Update terakhir : September 8, 2020

5 Contoh Karya Tulis Ilmiah Yang Baik Dan Benar – Mungkin anda pernah mendengar tentang karya tulis ilmiah?. Biasanya karya tulis ilmiah dibuat untuk memecahkan suatu permasalah yang sedang terjadi. Dalam karya ilmiah ini ditulis berdasarkan penelitian yang dibuat oleh orang tersebut, lalu ditulis kembali sesuai dengan sistematika penulisan karya ilmiah sendiri. Karya tulis ilmiah ini juga diperlombakan oleh para Siswa dan Mahasiswa.

5 Contoh Karya Ilmiah Yang Baik Dan Benar
5 Contoh Karya Ilmiah Yang Baik Dan Benar | Image Source : Pexels.com

Karya Tulis Ilmiah adalah karya tulis yang dibuat untuk memecahkan suatu masalah dengan dengan landasan teori dan metode-metode ilmiah. Pada karya ilmiah ini biasanya berisikan data, fakta, dan solusi mengenai suatu masalah yang diangkat. Perlunya memperhatikan pembuatan karya ilmiah ini yang dilakukan secara runtut dan sistematis.

Pada karya tulis ilmiah ini berisikan 3 struktur didalamnya, yaitu :

1. Pendahuluan

Pada bagiam ini, penulis ilmiah harus mengisikan dasar-dasar penelitian, permasalahan yang diangkat serta mekanisme penyelesaian masalah yang ditulis.

2. Isi dan Pembahasan

Pada bagian isi dan pembahasan berisi satu atau lebih bab. Bab pada bagian ini tergantung dari seberapa pelik pembedahan dan pembahasan dari bahan penelitian tersebut.

3. Kesimpulan

Yang terakhir adalah kesimpulan. Kesimpulan merupakan hasil dari pembahasan penelitian tesebut. Kesimpulan dibuat dengan singkat, padat dan jelas berdasarkan hasil penelitian.

Ciri-ciri Karya Ilmiah

Ada beberapa ciri-ciri dari sebuah karya ilmiah ini. Sangat penting untuk anda ketahui sebelum anda menulis karya ilmah agar tidak menepukan kesalahan dalam penulisan hasil penelitian. Adapun beberapa ciri-cirinya sebagai berikut :

1. Menggunakan bahasa yang baku

Dalam penulisan karya ilmiah, pentingnya untuk menggunakan bahasa yang baku agar mudah dimengerti. Penggunaan bahasa baku digunakan pada setiap aspek pada penulisan. Mulai dari penulisan sumber hingga penulisan kesimpulan menggunakan bahasa baku.

2. Menggunakan kaidah-kaidah keilmuan

Penulisan harus menggunakan istilah-istilah akademik dari bidang penelitian si penulis. Bertujuan untuk menunjukan bahwa penulis atau peneliti mempunyai kapabilitas pada kajian yang dibahas dalam karya imliah tersebut.

3. Penggunaan kalimat efektif

Dengan penggunaan kalimat efektif yang digukan agar si pembaca dapat mengerti pada penjelasan karya ilmiah tersebut. Agar apa yang ditulis pada karya ilmiah tersebut tidak membuat si pembaca kebingungan tentang pembahasan si penulis.

4. Reproduktif

Penulis atau peneliti harus diterima dan dimaknai oleh pembacanya sesuai dengan makna yang ingin disampaikan. Sehingga pembaca harus langsung memahami konten didalamnya.

5. Tidak ambigu

Artinya sebuah karya harus memberikan pemahaman secara detail dan tidak dikemas dengan bahasa yang tidak membingungkan.

6. Tidak emotif

Karya ilmiah tidak berisikan tentang perasaan dari penulisnya. Karena karya ilmiah harus memaparkan fakta yang didapat dari hasil penelitian bukan dari perasaan sang penulis.

7. Bersifat dekoratif

Karya ilmiah harus menggunakan istilah atau kata-kata yang memiliki satu makna. Karena karya ilmiah harus bisa menyampaikan maksud dari penelitian yang dilakukan oleh tanpa membingungkan sedikitpun.

8. Terdapat kohesi

Karya ilmiah harus memiliki kesinambungan antar bagian. Pada setiap babnya harus memiliki alur logika yang saling bersambung dan penyampaiannya harus tepat sasaran.

9. Bersifat objektif

Salah satu hal yang sangat penting karena karya ilmiah tidak dibuat berdasarkan perasaan sang penulis. Karena karya ini menjelaskan tentang data serta fakta-fakta dari hasil penelitian.

5 Contoh Karya Ilmiah Yang Baik Dan Benar

1. Karya Ilmiah Tentang Lingkungan

Daur Ulang Sampah Demi Kesehatan Lingkungan

BAB I

Pendahuluan

  1. Latar Belakang Masalah

Dewasa ini, napaknya sampah menjadi perhatian besar di dunia karena dapat menimbulkan masalah besar yang mempengaruhi ekosistem. Sampah juga menyebabkan masalah yang sangat besar pada kesehatan manusia. Enggannya manusia memperhatikan seberapa bahayanya sampah dapat menyebabkan kerugian yang sangat besar. Contohnya saja pendauran ulang sampah yang sangat penting demi menjaga alam dan kesehatan. Namun hal ini sangat diremehkan oleh manusia. Melihat hal ini, kamipun ingin melakukan sebuah penelitian tentang seberapa pedulinya manusia dengan alam yang menggunakan metode daur ulang ini. Maka dari itu, penelitian ini sangat penting untuk dilakukan.

  1. Rumusan Masalah

Bagaimana cara mendaur ulang dan memanfaatkan kembali sampah tersebut ?

  1. Tujuan Penelitian

Dapat mengetahui dan dapat memberikan pengetahuan tentang pemanfaatan sampah yang sangat penting untuk menjaga ekosistem dan kesehatan manusia.

 

BAB II

Pembahasan

Sampah yang dihasilkan oleh masyarakat sebenarnya dapat dimanfaatkan kembali agar tidak menumpuk. Sebenarnya dalam pendaur ulangan sampah tidak memerlukan waktu yang lama. Karena sejatinya yang dibutuhkan adalah rasa kepedulian, ketekunan, dan kreatifitas. Contohnya saja, pada pengolahan sampah organik yang dapat diolah menjadi pupuk.

Sedangkan, jika sampah berupa kertas. Dapat didaur ulang lagi menjadi kertas kelmbali.Sedangkan untuk sampah plastik atau kaleng, dapat didaur ulang kembali menjadi kerajinan tangan seperti, pembuatan tas dari plastik dan lain sebagainya. Semua itu dapat dilakukan jikalau ada kemauan. Ide kreatif sangat diperlukan dalam menjaga kelestarian lingkungan dan kesehatan manusia dalam pemanfaatan sampah ini. Pemanfaatan sampah ini dapat dijual dan berguna daripada menumpuk, apalagi sampah plastik yang susah terurai. Kegiatan pemanfaatan sampah ini disebut dengan Refuse atau daur ulang.

Maka dari itu, jagalah lingkungan dari sampah dengan mendaur ulang sampah tersebut sehingga dapat berguna. Selain dapat mengurangi sampah karena didaur ulang, juga dapat sebagai mata pencaharian dengan membuat kerajinan tangan lalu dijual. Jagalah lingkungan dari sampah agar ekosistem alam dapat terjaga dan kesehatan manusiapun ikut terjaga.

 

BAB III

Penutup

Kesimpulan

Sampah memang selalu menjadi masalah didalam lingkungan. Maka dari itu, daur ulanglah sampah agar tidak menjadi masalah dalam lingkungan dan kesehatan. Sampah yang didaur ulang akan dapat menghasilkan penghasilan yang lumayan dan banyak keuntungan lainnya.

 

2. Karya Ilmiah Pergaulan

Dampak Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Usia remaja adalah usia yang dimana sangat rawan terhadap pergaulan bebas. Karena pada anak remaja emosinya yang masih labih dan belum pintar memilah dalam pergaulan. Perkembangan teknologi juga mampengaruhi pergaulan anak remaja dimasa sekarang. Dewasa ini, pergaulan bebas adalah hal yang paling berbahaya pada anak remaja, yang dimana dapat merusak moral anak remaja.

Tidak hanya itu, pergaulan bebas juga terkadang membuat orang tua yang mempunyai anak remaja merasa khwatir. Karena pada usia remaja, emosi masih labil sehingga terlalu gampang untuk dibodohi dan dipermaikan dalam pergaulan. Sehingga, dengan sangat gampang terjerumus kedalam pergaulan bebas.

  1. Rumusan Masalah

Bagaimana bahanya pergaulan bebas untuk para remaja ?

  1. Tujuan penelitian

Untuk mengetahui dan memberika informasi tentang apa saja pergaulan bebas yang dapat merusak moral anak remaja dimasa ini.

BAB II

PEMBAHASAN

Pergaulan tidak selamanya akan memberikan dapat buruk, begitupun sebaliknya. Saat ini, tergantung pada remajanya sendiri. Jika mereka dapat menahan diri ketika ada dalam pergaulan, maka mereka tidak akan terjerumus kedalamnya dan begitupun sebaliknya.Pergaulan bebas adalah pergaulan dengan efek buruk yang selama ini sangat mengkhawatirkan bagi para orang tua. Ada beberapa dampak negatif dari pergaulan bebas itu sendiri, yaitu :

  1. Kerusakan moral pada anak remaja

Pergaulan bebas menjadi salah satu penyebab rusaknya moral anak remaja dijaman sekarang. Karena mereka merasa, seolah-olah mereka bebas untuk melakukan apapun dan merasa tidak memperdulikan siapapun, sekalipun orang tuanya. Maka dari itu, mereka akan kehilangan akhlak baik yang harusnya dibentuk sejak dini hingga nanti.

Berbagai hal yang negatif akan mereka lakukan karena sudah merasakan kebahagiaan dengan prilakunya saat ini. Ini juga salah satu penyebab anak kehilangan rasa sopan satunnya dan hanya merasakan dunianya sendiri dengan keinginannya sendiri.

  1. Penggunaan obat terlarang (narkotika) dan minuman keras

Dewasa ini, dapat dilihat bahwa begitu kejamnya pergaulan bebas. Dimana, sekarang tidak jarang kita dengan anak remaja tertangkap basah menggunakan narkotika atau minum miras. Bahkan, banyak remaja dibawah umur sudah menghisap rokok tanpa mengetahui betapa bahayanya roko untuk dirinya yang masih dibawah umur.

Obat terlarang sudah sangat mudah didapatkan saat ini jika kita sudah masuk dalam pergaulan dengan efek negatif ini. Dijual dengan bebas, alhasil para anak remaja kini sudah terbiasa mengonsumsi miras dan rokok.

  1. Seks bebas dibawah umur

Dampak negatif dari pergaulan bebas salah satunya adalah melakukan seks bebas atau seks diluar ikatan pernikahan. Kurangnya sex education menyebabkan banyak anak muda yang tidak mengetahui dengan jelas apa yang akan ditimbulkan jika berhubungan badan. Tidak hanya kehamilan, namum banyak penyakit lainnya yang dapat menyerang anda saat melakukan seks bebas ini.

Hamil sebelum menikahpun sudah tidak jarang lagi dikalangan remaja. Kesalahan ini yang akan membuat moral anak bangsa menjadi rusak serta dapat merugikan diri sendiri serta keluarga. Terkadang disinilah peran penting orang tua untuk anak, menjaga anak agar tidak terjerumus kedalam pergaulan yang negatif ini. Karena akan menimbulkan banyak masalah pada diri anak jika masuk ke pergaulan bebas. Seperti masalah kesehatan pada anak remaja.

PENUTUP

KESIMPULAN

Pergaulan saat ini sudah masuk dalam kategori berbahaya. Dampak negatif dari pergaulan bebas ini sudah besar dan menelan banyak korban pergaulan bebas. Berawal dari kerusakan pada moral anak, kesehatan karena mengonsumsi narkotika, miras dan rokok dibawah umur serta dalam seks bebas yang dapat menyebabkan beberapa pemyakit serius seperti HIV/AIDS, Penyakit kelamin, dll.

Pergaulan bebas ini dapat diatasi dengan perhatian orang tua yang dimana sebagai pemegang peranan penting. Para orang tua sebaiknya melakukan pengawasan yang efektif untuk anak dan selalu memberika edukasi tentang pergaulan.

3. Karya Ilmiah Tentang Lingkungan Hidup

Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan

 

1. Latar Belakang

Kebersihan lingkungan merupakan salah satu hal yang dimana suatu tempat terbebaskan oleh sampah. Seperti, debu, sampah plastic/organik, dan bau. Di Indonesia, sampah menjadi salah satu penyebab yang timbulnya masalah dalam lingkungan.

Kurangnya kesadaran masyarakan untuk menjaga kebersihan lingkungan adalah satu kunci dari masalah ini. Kurangnya kesadaran ini menyebabkan banyak kerugian untuk lingkugan. Perlunya kesadaran menjaga lingkungan hendaknya kita mulai dari diri sendiri untuk tidak membuang sampah sembarangan. Bisa kita lihat saat ini, banyak masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

Maka dari berbagai problema yang terjadi ditenga-tengah masyarakat tentang sampah. Kami sangat ingin membahas hal ini demi terjaganya lingkungan. Agar masyarakat lebih sadar dengan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

2. Rumusan Masalah

Apa pentingnya menjaga lingkungan ?

3. Tujuan Penelitian

Memberikan wawasan untuk masyarakat betapa pentingnya menjaga lingkungan dan agar masyarakat mempunyai kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan supaya terhindar dari berbagai penyakit.

BAB II
PEMBAHASAN

 

Kesadaran masayarakat terhadap lingkungan

Kebersihan menjadi sebuah cerminan seseorang dalam menjaga kesehatan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Kebersihan merupakan suatu keadaan dimana tidak terdapat kotoran, penyakit, dan lain-lain yang berpengaruh yang dapat merugikan segala aspek. Maka dari itu, setiap orang wajib untuk memiliki kesadaran untuk turut menjaga lingkungan.

Terkadang, kurangnya kesadaran untuk menjaga lingkungan yang dapat berpengaruhi besar kepada lingkungan. Banyak masyarakat yang kurang sadar akan pentingnya kebersihan ini. Selain berpengaruh kepada lingkungan, juga perpengaruh besar kepada kesehatan manusia. Contohnya saja jika lingkungan kotor, tentu saja banyak kuman yang berada disekitar kita dan menyebabkan berbagai penyakit.

Sebaiknya jagalah lingkungan agar bersih agar tidak ada kuman yang mengganggu kesehatan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan yang dimulai dari diri sendiri. Sehingga dapat memberikan contoh  baik kepada masyarakat, agar masyarakat mau turut serta menjaga lingkungan.

Beberapa cara menjaga lingkungan

Ada beberapa tips untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih :

  • Mulailah dari diri sendiri dan memberikan contoh kepada masyarakat. Agar masyarakat juga turut ikut menjaga lingkungan.
  • Dengan memberikan pengarahan tentang baiknya menjaga lingkungan dan memberikan pengarahan dampak buruk saat tidak menjaga lingkungan.
  • Sediakan beberapa tempat sampah
  • Pentingnya sosialisasi kepada masyarakat tentang pendauran ulang sampah organik/plastik yang sangat berpengaruh pada lingkungan.
  • Berikan contoh kegiatan positf yang mengacu kepada kreatifitas masyarakat dalam pengolahan sampah sebagai sovenir.
  • Selalu melakukan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan. Agar masyarakat tergerak untuk turut serta menjaga lingkungan.

BAB III

Kesimpulan

Kurangnya kesadaran dalam menjaga lingkungan akan berpengaruh besar kepada berbagai aspek dalam kehidupan. Karena akan menyebabkan rusaknya ekosistem alam yang akan dapat mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan. Cotohnya seperti banjir. Banjir terjadi karena kurangnya kesadaran dan pemahaman masyarakat untuk tidak membuang sampah pada sungai dan selokan. Maka dari itu, kita haruslah membentuk karekter masyarakat yang peduli tentang lingkungan.

4. Karya Ilmiah Tentang Kesehatan Tubuh

 

Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Sehat

BAB I

Pendahuluan

Latar Belakang

Kesehatan pada kehidupan manusia adalah hal yang paling utama dan penting. Namun banyak orang yang menyepelekan kesehatan mereka. Hanya karena faktor kesibukan hingga mereka melupakan betapa pentingnya kesehatan mereka. Terkadang mereka baru menyadari ketika sakit sudah menyerang dan beranggapan bahwa kesehatan sangatlah penting dan bukan hal yang sepele.

Rumusan Masalah

Bagaimana cara menjaga tubuh agar selalu sehat ?

Tujuan penelitian

Dapat memberi tahu kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga kesehatan.

 

BAB II

Pembahasan

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Makan teratur adalah salah satu hal yang paling utama untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidur yang cukup, tidur yang cukup adalah salah satu faktor yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Stress sangat berpengaruh kepada kesehatan tubuh, maka dari itu, sangat penting untuk menghibur diri agar tidak stress.

Mencuci tangan adalah salah satu cara mengantisipasi kuman yang masuk kedalam tubuh saat sebelum makan. Hal ini sering kali tidak dilakukan oleh beberapa orang dan ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Menggunakan masker ketika berpergian juga salah satu cara menjaga kesehatan. Penggunaan masker mulut seringkali diabaikan oleh orang-orang karena merasa tidak terlalu penting. Namun sejatinya, masker mulut ini sangat penting digunakan untuk menghindari paparan debu dan asap kendaran yang tidak baik bagi kesehatan paru-paru. Hal yang paling penting adalah menjaga waktu tidur atay beristirahat. Beristirahatlah dengan cukup agar tubuh selalu bugar dan sehat. Maka dari itu, begadang sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan demi kesehatan.

 

 

BAB III

Penutup

Kesimpulan

Lebih baik mengantisipasi daripada mengobati. Sebaiknya, jaga selalu kesehatan tubuh agar tetap bugar dan sehat. Olahraga secara rutin juga akan membuat tubuh menjadi bugar. Jagalah pola makan dan istirahatlah dengan cukup demi kesehatan tubuh.

 

5. Karya Ilmiah Tentang Kesehatan

BAB I

Pendahuluan

 

Latar Belakang Masalah

 

“Sadarkah anda, bahwa kesehatan itu mahal harganya.”

Kalimat tersebut sering kita dengarkan, sering kita temukan, bahkan mungkin kita sendiri yang sering mengungkapkan. Menjaga kesehatan adalah mutlak harus kita lakukan sebagai cara melaksanakan amanah Tuhan yang telah memberikan tubuh atau jasad kita untuk dapat beraktivitas menjalankan kepentingan dunia maupun akhirat. Kemajuan jaman membuat juga kemajuan terhadap cara menjaga kesehatan.

Tetapi kemajuan jaman membuat juga kemajuan terhadap penggunaan bahan-bahan sintetis, bahan-bahan kimia yang memungkinkan produksi lebih efisien dan murah. Herbal yang bersifat alami biasanya digunakan sebagai terapi untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan menjauhkan dari berbagai serangan penyakit.

Rumusan Masalah

  1. Apa yang dimaksud dengan Kombucha Tea?
  2. Apa manfaat dari Kombucha Tea?

 

Tujuan penulisan

  1. Meneliti tentang Kombucha Tea.
  2. Menjelaskan manfaat dari Kombucha Tea.

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

Pengertian Kombucha Tea

Teh Kombucha diambil dari nama seorang tabib yang berasal dari Korea bernama “Kombu” , “Cha” berarti “teh”. Teh ini terbuat dari jamur yang berasal dari Asia Timur, uniknya, minuman tradisional ini justru lebih popular di Eropa lalu menyebar ke Jerman dan Rusia sejak abad ke– 20. Di Indonesia, pemanfataan kombucha untuk pengobatan sudah cukup lama diterapkan, yakni dekade 1930-an. Dari negeri Cina, penyebaran kombucha mengikuti jalur perdagangan yang pada akhirnya tersebar ke penjuru dunia. Kambucha tea merupakan jenis minuman teh yang difermentasi dengan bakteri Acetobacter xylinum dan beberapa jenis khamir.

Manfaat Kombucha Tea

Kombucha tea mengandung sedikit alkohol di dalamnya sekitar 0,12% yang dihasilkan dari proses fermentasi pada media yang mengandung gula. Sebagaimana telah dibuktikan oleh para peneliti di Russia, bahwa banyak komponennya mengandung zat-zat yang mempunyai sifat antibiotik serta penawar racun, dimana zat-zat tersebut mempunyai peranan penting dalam proses biokimia tubuh manusia.

Sehingga  ditemukan bahwa ramuan kombucha bermanfaat untuk.

  1. Mengobati sembelit
  2. Menjaga kondisi tubuh, untuk kebugaran
  3. Memulihkan & memperbaiki fungsi alat pencernaan
  4. Membunuh kanker (fungsi dari teh)
  5. Obat encok atau rematik pada persendian

 

BAB III

Penutup

 

Kesimpulan

Kombucha Tea merupakan produk minuman tradisional hasil fermentasi larutan teh dan gula. Di Indonesia, pemanfaatan kombucha untuk pengobatan sudah cukup lama diterapkan.

 

Sehingga, dari kandungan yang terdapat pada Kombucha Tea ini mampu memberikan manfaat dalam mengobati penyakit dan menjaga kesehatan. Penyakit yang dapat diatasi diantaranya :

  • Liver / hepatitis.
  • Gangguan syaraf.
  • Asma dan batuk.
  • dll

Saran

Dengan berbagai uraian diatas, minuman Kombucha ini dianjurkan untuk dapat diminum oleh berbagai kalangan. dalam mengkonsumsi Kombucha Tea ini dianjurkan sesuai aturan konsumsi dan takaran yang benar. Selain itu Kombucha Tea ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil dan balita.

Sekian 5 Contoh Karya Ilmiah Yang Baik Dan Benar. Semoga bermanfaat dan bisa anda gunakan acuan sebelum pembuatan karya ilmiah. Lihat juga artikel kami lainnya tentang Contoh Naskah Pidato Pendidikan Yang Baik Dan Benar.