Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

8+ Contoh Soal Tes Psikotes Disertai Jawaban Gratis 2024

8+ Contoh Soal Tes Psikotes Disertai Jawaban Gratis
Bagikan :

8+ Contoh Soal Tes Psikotes Disertai Jawaban Gratis – Tes psikotes adalah salah satu tes yang hampir selalu ada dalam kegiatan penting apapun. Seperti contohnya dalam melamar kerja, masuk perguruan tinggi, mencari SIM dan yang lainnya. Tes ini menjadi salah satu tahapan sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya sebelum dinyatakan lolos.

Contohnya dalam melamar kerja, tes ini selalu ada dan menjadi salah satu tahapan yang harus di lalui sebelum masuk ke tahap interview kerja. Maka dari itu, kamu sebaiknya pelajari berbagai tes psikotes. Mengingat ada banyak jenis tes psikotes yang biasanya keluar ketika melamar kerja.

Apa itu Tes Psikotes?

8+ Contoh Soal Tes Psikotes Disertai Jawaban Gratis
Ilustrasi Test Psikotes | Image Source : istockphoto.com

Tes Psikotes atau psikotes merupakan salah satu syarat wajib untuk melamar kerja. Psikotes memiliki arti sebagai bentuk evaluasi atau tes tertulis, visual atau verbal yang dilakukan oleh psikolog untuk menilai fungsi kognitif dan emosional seseorang.  Umumnya, tes psikotes ini dilakukan oleh perusahaan untuk mengetahui karakter dan kepribadian seseorang. Sebab, perusahaan ingin mencari kandidat yang sesuai dengan sejannya visi misi perusahaan.

Setiap perusahaan memiliki tes psikotes berbeda-beda yang disesuaikan dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Tes ini memerlukan pemeriksa yang ahli dan terlatih, sehingga tidak bisa dilakukan oleh orang sembarangan. Untuk itu, perlunya kamu memperlajari tentang tes satu ini agar dapat menjawab dengan lancar. Sebelum tes, ada beberapa persiapan yang kamu lakukan sebelum menghadapi psikotes, simak berikut ini.

Persiapan Menghadapi Tes Psikotes

8+ Contoh Soal Tes Psikotes Disertai Jawaban Gratis
Ilustrasi Tes Psikotes | Image Source : istockphoto.com

Agar kamu bisa menjawab psikotes dengan lancar, ada baiknya persiapkan dirimu. Ada beberapa hal yang perlu kamu siapakan sebelum menghadapi psikotes, antara lain sebagai berikut :

  1. Siapkan mental dan fisik

Sebelum menjawab psikotes, sebaiknya siapkan mental dan fisikmu. Hal ini akan berpengaruh pada fokus dan konsentrasi kamu saat menjawab tes. Sama halnya dengan fisik, pastikan kamu dalam keadaan sehat dan siap. Sebab, tes psikotes membutuhkan waktu lama untuk menjawabnya. Pastikan kamu menjawab semua soal pada tes psikotes.

  1. Pelajari soal-soal tes psikotes

Di era digital ini, kamu semakin mudah dalam mengakses selaga informasi tentang dunia kerja dan lain sebagainya. Kamu juga dapat mencari soal-soal psikotes yang bisa kamu cari di internet. Bahkan saat ini kamu bisa latihan psikotes menggunakan soal-soal tes gratis yang bisa diakses secara online.

Biasanya pada contoh soal psikotes gratis berupa penjelasan mengenai cara menjawab jenis soal tersebut. Mengingat tes psikotes memiliki banyak jenis, sehingga kamu harus memahaminya. Maka dari itu, yuk mulai pelajari semua jenis soal tes psikotes agar nantinya dapat menjawab dengan baik, benar dan lancar.

  1. Mencoba tes psikologi online? Siapkan gadget dan jaringan stabil

Seperti yanng telah kami katakan di atas, kamu dapat mengakses berbagai jenis tes psikotes secara online. Agar tes online berjalan lancar, kamu harus menyiapkan ponsel dengan koneksi internet yang stabil, agar kamu dapat melakukan latihan dengan nyaman tanpa gangguang jaringan yang bisa saja membuatmu tidak fokus.

Video Dari BikinCV

Selain itu, kamu juga perlu mempersiapkan tempat yang nyaman, tempat yang jauh dari kebisingan. Tempat yang nyaman akan memberikan kamu ketenangan dan memberi fokus yang baik untuk mengerjakan soal. Maka dari itu, carilah tempat yang nyaman dan jauh dari dari gangguan atau distraksi selama mengerjakan contoh soal psikotes.

Contoh Soal Psikotes Saat Melamar Kerja

  1. Tes Psikotes Verbal

8+ Contoh Soal Tes Psikotes Disertai Jawaban Gratis
Ilustrasi Psikotes Verbal | Image Source : Pinterest.com

Tes psikotes verbal meliputi sinonim (persamaan kata) dan antonim (lawan kata),analogi dan korelasi makna.

Contoh soal psikotes sinonim :

Luas =

  1. Berat
  2. Tinggi
  3. Besar
  4. Lebar

Jawabannya adalah : Lebar

Contoh soal psikotes antonim :

Lebar =

  1. Luas
  2. Sempit
  3. Besar
  4. Tinggi

Jawabannya adalah : Sempit

Contoh soal psikotes analogi kata :

Pertunangan : … = … : Wisuda

  1. Hari – Hari
  2. Wanita – Senang
  3. Pernikahan – Kuliah
  4. Cinta – Berhasil

Jawabannya adalah : Menikah – Kuliah. Sebab, tujuan akhir dari pertunangan adalah pernikahan, sedangkan tujuan akhir dari kuliah adalah wisuda.

  1. Tes Psikotes Wartegg

8+ Contoh Soal Tes Psikotes Disertai Jawaban Gratis
Ilustrasi Tes Wartegg | Image Source : Pinterest.com

Tes Wartegg ditemukan oleh Ehrig Wartegg, seorang psikolog asal Jerman. Jenis tes satu ini berguna untuk mengetahui karakter yang ada di dalam diri kamu. Soal pada tes ini berbentuk segi panjang yang di bagi delapan kotak dan berisi gambar atau simbol garis.

Selain yang sudah di sebutkan di atas, tujuan dari tes ini juga untuk melihat kemampuan dalam menyelesaikan masalah, keuletan, cara beradaptasi, kemauan dan yang lainnya.

Jika kamu mengerjakannya secara berurutan dari kiri ke kanan, maka kamu akan di anggap sebagai orang yang kaku atau konservatif. Melainkan jika kamu mengerjakannya secara acak, maka kamu di anggap sebagai orang yang kreatif dan inovatif.

Bagi kamu yang berjenis kelamin pria,sebaiknya hindari menggabar kotak ke-5 (di bawah kotak atas pertama dari kiri). Hal ini bisa membuat para penguji menilai bahwa kamu memiliki kelainan pada orientasi seksual. Coba untuk menggambar benda hidup pada garis lengkung, dan benda mati pada garis luruh.

  1. Tes Psikotes Aritmatika

8+ Contoh Soal Tes Psikotes Disertai Jawaban Gratis
Ilustrasi Psikotes Aritmatika | Image Source : Facebook

Tes psikotes aritmatika akan kamu temui jika kamu melamar pekerjaan yang berkaitan dengan angka dan hitung-hitungan. Seperti staff keuangan, data analyst atau software engineer. Untuk mengerjakannya, dibutuhkan konsentrasi dan fokus penuh.

Nilai 260% dari 1 ¾ adalah…

  1. 455
  2. 2,45
  3. 4,55
  4. 24,5

Jawabannya adalah : 4,55

1, 6, 4, 11, 9, 16, 16, 21, …

  1. 26
  2. 27
  3. 28
  4. 25

Jawabannya adalah : 25

  1. Tes Psikotes Menggambar Orang atau Pohon

8+ Contoh Soal Tes Psikotes Disertai Jawaban Gratis
Ilustrasi Tes Psikotes Menggambar Pohon | Image Source : LokerBali.info

Pada tes ini, kamu di minta untuk menggambar orang atau pohon dengan ukuran yang besar. Kamu tidak boleh menggambar pohon kelapa atau pohon yang berukuran kecil, dan harus manggambar pohon yang memiliki ranting.

Sama halnya saat menggambar orang, kamu harus menggambar manusia dengan anggota tubuh yang lengkap dan komposisi wajah yang seimbang. Pada tes psikotes ini, keindahan gambar tidak akan menjadi tolak ukur penguji.

  1. Tes Psikotes Pengelompokan Kata

Pada tes ini, kamu di minta untuk memilih satu kata yang tidak sesuai. Contoh :

  1. EFEKTIF
  2. EFFEKTIF
  3. EFEKTIP
  4. EPEKTIP
  5. EVEKTIF

Jawabannya adalah : EFEKTIF, sebab kata lainnya merupakan kumpulan kata yang tidak baku.

  1. BELA SUNGKAWA
  2. HALAL BIHALAL
  3. MATAHARI
  4. BEA SISWA
  5. DITEMUKAN

Jawabannya : MATAHARI, sebab kata lainnya salah penulisan.

  1. Tes Psikotes Kraepelin/Pauli (Koran)

8+ Contoh Soal Tes Psikotes Disertai Jawaban Gratis
Ilustrasi Soal Psikotes Kraeplin | bikincv.com

 

8+ Contoh Soal Tes Psikotes Disertai Jawaban Gratis
Ilustrasi Soal Psikotes Pauli | bikincv.com

Soal jenis ini paling sering kamu jumpai ketika tes psikotes. Jenis tes kraeplin satu ini berisikan soal perhitungan sederhana. Tugas kamu adalah menjumlahkan deretan angka-angka mulai dari 0-9 yang tersusun secara vertikal.

Saat menghadapi tes ini, kamu harus mempersiapkan fisik untuk mengerjakan contoh soal tes psikotes ini. Sebab, tes psikotes ini membutuhkan konsentrasi tinggi dan cukup melelahkan karena menghitung banyak jumlah angka yang berderet.

 

Di atas adalah beberapa contoh soal psikotes yang bisa kamu kerjakan. Kamu bisa mempelajari beberapa soal tes di atas untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan tes psikotes kerja agar lancar ketika tes.

Untuk lolos ke tahapan tes ini, tentu kamu akan melewati tahap pengiriman berkas, seperti CV Lamaran Kerja. Agar dapat lolos tahapan pertama ini, sebaiknya buat CV dan surat lamaran kerja dengan sebaik mungkin yang dapat menarik perhatian perekrut. Jangan lupa untuk melakukan persiapan melamar kerja tidak ada yang tertinggal dan dapat lancar mengikuti tahap seleksi.

Sekian Contoh Soal Tes Psikotes dan Jawaban Gratis. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang akan melakukan tes psikotes kerja. Simak juga berbagai artikel menarik lainnya hanya di BikinCV Blog.

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI