara detail, agar HRD mengetahui dengan jelas pengalaman kerja dan riwayat pendidikan dari si pelamar kerja, sehingga HRD dapat mempertimbangkan informasi yang ada dalam CV.

  1. Hobi dan Keahlian yang Relevan dengan Posisi yang Dilamar

Hobi dan keahlian tentunya harus relevan dengan posisi yang dilamar. Meski kerap dianggap sepele, namun hobi dan keahlian yang relevan merupakan nilai plus dan sangat menarik bagi HRD. Maka dari itu, sesuaikan keahlian dan hobi yang akan kamu tulis dengan pada posisi yang dilamar.

Apa yang Dilihat Pertama Kali Oleh HRD dari CV?

Persiapan Melamar Kerja di Era Digital
Ilustrasi Proses Rekruitmen | Image Source : istockphoto.com

Hal satu ini kerap ditanyakan oleh kebanyakan orang. Mereka ingin mengetahui apa hal pertama kali dilihat oleh HRD pada CV yang kamu buat. Beriku kami akan berikan jawabannya di bawah ini,

  • Impresi awal keseluruhan bentuk dan format CV

Bentuk dan format CV menjadi hal pertama yang dilirik para perekrut. Wajar saja, jika bentuk dan format CV yang kamu buat berantakan, sudah akan susah dibaca yang membuat HRD bingung.

Maka dari itu, buatlah CV dengan bentuk rapi, berisi informasi yang lengkap dan jelas dalam satu lembar, sehingga mudah di baca. Selain itu, HRD juga  melirik CV dari desain dan warna yang digunakan harus sesuai dengan posisi yang dilamar.

  • Keteraturan penulisan data

Penulisan data juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan saat membuat CV. Karena penulisan data juga menjadi hal yang pertama kali dilirik oleh HRD.  Usakan penulisan pada CV rapi dan jelas agar mudah dibaca dan enak dilihat. Sehingga HRD akan tertarik untuk membacanya.

Tips Melamar Kerja Via Email

Persiapan Melamar Kerja di Era Digital
Ilustrasi Mengirim Email |Image Source : istockphoto.com

Pada era digital, hampir semua kegiatan melamar pekerjaan menggunakan email sebagai media kirim lamaran. Hampir setiap perusahaan menyarankan para pelamar untuk mengirim CV lamaran kerja dengan menggunakan email. Dengan cara ini, mengirim lamaran kerja jauh lebih gampang, cepat dan lebih efisien. Tapi, mudah bukan berarti bisa disepelekan. Karena ada beberapa hal kecil yang bisa buat kamu tidak lolos.

Ada tips  mengirim CV lamaran kerja yang perlu kamu ketahui sebelum mengirimkan berkas-berkas via email. Seperti berikut :

  • Jika berkas yang kamu kirimkan ada 1-3 file, kamu masih bisa menjadikannya dalam 1 folder. Melainkan jika berkas kamu lebih dari 3, seperti lampiran pendukung yang banyak, ada baiknya dokumen pendukung tersebut dijadikan dalam folder terpisah sesuai jenisnya, sehingga HRD akan lebih mudah dalam memeriksa file yang kamu kirimkan via email.
  • Penulisan body massage juga perlu di perhatikan. Jangan sampai, pada saat mengirim berkas lamaran kerja pada email, body email kosong. Pastikan kamu menulis keterangan singkat pada bagian ini , jangan bertele-tele. Kamu dapat menulis perkenalan diri singkat dan alasan melamar.
  • Sebelum mengirimkan email, pastikan cek kembali email sebelum mengirim. Jangan sampai ada yang salah atau typo, pastikan CV terkirim dengan sempurna tanpa ada kesalahan.

Tips Interview

Persiapan Melamar Kerja di Era Digital
Ilustrasi Interview | Image Source : istockphoto.com

Jika CV kamu menarik dan sempurna, sehingga dapat lolos pada tahapan seleksi, maka kamu akan di undang ke tahap selanjutnya, yaitu interview. Tahapan ini tentu menjadi tahapan yang paling menentukan, apakah kamu diterima atau tidak pada perusahaan tersebut. Sebelum melakukan interview, ada baiknya kamu ketahui beberapa hal yang harus kamu siapkan ketika interview kerja.

  • Yang Perlu Dibawa Saat Interview
  1. CV dan Surat Lamaran Kerja

Meski kamu sudah mengirimkan CV dan surat lamaran sebelumnya, tidak ada salahnya jika kamu membawa berkas tersebut saat interview untuk cadangan.

  1. Alat Tulis

Alat tulis juga perlu kamu bawa ketika melakukan interview. Meski terkesan sepele, namun hal ini dapat memberikan kesan yang baik kepada HRD.

  1. Berkas Pendukung : Portofolio, Sertifikat, Piagam, dll.

Berkas ini juga harus kamu bawa, karena kemungkinan nanti akan diperlukan atau ditanyakan lebih detail tentang berkas-berkas tersebut saat interview.

  • Tips Saat Interview

Ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan saat melakukan interview kerja yang perlu kamu ketahui. Berikut hal-hal tersebut :

  1. Penampilan

Penampilan tentunya merupakan hal pertama yang harus diperhatikan. Karena bersifat profesional, datanglah dengan pakaian yang rapi dan bersih, tunjukanlah bahwa kamu ada usaha untuk tampil menjadi yang terbaik. Ini tentunya akan menjadi nilai plus dan memberi kesan baik saat pertama bertemu.

  1. Gestur

Kamu harus bisa terlihat profesional dan bertanggung jawab. Mulai dari cara berbicara, melihat, cara duduk juga harus diperhatikan. Usahakan untuk bersikap profesional, jangan asal-asalan sesuka hati. Tunjukanlah bahwa kamu adalah kandidat yang profesional.

  1. Pastikan HRD Melihat Kamu Menguasai Apa yang Kamu Pelajari

Pastikan HRD saat bertemu dengan kamu sudah langsung tahu jika kamu telah memiliki pengalaman dan keahlian sedemikian. Jadi cobalah untuk lebih percaya diri namun jangan dibuat-buat.

  1. Pastikan Kamu Tertarik dan Mau Belajar Hal Baru

Pastikan HRD mengetahui bahwa kamu memiliki motivasi untuk belajar hal baru. Sebab saat era digital ini, persaingan semakin banyak dan lebih ketat. Jika kita hanya fokus ke satu hal dan tidak mau belajar ha yang lain, pasti kita akan jauh ketinggalan.

  1. Ketahui Perusahaan Sebelum Interview

Hal ini juga penting, kenapa? karena Ini adalah salah satu strategi agar HRD menilai bahwa kamu memiliki inisiatif untuk mencari tahu tentang perusahaan tersebut. Kamu juga terkesan orang yang telah mempersiapkan sebelum melakukan suatu hal penting dan akan memberikan impresi yang bagus.

  1. Jangan Hanya Menggambarkan Kelebihan, Tapi Juga Kekurangan

Ketika interview, HRD biasanya akan menanyakan tentang kelebihan dari kandidat. Saat mendapatkan pertanyaan ini, tentu kamu akan menyebutkan semua kelebihan yang kamu miliki. Alangkah baiknya, sebutkan juga kekurangan kamu dan cara mengatasi kekurangan tersebut. Ini akan menjadi nilai plus bagi kamu karena kamu terlihat sebagai orang yang bisa mengatasi masalah yang akan dihadapi saat bekerja, orang yang bisa tumbuh dan berkembang, sehingga ini yang membuka lebar peluang untuk diterima.

Itulah beberapa tips interview kerja, agar kamu dapat bersaing di dunia kerja di era digital. Jangan lupa pelajari tips-tips tersebut agar dapat lolos tahapan satu ini.

Simak segala persiapan melamar kerja dan ikuti tips di atas agar kamu dapat lolos dan diterima bekerja pada perusahaan yang kamu tuju.

Sekian informasi Persiapan Melamar Kerja di Era Digital. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk memahami segala persiapan. Simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di BikinCV Blog.

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI