Update terakhir : October 26, 2020

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Dan Syaratnya – Pendaftaran BPJS offline sering memakan waktu yang banyak dan terkadang antreannyapun membludak. Oleh karena itu, kini pendaftaran BPJS Kesehatan sudah dapat diakses secara online. Ini menjadi salah satu solusi agar saat pendaftaran tidak memerlukan waktu yang lama dan dapat diakses dimana saja.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau BPJS Kesehatan merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Badan usaha yang menyelenggarakan jaminan sosial kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Dulu BPJS bernama Asuransi Kesehatan atau yang dikenal dengan sebutan ASKES. Dengan mendaftar BPJS Kesehatan, anda akan mendapatkan berbagai manfaat fasilitas kesehatan yang sesuai dengan tingkatannya.

Cara Mendaftar BPJS Online

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Dan Syaratnya
Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Dan Syaratnya | Image Source : Google Image

Pendaftaran BPJS secara online ini dapatb kalian akses melalui situs bpjs-kesehatan.go.id. Kalian dapat mengaksesnya dimana sajan dan kapan saja tanpa antrean panjang seperti mendaftar offline. Sebelum anda mendaftar, ada beberapa berkas yang perlu anda persiapkan, seperti :

  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • NPWP
  • Nomor Handphone
  • Buku Rekening Tabungan (BNI,BRI, atau Mandiri)
  • Foto maksimal 50kb
  • Alamat email yang aktif

1. Kunjungi situs resmi BPJS Kesehatan

Kunjungi situs resmi BPJS Kesehatan untuk melakukan pendaftaran secara online pada https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/ . Selain itu, anda dapat mendaftar menggunakan Aplikasi Mobile JKN Android atau dapat menghubungi Care Center pada nomor 15000 400.

2. Isi Nomor Kartu Keluarga

Masukan nomor KK, setelah itu masukan kode captcaha sesuai dengan gambar yang muncul. Klik inquery kartu keluarga. Biasanya akan muncul daftar anggota keluarga secara otomatis seluruh anggota keluarga akan terpilih. Lalu klik tombol Proses Selanjutnya.

3. Isi data pada form pengisian data peserta.

Pada form biasanya kita akan dipersilahkan untuk mengisi seperti nomor NPWP, Kelurahan/Desa, No. Hp, dan Alamat tinggal. Alamat yang digunakan sesuai dengan alamat yang tertera pada KTP.

4. Pilih Fasilitas Kesehatan (Faskes).

Sesuaikan dengan kemampuan anda. Faskes ini sangat penting ketika pertama kali sakit dan anda harus membutuhkan rujukan ke faskes yang anda pilih. Bisa saja ke puskesmas, dokter, atau klinik.

5. Upload foto

Dalam pendaftaran ini, anda diharuskan untuk menyisipkan foto anda sebagai pendaftar. Foto yang anda upload maksimal berukuran 50kb agar file dapat terkirim. Kemudian klik Proses Selanjutnya.

6. Lengkapi formulir

  • Peserta / Anggota keluarga
  • Pilih kelas perawatan
  • Memasukan no. Rekening bak yang anda miliki
  • Nomor hp
  • Alamat email, konfirmasi alamat email
  • Captcha, lalu klik kirim email

7. Buka email untuk melakukan verifikasi

Bukalah email anda untuk melakukan verifikasi. Jika seandainya tidak ada email yang masuk, cobalah periksa folder spamnya.

8. Klik URL aktivasi pada email

Jika sudah melakukan verifikasi email, anda akan mendapatkanURL yang dikirim di email. Klik URL pada email, anda akan mendapatkan nomor VA (Virtual Account).

9. Lakukan pembayan ke bank

Proses pendaftaran online sudah selesai. Maka saatnya anda untuk melakukan pembayaran ke bank.

10. e-ID sudah dapat anda download.

Setelah anda menyelesaikan pendaftaran dan pembayaran, anda sudah dapat mengambil kartu fisiknya ke kantor BPJS cabang terdekat.

Sekian Cara Mendaftar BPJS Kesehatan dan Syaratnya. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang berkeinginan untuk mengurus pendaftaran BPJS Kesehatan. Lihat juga artikel kami tentang Belum Daftar Kartu Prakerja? Yuk Simak Caranya dan artikel menarik lainnya di BikinCV.com. Terimakasih.