Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

Cara Membuat CV Menarik Agar Dilirik HRD

Cara Membuat CV Menarik Agar Dilirik HRD
Bagikan :

Cara Membuat CV Agar Dilirik HRD – Curriculum Vitae (CV) yang dalam bahasa indonesia disebut dengan data riwayat hidup yang menjadi salah satu persyaratan untuk melamar sebuah pekerjaan pada perusahaan, instansi dan sebagainya. Betapa pentingnya CV pada saat melamar kerja, dimana digunakan sebagai tolak ukur atau sebuah gambaran singkat tentang data diri dan pengalaman kerja sebelumnya.

Perlu kalian Ketahui tentang beberapa fungsi dari Curriculum Vitae ini. Berikut fungsinya,

  1. Untuk Memperkenalkan diri kepada perusahaan atau instansi yang akan kamu tuju.
  2. Mengklarifikasi pelamar berdasarkan riwayat pendidikan dari pelamar.
  3. Agar perusahaan dapat mengetahui keterampilan beserta kemampuan pelamar.
  4. Agar Perusahaan dapat mengetahui pengalaman pelamar.

Sedikit dari fungsi CV dibuat agar kamu dapat mengetahui. Dan dapat kita simpulkan bahwa, tujuan untuk membuat CV  secara garis besarnya adalah agar perusahaan dapat mengetahui tentang data diri dan pengalaman sang pelamar, agar perusahaan dapat mempertimbangkannya.

People
Cara Membuat CV Menarik Agar Dilirik HRD | Image Source : Pexels.com

Curriculum Vitae (CV) ini tidak boleh kamu buat sembarangan loh, karena harus dibuat semenarik mungkin agar tidak ditolak oleh HRD. Pentinganya membuat CV yang menarik sering membuat kebanyakan orang bingung dan bertanya-tanya. Apalagi seorang fresh graduate, tentunya bingung saat membuat CV yang menarik dan bertanya-tanya bagaimana CV yang menarik dan dapat dilirik HRD?, Apa saja isi dari CV yang menarik itu?, bagaimana cara membuatnya?. Berikut beberapa cara membuat CV yang menarik dan dapat dilirik oleh HRD dan Contoh CV

Cara Membuat CV Menarik

1. Buatlah CV Dengan Template Yang Menarik

Kebanyakan orang membuat CV yang polos dan ini yang membuat CV mu jarang dilirik oleh HRD, buatlah dengan layout yang semenarik mungkin agar tidak polos, kamu boleh mendesain dengan kombinasi warna kesukaanmu agar terlihat menarik dan ini salah satu cara untuk membuat HRD melirik CV mu. Template CV Menarik membuat kamu mendapat peluang lebih besar diterima kerja.

2. Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan juga harus kamu isi dengan jelas, karena ini menjadikan sebuah pertimbangan bagi HRD saat kamu melamar pekerjaan, dari sini HRD akan dapat mengetahui tentang riwayat pendidikan kamu dan nilai-niali mu selama menempuh pendidikan. Pada bagian ini kamu harus mengisi dengan jelas sehingga mudah dibaca.

3. Pasang Foto Yang Bagus

HRD juga melirik fotomu loh, jadi sebaiknya pasanglah foto formal yang bagus dan berfotolah dengan pakaian yang sopan dan rapi jika tidak ingin ditolak. Pada bagian ini terkadang HRD susah untuk mengunduh karena resolusi fotomu terlalu besar, sebaiknya gunakan resolusi rendah agar mempermudah saat memproses dan mengunduh.

4. Cantumkan Skill Yang Kamu Miliki

Skill atau keterampilan yang  kamu miliki juga bisa kamu isi dalam CV mu. Karena, keterampilan sangat berpengaruh dalam dunia kerja, ini salah satu alat dimana peluang kamu masuk dunia kerja semakin besar. Perlu diketahui, betapa pentingnya skill pada dunia kerja yang mempunyai pengaruh besar pada pekerjaan mu nanti.

Tampilkan Skill Pada CV | Image Source : Shutterstock.com

5. Pengalaman Kerja Sebelumnya

Jika sebelumnya kamu pernah bekerja, kamu wajib mengisi pengalaman kerja kamu pada CV mu. Karena selain skill, pengalaman kerja juga diperlukan sebagai alat pertimbangan bagi HRD untuk menerima kamu. Maka jika kamu memiliki pengalaman bekerja, kamu wajib isi supaya lebih dilirik oleh HRD.

6. Cantumkan Informasi Penting Tentang Dirimu

Meskipun hal ini tidak sepenting riwayat pendidikan, skill, foto, dan pengalaman kerja. Namun ada beberapa HRD yang tertarik dengan informasi tentang dirimu. Mungkin kamu sempat meraih juara dibidang akademik maupun non-akademik maka boleh saja kamu cantumkan agar HRD bisa mempertimbangkan lagi, boleh juga kamu isi tentang sosial media mu disini. Walaupun ini boleh tidak diisi, alangkah baikya kamu isi agar HRD tahu sedikit tentang dirimu dan dapat membuka peluang diterima yang lebih besar.

Video Dari BikinCV

Dan jika kamu masih bingung tentang pembuatan CV yang menarik dan praktis. Yuk bikin saja di bikincv.com, merupakan platform pembuatan CV secara online yang cepat dan praktis dengan banyak pilihan template CV menarik yang dapat kamu gunakan. Jangan lupa follow Instagram kami juga di @bikincvdotcom

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI