Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

Download Contoh Surat Kuasa Advokat pdf dan doc 2024

Surat Kuasa
Bagikan :

Download Contoh Surat Kuasa Advokat/Pengacara pdf dan docSurat kuasa merupakan surat yang berisi pemberian kuasa atau wewenang kepada seseorang yang sudah dapat kepercayaan atau orang yang telah dipercayai sehingga orang tersebut dapat bertindak atas nama pemberi kuasa.Surat kuasa ini diberikan oleh pemberi kuasa karena tidak dapat melakukannya.

Surat kuasa ini menjadi suatu peresmian perpindahan hak seseorang untuk memiliki kuasa atau kewenangan tertentu. Surat kuasa ini sifatnya barang atau sertifikat dari kepemilikan hingga hak mengambil uang di bank.

Dalam hal ini ada beberapa surat kuasa untuk beberapa kepentingan yaitu surat kuasa BPKB, surat kuasa otorisasi lahan, surat kuasa khusus atau istimewa, surat kuasa ahli waris, surat kuasa pengambilan uang di bank, pengambilan gaji dengan surat kuasa dan surat kuasa advokat atau pengacara.

Dalam kehidupan sehari-hari surat kuasa  pengacara atau advokat sering kita temukan dalam berbagai kesempatan salah satunya saat akan mengurus sertifikat-seritifat penting seperti serah terima warisan dll, Advokat atau pengacara adalah orang yang mewakili kliennya untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan surat kuasa yang diberikan untuk pembelaan atau penuntutan pada acara persidangan di pengadilan atau beracara di pengadilan seperti litigas.

Menurut Undang-UIndang No.18 Tahun 2003 tentang Advokat Pasal 1, advokat adalah orang yang berprofesi memberi jasa hukum, baik di dalam maupun di luar pengadilan yang memenuhi persyaratan dan berdasarkan ketentuan UU dari advokat.

Pemberian surat ini dalam urusan hukum itu, terutama berkaitan dengan suatu perkara dan biasanya diberikan kepada seseorang pengacara atau lawyer atau advokat. Selain itu pemberian surat kuasa dalam suatu perkara pidana dan perkara perdata sebenarnya ada beberapa perbedaan yang terkadang tidak di perhatiakn dalam pembuatan suratnya.

Hukum
Image Source : Google

Dalam membuat surat ini masih sama seperti surat kuasa pada umumnya dan tidak ada yang khusus dalam membuatnya hanya saja ada beberapa penambahan pada bagian isi surat kuasa tersebut dan dicantumkan mengenai hal-hal yang sedang ditangi oleh advokat atau pengacara tersebut. Surat kuasa advokat atau pengacara biasanya diberikan kepada kliennya berupa surat pdf atau doc agar surat tertata rapi dan tidak dapat di copy dengan sembarangan. 

Contoh Surat Kuasa Advokat

Surat Kuasa Advokat

Yang bertanda tangan di bawah ini :

  • Nama : Sastrawan Ningrat
  • Pekerjaan : Pegawai Negeri Sipil
  • Alamat : Jl. Raya Padjajaran No.32 Bogor

Dalam hal ini memilih domisili hukum di kantor kuasa tersebut di bawah ini, menerangkan bahwa memberi kuasa kepada Farman Saputra, SH Advokat/Asisten Advokat/Pembela Umum/Asisten Pembela Umum pada Kantor Hukum Farman & Partners yang beralamat di Jl. Empanx II No.18 Bogor yang bertindak secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama.

Video Dari BikinCV

—— KHUSUS ——

Untuk dan atas nama pemberi kuasa mengajukan gugatan di Pengadilan Negeri Cibinong mengenai hutang-piutang terhadap Tn/Ny Susanti pekerjaan, bertempat tinggal di Jl. Contoh Surat N0.235. Untuk itu penerima kuasa diberi hak untuk menghadap di muka Pengadilan sera badan-badan kehakiman atau pembesar-pembesar lainnya, mengajukan permohonan-permohonan yang perlu, menjalankan perbuatan-perbuatan, atau memberikan keterangan-keterangan yang menurut hukum harus dijalankan atau diberikan oleh seorang kuasa, menerima dan mendatangani kuitansi-kuitansi, menerima dan melakukan pembayaran dalam perkara ini, membalas segala perlawanan, mengadakan perdamaian dengan persetujuan pemberi kuasa dan pada umumnya melakukan hal-hal yang dianggap perlu oleh penerima kuasa.

Surat kuasa ini diberikan dengan hak subsitusi.

Cibinong, 8 Agustus 2016

                        yang menerima kuasa,                                                                                  yang memberi kuasa,

                                                                                                       materai

                      (Sastrawan Ningrat)                                                                                          ( Farman Saputra, SH)

Download Format pdf : Surat Advokat

Download Format doc : Surat Advokat

Sekian Contoh Surat Kuasa Advokat, Intip juga contoh Surat Kuasa Bahasa Inggris yang Baik dan Benar.

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI