Update terakhir : September 8, 2020

Contoh Karya Ilmiah SMA Tentang Pembelajaran Berbasis Komputer – Mungkin anda pernah mendengar tentang karya tulis ilmiah?. Biasanya karya tulis ilmiah dibuat untuk memecahkan suatu permasalah yang sedang terjadi. Dalam karya ilmiah ini ditulis berdasarkan penelitian yang dibuat oleh orang tersebut, lalu ditulis kembali sesuai dengan sistematika penulisan karya ilmiah sendiri. Karya tulis ilmiah ini juga diperlombakan oleh para Siswa dan Mahasiswa. Berikut kami akan berikan Contoh Karya Ilmiah SMA Tentang Pembelajaran Berbasis Komputer.

Contoh Karya Ilmiah SMA Tentang Pembelajaran Berbasis Komputer
Contoh Karya Ilmiah SMA Tentang Pembelajaran Berbasis Komputer | Image Source : Pexels.com

Apa Itu Karya Ilmiah ?

Karya Tulis Ilmiah adalah karya tulis yang dibuat untuk memecahkan suatu masalah dengan dengan landasan teori dan metode-metode ilmiah. Pada karya ilmiah ini biasanya berisikan data, fakta, dan solusi mengenai suatu masalah yang diangkat. Perlunya memperhatikan pembuatan karya ilmiah ini yang dilakukan secara runtut dan sistematis.

Pada karya tulis ilmiah ini berisikan 3 struktur didalamnya, yaitu :

1. Pendahuluan

Pada bagiam ini, penulis ilmiah harus mengisikan dasar-dasar penelitian, permasalahan yang diangkat serta mekanisme penyelesaian masalah yang ditulis.

2. Isi dan Pembahasan

Pada bagian isi dan pembahasan berisi satu atau lebih bab. Bab pada bagian ini tergantung dari seberapa pelik pembedahan dan pembahasan dari bahan penelitian tersebut.

3. Kesimpulan

Yang terakhir adalah kesimpulan. Kesimpulan merupakan hasil dari pembahasan penelitian tesebut. Kesimpulan dibuat dengan singkat, padat dan jelas berdasarkan hasil penelitian.

4. Daftar Pustaka

Daftar pustaka pada pembuatan karya ilmiah haruslah diisi. Selain kita menulis pada penelitian nyata. Kita juga harus melakukan penelitian lainnya seperti mencari beberapa konten pada buku dan internet. Maka dari itu, dalam pembuatan karya ilmiah haruslah berisikan daftar pustaka. Selain itu, agar pembaca juga mengetahui sumber-surber karya ilmiah yang dibuat.

Ciri-ciri Karya Ilmiah

Ada beberapa ciri-ciri dari sebuah karya ilmiah ini. Sangat penting untuk anda ketahui sebelum anda menulis karya ilmah agar tidak menepukan kesalahan dalam penulisan hasil penelitian. Adapun beberapa ciri-cirinya sebagai berikut :

1. Menggunakan bahasa yang baku

Dalam penulisan karya ilmiah, pentingnya untuk menggunakan bahasa yang baku agar mudah dimengerti. Penggunaan bahasa baku digunakan pada setiap aspek pada penulisan. Mulai dari penulisan sumber hingga penulisan kesimpulan menggunakan bahasa baku.

2. Menggunakan kaidah-kaidah keilmuan

Penulisan harus menggunakan istilah-istilah akademik dari bidang penelitian si penulis. Bertujuan untuk menunjukan bahwa penulis atau peneliti mempunyai kapabilitas pada kajian yang dibahas dalam karya imliah tersebut.

3. Penggunaan kalimat efektif

Dengan penggunaan kalimat efektif yang digukan agar si pembaca dapat mengerti pada penjelasan karya ilmiah tersebut. Agar apa yang ditulis pada karya ilmiah tersebut tidak membuat si pembaca kebingungan tentang pembahasan si penulis.

4. Reproduktif

Penulis atau peneliti harus diterima dan dimaknai oleh pembacanya sesuai dengan makna yang ingin disampaikan. Sehingga pembaca harus langsung memahami konten didalamnya.

5. Tidak ambigu

Artinya sebuah karya harus memberikan pemahaman secara detail dan tidak dikemas dengan bahasa yang tidak membingungkan.

6. Tidak emotif

Karya ilmiah tidak berisikan tentang perasaan dari penulisnya. Karena karya ilmiah harus memaparkan fakta yang didapat dari hasil penelitian bukan dari perasaan sang penulis.

7. Bersifat dekoratif

Karya ilmiah harus menggunakan istilah atau kata-kata yang memiliki satu makna. Karena karya ilmiah harus bisa menyampaikan maksud dari penelitian yang dilakukan oleh tanpa membingungkan sedikitpun.

8. Terdapat kohesi

Karya ilmiah harus memiliki kesinambungan antar bagian. Pada setiap babnya harus memiliki alur logika yang saling bersambung dan penyampaiannya harus tepat sasaran.

9. Bersifat objektif

Salah satu hal yang sangat penting karena karya ilmiah tidak dibuat berdasarkan perasaan sang penulis. Karena karya ini menjelaskan tentang data serta fakta-fakta dari hasil penelitian.

Sekian pengertian karya ilmiah dan ciri-ciri karya ilmiah yang harus kalian mengerti sebelum menulis karya ilmiah. Berikut kami akan berikan contoh Contoh Karya Ilmiah SMA Tentang Pembelajaran Berbasis Komputer  Yang Baik dan Benar untuk anda sebagai acuan sebelum membuat karya ilmiah.

Contoh Karya Ilmiah SMA Tentang Pembelajaran Berbasis Komputer

 

Pembelajaran Berbasis Komputer

 

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang.

 

Pada 1980-an, tidak ada satupun media pembelajaran atau obyek pembelajaran yang diproduksi memperhatikan kesenangan dalam pelaksanaan pendidikan dasar dan menengah seperti halnya yang dilakukan oleh komputer. Selama beberapa tahun terakhir, jumlah mikrokomputer di sekolah telah meningkat hampir 50 kali lipat dari sekitar 50.000 menjadi sekitar 2.400.000. Akibatnya, banyak kegiatan penelitian saat ini dilakukan pada teknologi dalam pendidikan yang terkonsentrasi pada komputer.

Penelitian ini difokuskan pada penggunaan komputer dalam bidang pendidikan. Dimulai dengan klarifikasi terminologi saat ini di lapangan, kemudian pindah ke diskusi tentang berbagai variasi sistem untuk mengkonsep dan mengkategorikan penggunaan komputer dalam pendidikan. Penelitian ini dimulai dengan penjelasan dari dua studi tinjauan berskala besar, kemudian menyajikan hasil studi di sekolah tertentu. Disertai pula dengan dua penelitian deskriptif utama, seperti saran untuk kemajuan masa depan dalam penelitian CBL.

 

 

B. Rumusan Masalah.

  1. Dampak apakah yang ditimbulkan dalam proses belajar mengajar dengan pembelajaran berbasis computer?
  2. Apakah kekurangan serta kelebihan dari pembelajaran berbasis komputer ini?

 

C. Tujuan Masalah.

  1. Untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari proses belajar mengajar berbasis komputer.
  2. Untuk mengetahui apakah kelebihan serta kekurangan dari pembelajaran berbasis komputer ini.

 

D.  Manfaat Penelitian.

Adapun manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran berbasis komputer di kalangan pelajara ini baik untuk di terapkan atau tidak, serta menegtahui kelebihan serta kekukrang dari pembelajaran berbasi komputer ini.

 

 

BAB II

Pembahasan

Komputer untuk pembelajaran sering diistilahkan dengan Pembelajaran Berbasis Komputer (PBK) atau yang sering disebut Computer Assisted Instruction (CAI) oleh Hick and Hyde yang dikutip oleh Ch. Ismaniati  Pembelajaran berbasis komputer (PBK) menekankan siswa berhadapan dan berinteraksi langsung dengan komputer. Interaksi siswa dan komputer terjadi secara individual, dan komputer memang memiliki kemampuan untuk itu, sehingga apa yang dialami oleh siswa yang satu akan berbeda dengan apa yang dialami oleh siswa yang lain. Interaksi yang penting dan efektif dapat dilakukan antara guru dan siswa yaitu interaksi yang mengarah pada terciptanya berbagai interaksi yang menuju pada teriptanya berbagai aktifitas interaktif seperti diskusi, tanya jawab dan latihan serta bimbingan. Metode pembelajaran seperti tersebut diatas dapat dikemas lebih menarik dan efektif dibanding dengan metode pembelajaran yang menempatkan siswa hanya diajar dan diberi tahu.

 

  1. Hakekat Media Pembelajaran

Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata “medium” yang secara harfiah mempunyai arti perantara atau pengantar

Berdasarkan pengertian media diatas maka dapat diartikan bahwa media adalah semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan informasi, pendapat atau gagasan yang disampaikan kepada penerima pesan. Pada dasarnya media dapat digunakan dalam proses belajar mengajar melalui dua arah, yaitu media sebagai alat bantu mengajar dan sebagai media belajar yang dapat digunakan sendiri oleh siswa. Lebih jauh Briggs menyatakan media adalah „alat untuk memberi perangsang bagi peserta didik supaya terjadi proses belajar.

Berdasarkan pendapat para tokoh mengenai definisi media pembelajaran dapat diambil kesimpulan yang menjadi landasan pemikiran bagi penelitian ini diantaranya:

  1. Kecenderungan pembelajaran yang menggunakan media akan mampu mendorong potensi-potensi yang ada pada diri siswa untuk lebih optimal dalam melakukan proses pembelajaran. Ini dikarenakan daya tarik media pembelajaran yang mampu memotivasi dan merangsang serta membawa pengaruh psikologis bagi
  2. Ketika respon yang diberikan oleh siswa dalam pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran ini menjadi lebih optimal, maka besar kemungkinan prestasi belajar yang diharapkanpun akan lebih

Pembelajaran yang dikembangkan melalui media sangat besar fungsinya dan kegunaannya. Tidak sekedar mampu menyampaikan informasi sebagaimana yang terjadi pada pembelajaran konvensional pada umumnya, namun lebih dari itu pembelajaran yang berbantukan media mampu menjadikan proses penyampaian informasi menjadi jauh lebih menarik bagi siswa.

Fungsi media di dalam proses pembelajaran cukup penting dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran terutama membantu peserta didik  untuk belajar.

  1. Media Pembelajaran Berbasis Komputer

Media Pembelajaran Berbasis Komputer Komputer memiliki kemampuan untuk menyajikan proses pembelajaran interaktif. Krisnadi (2004: 271) menyebutkan bahwa aplikasi komputer dalam pembelajaran, umumnya dikenal dengan istilah Computer Assisted Instruction (CAI) dalam bahasa Indonesia disebut Pembelajaran Berbasis Komputer. Emithu (2010) dalam wahyudiono (2011) CAI adalah aplikasi komputer sebagai bagian integral dalam sistem pembelajaran terhadap proses belajar dan mengajar yang bertujuan membantu siswa dalam belajarnya bisa melalui pola interaksi dua arah melalui terminal komputer maupun multi arah yang diperluas melalui jaringan komputer (baik lokal maupun global) dan juga diperluas fungsinya melalui interface (antarmuka) multimedia.

CAI merupakan suatu sistem komputer yang dapat menyampaikan pengajaran secara langsung kepada para siswa dengan cara berinteraksi dengan mata pelajaran yang diprogramkan ke dalam sistem (Nana Sudjana dan A.Riva’i, (2007: 138). CAI juga bermacam-macam bentuknya bergantung kecakapan pendesain dan pengembang pembelajarannya, bisa berbentuk permainan (games), mengajarkan konsep-konsep abstrak yang kemudian dikonkritkan dalam bentuk visual dan audio yang dianimasikan. Menurut Krisnadi (2004: 271) Istilah CAI umumnya menunjuk pada semua software pendidikan yang diakses melalui komputer dimana siswa dapat berinteraksi dengannya. Dari teori yang dikemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan komputer dalam pembelajaran membantu 11 tercapainya tujuan pengajaran di karenakan siswa dapat langsung berinteraksi dengan materi yang di ajar.

 

BAB III

Kesimpulan

   Pembelajaran berbasis komputer adalah merupakan pembelajaran dengan menggunakan software computer, berupa program komputer yang berisi tentang muatan pembelajaran meliputi: judul, tujuan, materi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.

Ada beberapa macam dalam pembelajaran berbasis komputer  yaitu diantaranya sebagai berikut :

  1. Presentasi PowerPoint
  2. CD/Multimedia Pembelajaran Interaktif
  3. Video Pembelajaran
  4. Internet
  • Keuntungan yang akan diperoleh dengan pembelajaran berbasis komputer, yaitu sebagai berikut:
  1. Membebri kesempatan kepada siswa untuk memecahkan masalah secara individual.
  2. Menyediakan presentasi yang menarik dengan animasi.
  3. Menyediakan isi pembelajaran yang banyak dan beragam.
  4. Mampu membangkitkan motivasi siswa dalam belajar.
  5. Mampu mengaktifkan dan menstimulasi metode mengjar dengan baik.
  • Pembelajaran komputer juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain sebagai berikut.
  1. Hanya efektif jika digunakan oleh satu orang atau kelompok kecil.
  2. Jika tanpilan fisik isi pembelajaran tidak dirancang dengan baik atau hanya merupakan tampilan seperti pada buku teks biasa, pembelajaran melalui media komputer tidak akan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa (siswa cepat bosan)
  3. Guru yang tidak memahami aplikasi program komputer tidak dapat merancang pembelajaran lewat media computer.

 

Daftar Pustaka

  • http://usmaniain.blogspot.co.id/2015/10/v-behaviorurldefaultvmlo.html
  • https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=4&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwi7lP2_nP7RAhWDi5QKHWvXCZsQFggwMAM&url=http%3A%2F%2Fusmaniain.blogspot.com%2F2015%2F10%2Fv-behaviorurldefaultvmlo.html&usg=AFQjCNGPE3cq9lNtCCGSTyumYdJH_aCrMg
  • https://krizi.wordpress.com/2011/09/12/makalah-pembelajaran-berbasis-komputer/
  • http://www.slideshare.net/Talithafatin/makalah-kelompok-2-pgsd-5-a
  • https://www.google.com/search?sclient=psy-ab&biw=1366&bih=662&q=kesimpulan++tentang+pembelajaran+berbasis+komputer+di+kalangan+pelajar&oq=kesimpulan++tentang+pembelajaran+berbasis+komputer+di+kalangan+pelajar&gs_l=hp.3…1877568.1882018.0.1882486.25.13.0.0.0.0.0.0..0.0….0…1c.1.64.psy-ab..25.0.0.SlkBWkC2sy8&pbx=1&bav=on.2,or.&bvm=bv.146094739,d.dGo&ion=1&ech=1&psi=udWZWI2jNcvO0gSjuKCIBw.1486476734052.5&ei=ztWZWKTABMnH0gTlyr7IBw&emsg=NCSR&noj=1
  • https://www.google.com/webhp?sourceid=chrome-instant&ion=1&espv=2&ie=UTF-8#q=kesimpulan++tentang+pembelajaran+berbasis+komputer+di+kalangan+pelajar

Sekian Contoh Karya Ilmiah SMA Tentang Pembelajaran Berbasis Komputer Yang Baik dan Benar. Semoga bermanfaat dan semoga bisa menjadi acuan sebelum anda menulis karya ilmiah. Lihat juga artikel kami tentang Contoh Karya Ilmiah SMA Tentang Evolusi.