Update terakhir : July 29, 2020

Contoh Surat Pernyataan Orang Tua Untuk KuliahContoh surat izin orang tua ada banyak jenisnya, baik itu untuk keperluan kerja, sekolah, kuliah, kegiatan organisasi dan masih banyak yang lainnya. Disini penulis akan berikan beberapa contoh surat izin yang bisa jadikan bahan refrensi sesuai keperluan anda.

Surat izin bisa dibuat sendiri dengan mudah, tetapi ini harus ditandatangani oleh orang tua, artinya disini adalah bahwa anda telah mendapatkan izin dari kedua orang tua anda. Kelak surat ini akan dijadikan arsip oleh pihak perusahaan, sekolah, guru, dosen dll untuk dijadikan dasar bagi pengambilan keputusan oleh pihak yang akan menjadi tujuannya.

Contoh Surat Pernyataan Orang Tua Untuk Kuliah
Contoh Surat Pernyataan Orang Tua Untuk Kuliah | Image Source : Pexels.com

Sebelum ke contoh surat pernyataan orang tua untuk kuliah ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan surat tersebut. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan :

  1. Tujuan pengiriman surat izin

    Salah satu format terpenting yaitu tujuan pengiriman surat izin. Yang dimaksud disini yaitu surat izin yang ditandatangi oleh orang tua ditujukan kepada siapa. Dalam penulisan tujuan pengirim, jika sudah menggunakan kata “Yth”, maka tidak perlu lagi menggunakan kata “kepada”.

  2. Pembuatan atau pengirim surat

    Dalam pembuatan surat izin, nama pembuat atau pengirim surat wajib diperhatikan. Terkadang ketika kita dalam situasi tertentu, contohnya sakit, kita menyuruh orang lain untuk membuat atas nama kita. Jika tempat kalian sekolah atau bekerja mewajibkan surat izin dengan persetujuan orang tua, tentu saja yang bertanda tangan dibawahnya harus orang tua.

  3. Alasan izin dibuat

    Unsur terakhir yang sangat penting dalam pembuatan surat izin orang tua yaitu alasan izin. Hal ini karena, unsur ini yang nantinya akan menentukan apakah surat izin kalian disetujui atau tidak.

Ketika seorang anak ingin mendaftar di suatu kampus atau universitas tertentu, maka mungkin saja harus membawa surat pernyataan orang tua untuk berbagai maksud dan tujuan. Maka dari itu, anda bisa menggunakan contoh surat pernyataan orang tua untuk kuliah di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN ORANG TUA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : …………..

NIK : …………..

Alamat : …………..

Merupakan orang tua dari Calon Mahasiswa Baru :

Nama : …………..

Tempat/Tgl Lahir : …………..

Jenis Kelamin : …………..

Alamat : …………..

Dengan ini menyatakan jika saya tidak keberatan anak saya mendaftar dan kuliah di Universitas ………….., Jl. …………… Saya juga menyatakan untuk bersedia memenuhi semua kebutuhan pendidikan anak saya, serta membayar uang biaya kuliah di kampus. Demikian surat pernyataan ini saya perbuat, untuk bisa dijadikan pedoman sebagaimana mestinya.

……….. , ……20

Yang Menyatakan,

Anton Syahputra.

Download Contoh Surat Pernyataan Orang Tua Untuk Kuliah disini.

Sekian artikel ini, semoga dapat membantu anda yang sedang bingung mencari contoh yang benar. Yuk intip juga Contoh Surat Izin Orang Tua/ Wali Untuk Kegiatan Sekolah yang Baik dan Benar ya.