Update terakhir : October 26, 2020

Belum Daftar Kartu Prakerja? Yuk Simak Caranya – Tahukah anda tentang Kartu Prakerja?. Kartu Prakerja adalah sebuah kartu yang digalangkan dalam rangka program pelatihan dan pembinaan Warga Negara Indonesia yang belum mempunyai keterampilan. Kartu tersebut dipromosikan oleh Joko Widodo pada masa kampanye Pemilihan Umum Presidan Indonesia 2019 lalu, bersamaan dengan KIP Kuliah dan Kartu sembako murah.

Mungkin sudah banyak yang mengetahui tentang Kartu Prakerja ini. Namun tak menutup kemungkinan bahwa masih banyak yang belum mengetahui tentang Kartu Prakerja ini. Pemerintah membuka program Kartu Prakerja yang dapat membantu 2 juta orang tenaga kerja untuk meningkatkan keterampilan melalui keterampilan online/offline.

Bagaimana Cara Pembuatan Kartu Prakerja ?

Belum Daftar Kartu Prakerja? Yuk Simak Caranya
Belum Daftar Kartu Prakerja? Yuk Simak Caranya | Image Source : Google Image

Masih banyak orang yang belum mengetahui tentang cara pembuatan Kartu Prakerja ini. Masih banyak yang kebingungan saat mendaftar kartu ini dikarenakan kurangnya refrensi tentang cara pendaftran kartu ini. Pendaftaran Kartu Prakerja sangatlah mudah, anda dapat mendaftarnya melalui portal resmi https://www.prakerja.go.id/ yang anda dapat akses melalui smartphone anda. Sebelum mendaftar, anda harus membuat akun terlebih dahulu, anda dapat memakai email datau nomor ponsel anda yang aktif untuk mendaftar.

Saat pendaftaran, anda wajib mengisi data atau informasi pada portal dengan sebenar-benarnya. Anda juga diwajibkan untuk mengisi data diri sesuai dengan yang tertera pada KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang sah. Berikut panduan membuat akun Kartu Prakerja di prakerja.go.id :

  1. Masukan Nama lengkap, email dan kata sandi.
  2. Klik “Daftar”.
  3. Selanjutnya verifikasi email anda.
  4. Lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email.
  5. Pendaftaran berhasil. Kamu berhasil membuat akun Kartu Prakerja.

Pendaftaran Kartu Prakerja

Adapun beberapa langkah-langkah pendaftaran Kartu Prakerja :

  1. Lakukan login menggunakan akun yang telah dibuat dilangkah sebelumnya.
  2. Setelah berhasil mendaftar akun dan login akun, masuk ke Dashboard.
  3. Isi verivikasi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  4. Klik “Berikutnya”
  5. Lengkapi data diri
  6. Unggah foto KTP dan Swafoto ke Dashboard.
  7. Lakukan verifikasi telepon.
  8. Setelah itu, Klik “Kirim”.
  9. Setelah selesai verifikasi KTP, mengisi data diri, dan verifikasi nomor telepon. Isilah deklarasi survey.
  10. Selanjutnya, anda wajib mengikuti tes.
  11. Setelah tes selesai, ikuti seleksi batch.
  12. Pilih batch yang anda inginkan dan sesuaikan dengan domisili.
  13. Pendaftaran selesai.
  14. Tunggu proses evaluasi pendaftaran.

Sekian cara daftar Kartu Prakerja, sangat mudah bukan?. Anda dapat mengaksesnya dimanapun dan kapanpun, jelas sangat memudahkan anda. Jadi, ayo daftar Kartu Prakerja dengan cara diatas dan jangan bingung lagi. Ikuti semua seleksi yang disarankan dan yang terpenting isilah data yang sesuai pada KTP anda. Selamat mencoba.

Sekian artikel ini Belum Daftar Kartu Prakerja? Yuk Simak Caranya kami buat. semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang kebingungan dalam mendaftar Kartu Prakerja. Lihat juga artikel menarik tentang Daftar Kode Bank Indonesia Lengkap. BCA, Mandiri, BRI Dan Lainnya. Terimakasih.